Bacaan Doa Safar / Doa Ketika Berpergian dan Artinya

Advertisement

Bacaan Doa Safar | Safar adalah kata yg diambil dari bahasa arab yg memiliki makna nampak atau mu’jam maqayis lughah, hal tersebut dikarenakan dia menampakan wajah asli serta akhlak seorang musafir. Shadaqah bin Muhammad mengatakan :”Safar merupakan timbangan seseorang, disebut safar karena dia menampakan akhlak seseorang (Al Jami’i akhlaq rawi wa adab sami 1793). Sedangkan secara istilah safar adalah menempuh perjalanan.

Adapun beberapa manfaat safar itu sendiri diantaranya adalah mengilangkan penat, mencari rezeki, memperoleh ilmu, meraih adab, bertambahnya iman, dan bertambah teman. Selain itu, manfaat safar lainnya ialah mendapat keringanan didalam beribadah, seperti misalnya pada saat bulan ramadhan. Setiap muslim diwajibkan utk mengerjakan puasa ramadha, namun bagi seseorang yang sedang dalam perjalanan diperbolehkan untuk tidak berpuasa bagi mereka yg tidak kuat atau lemah.

Selain itu, seseorang yang sedang dalam perjalanan juga diperbolehkan untuk menjamak sholat fardhu mereka, dikarenakan mungkin pada saat perjalanan kita tidak sempat mengerjakan sholat fardhu. Oleh karena itu, seseorang yg sedang melakukan perjalanan itu diperbolehkan utk menjamak sholatnya. Dan bagi anda yang sekiranya dalam waktu dekat ini akan melakukan perjalanan, mungkin alangkah baiknya apabila anda membaca doa safar terlebih dulu sebelum berpergian.

Dimana hal tersebut bisa menjadikan kita mendapatkan perlindungan dari Allah SWT selama perjalanan, sehingga Insya Allah kita akan sampai ke tempat tujuan kita dengan selamat. Bagi anda yang sekiranya memang ingin membaca doa ketika berpergian namun belum mengetahui bacaan doa tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk melihat bacaan doa ketika berpergian yang pada kesempatan hari ini akan saya sajikan kepada anda-anda semuanya.

Sehingga bagi anda yang mungkin memang sedang mencari bacaan doa tersebut karena anda belum mengetahuinya, maka dengan anda melihat terlebih dulu bacaan doa yang akan saya sajikan hari ini, maka anda akan dapat mengetahui bagaimana bacaan doa tersebut secara lengkap dan benar. Bagi anda yang mungkin merasa sudah tidak sabar ingin mengetahui secara lengkap bagaimana bacaan doa untuk orang yang safar, maka kita bisa langsung saja melihat bacaan doanya dibawah ini.

Advertisement

Bacaan Doa Safar dan Artinya

Bacaan Doa Safar
Mungkin hanya itu saja untuk Bacaan Doa Safar / Doa Ketika Berpergian yang pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari bacaan doa ketika berpergian yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yg besar bagi anda. Dan bagi anda yang sekiranya merasa masih ingin kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya lagi yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan kepada anda.

Maka tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba kembali baca juga doa kafaratul majlis, dimana bacaan doa tersebut merupakan bacaan doa penutup majelis. Dan bagi anda yang sekiranya kebetulan sedang mencari-cari bacaan doa tersebut, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk melihat kembali bacaan doa yang baru saja saya sajikan beberapa waktu lalu itu. Mungkin saja bacaan doa tersebut dpt membantu anda-anda sekalian.

Namun bagi yg merasa sudah mengetahui bacaan doa tersebut, atau mungkin jg tidak sedang mencari bacaan doa tersebut. Maka anda masih bisa kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya lagi yg beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya sajikan, mungkin saja salah satu diantara bacaan doa yang sudah pernah saya berikan beberapa waktu lalu itu ada yang sesuai dengan bacaan doa yang memang sedang dicari – cari oleh anda.

Save

Advertisement