Tata Cara dan Bacaan Doa Takbiratul Ihram Yang Benar

Advertisement

Doa Takbiratul Ihram Yang Benar | Takbiratul Ihram adalah bacaan doa yang dibacakan pada saat awal sholat fardhu atau sunnah, takbiratul iharam juga memiliki arti takbir yg mengharamkan. Hal ini dikarenakan oleh takbir ini menjadi pembatas diharamkannya melakukan hal – hal lain yg tidak berkaitan dengan sholat. Dan diharuskan kepada setiap umat muslim untuk membaca doa takbiratul ihram pada saat akan mengerjakan sholat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :”Kunci sholat adl bersuci, memulainya dgn takbir, dan mengakhirinya dgn salam.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan disahihkan oleh Al Albani). Sedangkan hukum mengangkat tangan pada saat takbir ialah sunnah atau tidak diwajibkan, sebagaimana sebuah hadist yang bunyinya:”Mengangkat tangak ketika takbiratul ihram, ketika rukuk, ketika i’tidal, dan ketika bangkit ke rakaat ketiga dari tasyahud awal, hukumnya sunnah.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Utsaimin Vol. 13)

Namun untuk lebih mengkhusyukan sholat, maka kita bisa mengangkat kedua tangan kita pada saat membaca doa takbiratul ihram. Karena tidak ada larangan pula bagi kita untuk mengangakt tangan pada saat membaca takbiratul ihram. Dan pada kesempatan hari ini kami ingin mencoba memberikan bacaan doa takbiratul ihram kepada anda-anda sekalian, karena mungkin saja ada yang sedang lupa dengan bacaan doa tersebut.

Maka dari itu saya ingin mencoba membantu anda dengan memberikan bacaan doa tersebut. Jika memang diantara anda-anda sekalian ini sedang mencari bacaan doa tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk langsung saja melihat bacaan doa tersebut secara lengkap yang akan saya sajikan dibawah ini. Dan selain memberikan bacaan doa tersebut, saya juga akan turut memberikan tata cara takbiratul ihram kepada anda-anda sekalian.

Sehingga anda bukan saja akan mengetahui bacaan doa takbirtul ihram, namun anda juga akan mengetahui bagaimana tata cara takbiratul ihram yang benar. Dan selain memberikan bacaan doa dan tata cara takbirtul ihram, saya juga akan turut memberikan manfaat gerakan takbiratul ihram kepada anda. Dan bagi anda yang sudah ingin mengetahui secara lengkap pembahasan yang akan saya sajikan hari ini, maka kita langsung saja melihat selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

doa takbiratul ihram
Tata Cara dan Bacaan Doa Takbiratul Ihram

اَللهُ اَكْبَرُ

Allahu Akbar

Artinya : Allah Maha Besar

Tata Cara Takbiratul Iharam

1. Telapak tangan dibentangan dgn sempurna serta tidak dalam posisi menggenggam.
2. Posisi jari – jari telapak tangan tidak terlalu rapat dan juga tidak terlalu renggang.

“Rasulullah SAW ketika memulai sholat, beliau mengangkat kedua tangannya dgn dibentangkan.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi, Sahih oleh Al Albani)

3. Posisi telapak tangan menghadap ke arah kiblat serta diangkat setinggi pundak ataupun telinga.

“Bahwa Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya setinggi pundak, ketika memulai sholat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Saya melihat Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya ketika takbiratul ihram, ketika rukuk, ketika i’tidal, sampai setinggi daun telinga.” (HR. Nasai)

4. Posisi tubuh pada saat membaca takbiratul ihram harus dalam posisi tegak yang sempurna, tidak boleh condong ketika akan rukuk. Karena hal tersebut merupakan syarat sah takbiratul ihram, dilakukan dgn berdiri bagi yang mampu.

Manfaat Gerakan Takbiratul Ihram

Didalam setiap gerakan sholat itu memiliki sebuah manfaat, seperti halnya melakukan takbiratul iharam juga termasuk manfaat gerakan sholat. Dimana manfaat gerakan takbiratul ihram itu sendiri adalah bisa memperlancar aliran darah didalam tubuh dan getah bening didalam tubuh. Selain itu, manfaat takbirtul ihram lainnya ialah dpt memperkuat otot bagian lengan. Ketika kita mengangkat kedua tangan, maka otot pada bagian bahu akan meregang serta menjadikan aliran darah dan oksigen menjadi lebih lancar.

Mungkin hanya itu saja pembahasan mengenai Tata Cara dan Bacaan Doa Takbiratul Ihram Yang Benar dari saya pada kesempatan sekarang ini, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai takbiratul iharam tersebut bisa memberikan banyak manfaat kepada anda. Dan bagi anda yang mungkin masih ingin kembali melihat beberapa macam pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan kepada anda-anda sekalian sebelumnya.

Maka tidak ada salahnya apbila anda mencoba utk kembali baca juga doa ketka sujud, siapa tahu saja diantara anda – anda sekalian ini ada yang merasa lupa dengan bacaan doa sujud. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda mencoba utk kembali melihat bacaan doa yg beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya sajikan, mungkin ssaja bacaan doa tersebut dpt membantu anda – anda sekalian. Namun bagi yg merasa sudah mengetahui bacaan doa tersebut.

Maka anda bisa mencoba utk kembali melihat lagi beberapa bacaan doa ataupun pembahasan lainnya yg berhubungan dengan agama Islam, mungkin saja salah satu dari beberapa pembahasan atau bacaan doa yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan yg sedang dicari oleh anda. Atau bisa juga anda mencoba untuk menunggu update bacaan doa terbaru yang akan coba terus saya perbarui untuk setiap harinya hanya untuk anda-anda sekalian.

Advertisement