Manfaat dan Bacaan Doa I’Tidal dan Artinya Yang Lengkap

Advertisement

Bacaan Doa I’Tidal | Kembali lagi hari ini saya ingin memberikan sebuah bacaan sholat kepada anda, dimana utk bacaan doa sholat yang ingin saya berikan kepada anda hari ini adalah doa i’tidal. I’tidal sendiri adalah gerakan mengangkat badan setelah kita mengerjakan rukuk didalam sholat dengan posisi badan tegap dan kemudian kita bersiap untuk melanjutkan untuk mengerjakan sujud. Pada saat kita akan bangkit dari rukuk, bukan kalimat “Allahu Akbar” yang kita baca.

Melainkan kita membaca “Sami’allahu liman hamidah” dan dilanjutkan dengan membaca doa i’tidal. Dan bacaan doa ini juga tidak boleh kita tinggalkan, karena bacaan i’tidal ini termasuk kedalam bacaan sholat. Sehingga ketika kita meninggalkan bacaan doa tersebut, maka sholat yang kita kerjakan itu akan dianggap tidak sah. Oleh karena itu bagi anda yang mungkin sedikit lupa dengan bacaan i’tidal, alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu bacaan doa sholat yg hari ini akan saya sajikan.

Dengan anda melihat terlebih dulu bacaan doa yang akan saya sajikan hari ini, maka anda akan dapat mengetahui bagaimana bacaan doa tersebut. Untuk bacaan i’tidal dalam sholat yg akan saya sajikan hari ini akan ditulis menggunakan bahasa arab, namun saya juga akan turut memberikan tulisan latin. Karena siapa tahu saja diantara anda-anda ini masih ada yg sedikit merasa bingung ketika membaca tulisan arab. Maka dari itu saya ingin membantu anda dengan memberikan tulisan latinnya.

Selain itu, saya juga turut memberikan doa i’tidal dan artinya, sehingga anda-anda sekalian nantinya bukan hanya bisa membaca doa sholat tersebut, melainkan juga anda akan mengetahui makna dari bacaan doa yang anda baca tersebut. Dan bukan hanya bacaan doanya saja yang akan saya sajikan hari ini, melainkan saya juga akan turut memberikan manfaat gerakan i’tidal dalam sholat kepada anda-anda sekalian.

Mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang mencari manfaat gerakan i’tidal dalam sholat, maka dari itu anda bisa juga melihatnya pada pembahasan yang akan saya sajikan pd kesempatan sekarang ini. Untuk anda yang sekiranya mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap bacaan doa tersebut, maka kita sebaiknya langsung saja melihat bacaan doa tersebut secara lengkap yang akan saya sajikan utk anda dibawah ini.

Advertisement

Bacaan Doa I'Tidal
Doa I’Tidal dan Artinya

Bacaan doa i tidal itu sendiri dibacakan pada saat posisi badan kita sudah tegak secara sempurna setelah bangun dari ruku’, sedangkan pada saat posisi kita masih ruku’ dan akan bangkit sembari mengangkat kedua tangan layaknya takbiratul ihram pada saat awal sholat, kita membaca doa sebagai berikut.

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Sami’allahu liman hamidah

Artinya : Allah mendengar orang yang memuji-Nya

Dan ketka posisi badan kita sudah tegak secara sempurna, barulah kita membaca doa i tidal seperti berikut ini.

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Rabbanna  Lakal Hamdu Mil’Us Samaawati Wa Mil’Ul Ardhi Wa Mil ‘Umaasyi’Ta Min Syai’In Ba’Du.

Artinya : Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

Manfaat Doa I Tidal Untuk Kesehatan

Didalam gerakan sholat itu terdapat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti salah satu gerakan i’tidal didalam sholat ini juga memiliki manfaat. Dimana manfaat gerakan i tidal itu sendiri ialah dpt menjadikan saluran pencernaan pada tubuh menjadi lebih baik, hal tersebut dikarenakan gerakan tersebut berporos pd bagian perut dan di dlm perut tersebut terdpt berbagai macam organ pencernaan. Sehingga pada saat melakukan gerakan tersebut, seolah-olah perut dalam kondisi dipijat.

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Manfaat dan Bacaan Doa I’Tidal dari saya pd kesempatan hari ini, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai bacaan doa sholat dan manfaatnya itu bisa membantu anda. Jika diantara anda-anda sekalian ini sekiranya mungkin merasa masih ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan untuk anda – anda sekalian sebelumnya.

Mungkin saja anda akan tertarik untuk mencoba baca juga doa takbiratul ihram, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg lupa dengan bacaan doa sholat tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan yang sudah pernah saya sajikan pada kesempatan sebelumnya itu. Siapa tahu saja pembahasan tersebut sesuai dengan pembahasan yg memang sedang diccari oleh anda.

Atau mungkin jg anda bisa mencoba utk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan kepada anda pada kesempatan sebelumnya, karena saya sudah memberikan banyak pembahasan lainnya pd kesempatan sebelumnya. Dan mungkin saja salah satu diantara pembahasan tersebut ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari oleh anda-anda sekalian selama ini.

Save

Advertisement