Tata Cara dan Bacaan Doa Sujud Sahwi Menurut Sunnah

Advertisement

Bacaan Doa Sujud Sahwi | Sujud sahwi adalah salah satu gerakan yang dilakukan dalam sholat yg dikerjakan utk menggantikan kesalahan yg dilakukan didalam sholat dikarenakan az ziyaadah (menambahkan sesuatu), an naqsh (menghilangkan sesuatu), dan asy syak (dalam keadaan ragu – ragu). Apabila seseorang didalam sholatnya itu mengalami ketiga hal tersebut, maka diharuskan utk mengerjakan sujud sahwi.

Dan apabila anda tidak mengerjakan sujud sahwi pada saat ketiga kondisi tersebut, maka sholat yang dikerjakan tidak akan sah. Karena sujud sahwi ini dilakukan sebagai bentuk pengganti akan kesalahan yang dilakukan pada saat mengerjakan sholat. Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin memberikan doa sujud sahwi kepada anda – anda sekalian, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui bagaimana bacaan sujud sahwi.

Oleh karena itu, saya ingin membantu anda dengan memberikan bacaan sujud sahwi kepada anda – anda sekalian yang memang belum mengetahuinya. Dan bagi anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana bacaan sujud sahwi itu sendiri, maka ketika anda melakukan kesalahan didalam sholat, anda – anda sekalian ini tidak dapat mengerjakan sujud sahwi. Karena anda tidak mengetahui bacaan sujud sahwi tersebut, dan anda harus mengganti atau mengulang sholat yg anda kerjakan tersebut.

Adapun utk bacaan doa sujud sahwi yang akan coba saya sajikan utk hari ini akan coba ditulis menggunakan tulisan arab, namun saya juga akan turut memberikan bacaan sujud sahwi latin kepada anda. Karena siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum cukup lancar didalam membaca bahasa arab, maka dari saya ingin membantu anda dengan memberikan bacaan sujud sahwi latin juga kepada anda – anda sekalian.

Selain itu, saya juga akan turut memberikan arti doa sujud sahwi kepada anda – anda sekalian, sehingga anda – anda sekalian ini bukan cuma akan mengetahui bagaimana bacaan doanya. Namun anda juga akan mengetahui makna dari bacaan doa yang anda baca tersebut. Bagi anda yang sekiranya mungkin sudah tidak sabar ingin mengetahui secara lengkap bagaimana bacaan doa sujud sahwi latin, maka silahkan anda langsung saja melihat selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

bacaan doa sujud sahwi
Doa Sujud Sahwi Menurut Sunnah

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Subkhana man laa yanaamu wa laa yas-huw

Artinya : Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa.

Tata Cara Sujud Sahwi Menurut Sunnah

Adapun untuk tata cara sujud sahwi itu sendiri dapat dilakukan sebelum dan sesudah salam, tergantung dari kondisi kesalahan yang anda lakukan didalam sholat.

Sujud Sahwi dilakukan sebelum salam dengan keadaan sebagai berikut :

  • Apabila terjadi sebuah pengurangan didalam sholat, misalnya lupa membaca doa duduk diantara dua sujud.
  • Kemudian dalam kondisi ragu, dimana dia tidak dapat memutuskan dua kemungkinan yg ada didalam pikirannya.

Sujud Sahwi dilakukan setelah salam dengan kedaan sebagai berikut :

  • Menambahkan gerakan atau doa didalam sholat, termasuk utk seseorang yg lupa akan sesuatu kewajiban sholat dan dia telah melakukan salam sebelum dia menyempurnakan sholatnya. Kemudian dia baru ingat akan hal yang dilupakan (setelah salam) dan kemudian (kembali untuk) menyempurnakan sholatnya.
  • Apabila kita lupa akan sesuatu, pada saat salah satu dari dua kemungkinan dan lebih condong didalam pikiran seseorang.

Demikian itu untuk Tata Cara dan Bacaan Doa Sujud Sahwi yang sekiranya pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda – anda semuanya, semoga saja dari sedikit penjelasan tentang tata cara sujud sahwi dan bacaan doanya tersebut dpt memberikan banyak manfaat utk anda – anda sekalian. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang sudah pernah saya berikan.

Maka tidak ada salahnya apabila anda kembali mencoba utk baca juga bacaan doa ruku, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang lupa dengan bacaan doa sholat tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk kembali melihat bacaan doa yang pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya sajikan. Namun bagi anda yang kiranya merasa sudah mengetahui bacaan doa tersebut.

Maka anda masih bisa mencoba utk kembali melihat – lihat beberapa bacaan doa lainnya lagi dari saya, mungkin saja dari sekian banyak bacaan doa yang sudah pernah saya sajikan tersebut akan ada yang sesuai dengan bacaan doa yang anda cari. Atau utk anda yg kiranya mungkin masih belum juga dapat menemukan bacaan doa yg sesuai, maka anda masih bisa mencoba menunggu update bacaan doa harian Islam terbaru lainnya lagi yg akan coba terus saya sajikan setiap harinya.

Advertisement