Tata Cara dan Bacaan Doa Sujud Sajadah Latin Beserta Artinya

Advertisement

Bacaan Doa Sujud Sajadah | Sujud sajadah adalah sujud yg dikerjakan ketka seorang muslim membacakan atau mendengar ayat – ayat sajadah yg terdapat di dalam Al Qur’an. Sujud sajadah atau sujud tilawah ini dpt dikerjakan pada saat sholat ataupun diluar solat. Ketika seseorang sedang mengerjakan sholat kemudian membacakan ayat sajadah didalam sholatnya, maka bisa langsung mengerjakan sujud tilawah atau sajadah tersebut langsung pada saat sholat.

Ataupun ketika kita sedang berada disuatu tempat kemudian mendengar seseorang yg sedang membacakan surat yg berisikan ayat sajadah, kita juga bisa mengerjakan sujud sajadah ini diluar sholat. Adapun untuk dalil yang menerangkan perintah melakukan sujud sajadah atau tilawah ini diantaranya adalah “Apabila dibacakan ayat – ayat Allah Yang Maha Pemurah kpd meraka, maka mereka menyungkur dgn bersujud dan menangis.” (QS. Maryam ayat 58)

Selain itu terdapat pula hadist riwayat dari Amar bin Ash yg mengatakan Rasulullah SAW mengajarkan kepadanya lima belas ayat sajadah didalam Al Qur’an, tiga diantaranya didalam surat pendek serta dua didalam surat Al Hajj.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah) Sedangkan utk hukum sujud sajadah atau tilawah ini sendiri adalah sunnah, hal tersebut berdasarkan riwayat dari Zaid bin Tsabit r.a. mengatakan :”Surah An Najm disampaikan kpd Rasulullah SAW, namun tidak seorang pun diantara kami yg sujud tilawah.”

Dan bagi anda yang sekiranya mungkin ingin mengerjakan sujud tilawah atau sujud sajadah ketika mendengarkan ayat – ayat sajadah, namun anda belum mengetahui bagaimana bacaan doa sujud sajadah itu sendiri. Maka alangkah baiknya apabila anda mencoba melihat terlebih dulu bacaan doa sujud tersebut yg pada kesempatan hari ini akan coba saya sajikan kepada anda, sehingga bagi anda yg ingin mengerjakan sujud sajadah tersebut jadi mengetahui bacaan doanya.

Pada bacaan doa yang akan saya sajikan hari ini itu akan diberikan bacaan sujud sajadah latin, namun terdapat pula bacaan bahasa arabnya. Karena mungkin diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum cukup lancar didalam membaca bahasa arab, maka dari itu saya ingin membantu anda dengan memberikan bacaan sujud sajadah latin. Untuk anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui bagaimana bacaan doa sujud sajadah tersebut secara lengkap, maka silahkan bagi anda utk melihat doa tersebut secara lengkap dibawah ini.

Advertisement

bacaan doa sujud sajadah beserta artinya
Tata Cara dan Bacaan Doa Sujud Sajadah

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

“Sajada wajhiya lil ladzii kholaqohu washowwarohu wa syaqqo sam’ahu wabashorohu bihawlihi wa quwwatihi”

Artinya: “Wajahku sujud kepada Tuhan yang menciptakan, yang melukiskannya (membentuknya) yang memberi pendengaran dan penglihatan dengan daya serta kuasa-Nya.”

Selain membaca doa sajadah yang ada diatas tadi, kita juga bisa membaca bacaan doa sujud pada saat sholat pada umumnya seperti berikut ini.

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

“Subhaana robbiyal a’laa” [Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi] (HR. Muslim no. 772)

Atau bisa juga membaca doa sujud sebagai berikut.

 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

“Subhaanakallahumma robbanaa wa bi hamdika, allahummagh firliy.” [Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah dosa-dosaku] (HR. Bukhari no. 817 dan Muslim no. 484)

Sedangkan untuk tata cara sujud sajadah itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sujud yang dikerjakan pada waktu sholat dan sujud yang dilakukan diluar sholat. Untuk anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana tata cara sujud sajadah atau tilawah baik pada saat mengerjakan sholat ataupun diluar sholat, maka anda bisa melihat tata cara sujud sajadah tersebut secara lengkap yang akan saya coba sajikan kepada anda dibawah ini.

Tata Cara Sujud Sajadah / Tilawah Saat Sholat

  1. Setelah selesai membaca ayat sajadah, kemudian membaca niat sujud sajadah seperti berikut ini : “aku sujud sajadah kerana Allah Ta’ala”.
  2. Kemudian mengucap takbir dan melakukan sujud dan dilanjutkan dengan membaca doa sujud sajadah / tilawah seperti yg disebutkan diatas.
  3. Berikutnya kembali mengucapkan takbir pada saat bangun dari sujud tanpa harus mengangkat kedua tangan.
  4. Setelah berdiri kembali dari sujud, kita dapat kembali melanjutkan bacaan ayat sajadah yang sedang dibacakan tadi dan kembali mengerjakan sholat seperti biasa.

Tata Cara Sujud Sajadah / Tilawah Diluar Sholat

  1. Pertama – tama membaca niat sujud sajadah / tilawah terlebih dulu sebagai berikut :“aku sujud sajadah kerana Allah Ta’ala”.
  2. Setelah itu takbiratul Ihram dengan mengangkat kedua tangan utk mengerjakan sujud sebagaimana pada saat mengerjakan sholat.
  3. Kemudian sujud dengan membaca doa sujud tilawah seperti bacaan yang ada diatas.
  4. Selanjutnya duduk dan melakukan salam sebanyak dua kali.

Adapun untuk ayat – ayat sajadah yg disunnahkan bagi kita melakukan sujud apabila mendengar atau membaca ayat tersebut terdapat didalam 15 surat yang ada dalam Al Qur’an yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Surat Al A’raf ayat 206
  • Surat Ar Ra’d ayat 15
  • Surat An Nahl ayat 50
  • Surat Al Isra ayat 109
  • Surat Maryam ayat 58
  • Surat Al Hajj ayat 18
  • Suraat Al Hajj ayat 77, menurutu pendapat mazhab Syafi’i dan Hambali ayat tersebut termasuk ayat sajadah.
  • Surat Al Furqan ayat 60
  • Surat An Naml ayat 25 dan 26
  • Surat As Sajadah ayat 15
  • Surat Fussilat ayat 38
  • Surat An Najm ayat 62
  • Surat Al Insyiqaq ayat 21
  • Surat Al Alaq ayat 19
  • Surat Sad ayat 24, menurut pendapat mazhab Syafi’i dan Hambali surat tersebut tidak termasuk ayat sajadah, melainkan ayat yg disunnahkan utk mengerjakan sujud syukur.

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan dari saya mengenai pembahasan Tata Cara dan Bacaan Doa Sujud Sajadah Latin Beserta Artinya, semoga saja dari sedikit penjelasan yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yg besar bagi anda-anda sekalian. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali melihat beberapa pembahasan lainnya lagi yang telah saya berikan sebelumnya.

Maka saya sarankan kepada anda untuk baca juga waktu mustajab untuk berdoa, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui waktu kapan saja yang baik untuk berdoa agar cepat dikabulkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda utk kembali mencoba melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan kepada anda-anda sekalian sebelumnya. Namun utk anda yang sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut.

Maka silahkan saja bagi anda utk kembali mencoba melihat-lihat sendiri pembahasan yang beberapa waktu lalu sudah pernah pula saya sajikan, mungkin saja salah satu dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang pas atau sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari – cari oleh anda. Atau mungkin jg anda bisa mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru dari saya yg akan coba terus saya sajikan utk setiap harinya.

Save

Advertisement