Keutamaan, Tata Cara, dan Arti Taaruf Dalam Islam

Advertisement

Arti Taaruf Dalam Islam | Arti taaruf adalah kegiatan berkunjung ke rumah seseorang utk berkenalan dgn penhuninya. Ta’aruf juga dpt menjadi langkah awal utk mengenalkan dua belah keluarga yg akan menjodohkan salah satu dari anggota keluarganya. Dan ta’aruf juga dapat dilakukan apabila kedua belah pihak sudah setuju serta tinggal menunggu keputusan dari anak atau orang yg bersangkutan apakah bersedia utk dilanjutkan ke pernikahan.

Arti taaruf juga sebagai salah satu bentuk sarana yg objektif dlm melakukan pengenalan serta pendekatan. Dan ta’aruf itu berbeda dengan pacaran. Secara syar’i, ta’aruf itu telah diperintahakn oleh Rasulullah SAW bagi pasangan yg ingin menikah. Adapun perbedaan taaruf dan pacaran itu dpt kita lihat dari sisi tujuan dan manfaatnya. Menurut pandangan Islam, berpacaran itu dianggap sebagai bentuk kesenangan yg tidak berlangsung lama, dan lebih dianggap menuju ke perbuatan zina.

Sehingga hukum pacaran dalam Islam itu adalah haram, sedangkan hukum ta’aruf dalam Islam itu adalah halal atau diperbolehkan. Karena hal tersebut juga telah diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Sehingga alangkah baiknya apabila bagi anda yang belum menikah, anda bisa melakukan hal tersebut (berta’aruf) Sebagaimana yang telah diterangkan dalam firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al Hujarat ayat 13 yang artinya.

“Hai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa – bangsa dan bersuku – suku agar kalian saling mengenal (ta’arofu)….” (QS. Al Hujarat ayat 13)

Selain itu, taaruf juga memiliki banyak keutamaan, dan keutamaan taaruf itu sendiri kurang lebih hampir sama dengan keutamaan menikah muda. Sehingga sangat disarankan bagi anda – anda sekalian yang sekiranya sekarang ini belum menikah itu melakukan taaruf. Dengan anda melakukan hal tersebut, maka anda akan mendapatkan pahala. Selain itu juga tentunya anda akan terhindar dari yang namanya dosa, apabila anda melakukan hal seperti berpacaran.

Advertisement

Untuk anda yang sekiranya mungkin ingin mengetahui secara lengkap keutamaan taaruf itu sendiri, maka silahkan saja bagi anda utk langsung melihat penjelasannya secara lengkap dibawah ini. Karena selain memberikan arti taaruf, hari ini saya juga akan memberikan keutamaan taaruf dan tata cara taaruf dalam Islam. Bagi anda yang kiranya ingin mengetahui secara lengkap penjelasannya, mari kita melihat bersama-sama pembahasannya berikut ini.

arti taaruf dalam islam
Keutamaan Taaruf Dalam Islam

1. Terhindar dari dosa

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika arti taaruf adalah kegiatan berkunjung ke rumah seseorang dgn tujuan utk berkenalan dgn penghuninya. Dan apabila kedua belah pihak saling setuju maka dpt dilanjutkan pd proses pernikahan. Dengan kata lain, kedua pasangan yang akan menikah tersebut baru berkenalan pada saat bertaaruf dan tidak mengalami yang namanya proses berpacaran. Dan hal tersebut tentunya akan menghindari dari yang namanya dosa.

Seperti yang kita tahu jika perbedaan ta’aruf dan pacaran itu sudah sangat jelas, karena dalam bertaaruf itu sendiri pasangan yg akan menikah akan dilangsungkan proses pernikahannya secepat mungkin ketika kedua belah pihak sudah setuju. Sehingga tidak akan ada yang namanya proses berpacaran, dimana proses berpacaran itu akan rentan terhadap yang namanya perbuatan zina. Dan hal tersebut tentunya akan mengundang dosa.

2. Terbuka atau Jelas

Didalam proses ta’aruf, kedua belah pihak akan langsung saling bertukar informasi mengenai kebaikan dan keburukan dari orang yang berta’aruf. Sehingga hal tersebut pastinya akan menjadi lebih jelas dan terbuka, dan hal tersebut juga yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dari kedua belah pihak. Apakah proses taaruf tersebut akan dilanjutkan atau tidak setelah mengetahui secara lengkap informasi yg telah diberikan.

3. Efektif dan Cepat

Ketika seorang laki – laki atau perempuan berta’aruf, maka kedua belah pihak akan mengetahui secara lengkap dan jelas mengenai informasi dari kedua belah pihak seperti yg sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Dan hal tersebut pastinya akan membuat seseorang yang berta’aruf akan lebih cepat mengetahui sifat dan karakter dari calon pengantinnya. Dimana pada seorang laki – laki dan perempuan yang berpacaran tentunya akan memakan waktu lebih lama.

Karena ketika orang berpacaran pastinya mereka tidak akan langsung mengungkapkan jati diri masing – masing secara lengkap, berbeda dengan proses ta’aruf yg akan langsung memberikan informasinya secara lengkap. Karena pada saat berta’aruf itu kita langsung berkunjung ke rumah keluarga dan kita juga pastinya bisa langsung bertanya – tanya kepada keluarganya secara lebih lengkap dan juga jelas.

4. Hemat

Ketika kedua belah pihak telah setuju akan melanjutkan ke hubungan pernikahan, maka pada saat menunggu waktu pernikahan tersebut kedua calon pengantin tersebut tidak diperbolehkan utk saling bertemu. Karena memang mereka ini masih belum muhrim atau sah secara agama ataupun negara. Dan hal tersebut pastinya akan jauh lebih menghemat biaya, bila kita bandingkan dengan orang berpacaran yang harus pergi setiap malam minggu ataupun hari – hari biasa yg tentunya harus membutuhkan biaya.

Tata Cara Taaruf Dalam Islam

  1. Mengerjakan sholat istikharah terlebih dulu bagi orang yg ingin bertaaruf, hal tersebut bertujuan guna memohon petunjuk kepada Allah SWT dan memantapkan hati pada saat akan berta’aruf.
  2. Menentukan jadwal pertemuan antara kedua belah pihak laki – laki dan prempuan yg akan dijodohkan.
  3. Pada saat proses pertemuan, kedua belah pihak diperbolehkan utk mengajukan pertanyaan satu sama lain. Guna mendapatkan informasi secara lengkap tentang diri orang yg akan dijodohkan.
  4. Setelah proses tanya jawab selesai dan kedua belah pihak sudah merasa cocok, maka proses selanjutnya adalah menentukan waktu taaruf. Dan salah satu syarat taaruf itu sendiri ialah tidak boleh menunggu, dengan demikian tenggang waktu antara ta’aruf dan proses pernikahan itu dilangsungkan dalam waktu yg dekat. Hal tersebut bertujuan utk menghindarkan dari godaan yg dpt membatalkan proses pernikahan nantinya.
  5. Berikutnya ialah tinggal menentukan waktu utk melamar atau khitbah dan setelah itu dilanjutkan dengan melangsungkan proses pernikahan.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai Keutamaan, Tata Cara, dan Arti Taaruf Dalam Islam yg sekiranya saya dapat sajikan kepada anda – anda sekalian, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai arti taaruf yg saya sajikan bersama dengan tata cara taaruf dan keutamaan taaruf tersebut dpt memberikan manfaat yg besar bagi anda. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi.

Maka tidak ada salahnya bagi anda utk kembali baca juga doa nisfu sya ban yg beberapa waktu lalu baru saja saya berikan pula, barang kali saja ada diantara anda – anda ini yg sedang mencari doa tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba melihat kembali pembahasan yang sudah pernah saya sajikan sebelumnya. Namun utk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui akan bacaan doa tersebut.

Maka saya coba sarankan kepada anda utk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya, mungkin saja salah satu diantara pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang anda cari – cari. Atau mungkin jg anda dapat mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru yg akan terus coba saya sajikan utk setiap harinya.

Save

Advertisement