Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Rawatib Lengkap

Advertisement

Niat Sholat Rawatib – Sholat rawatib sendiri merupakan salah satu dari sholat sunah yang kita kerjakan sebelum ataupun sesudah kita mengerjakan sholat fardhu. Untuk sholat yang kita kerjakan sebelum mengerjakan sholat fardhu disebut dengan sholat qabliyah, sedangkan untuk sholat yang kita kerjakan setelah kita mengerjakan sholat fardhu dinamakan dengan sholat ba’diyah. Dan sholat sunah rawatib ini sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu sholat sunah muakkad serta sholat sunah ghairu muakkad. Sholat rawatib muakkad sendiri memiliki kemuliaan yang sangat besar ganjarannya apabila kita mengerjakannya, sedangkan sholat rawatib ghairu muakkad sendiri lebih sedikit kemuliaannya apabila dibandingkan dengan yang muakkad.

Sholat sunah rawatib yang termasuk kedalam sunah muakkad sendiri diantaranya ialah sholat sunah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat sebelum kita sholat subuh, mengerjakan sholat sunah sebanyak dua atau empat rakaat sebelum sholat dzuhur dan dua rakaat sesudah sholat dzuhur. Mengerjakan sholat sunah sebanyak dua rakaat setelah kita mengerjakan sholat maghrib dan juga sholat isya. Dan yang termasuk kedalam sholat sunah ghairu muakkad ialah sholat sunah yang dikerjakan setelah mengerjakan sholat dzuhur sebanyak dua rakaat, mengerjakan sholat sunah sebelum sholat ashar sebanyak dua atau empat rakaat, serta mengerjakan sholat sunah sebelum sholat maghrib dan juga isya.

Adapun untuk anda yang mungkin belum mengetahui bacaan niat sholat rawatib itu sendiri, maka ada baiknya apabila anda melihat bacaan niat sholat tersebut dibawah ini. Dan untuk bacaan niat sholat yang akan coba saya berikan utk hari ini, akan saya sajikan dalam bentuk tulisan arab dan juga tulisan latinnya. Sehingga untuk anda yang sekiranya tidak begitu lancar dalam membaca tulisan arab, maka ada baiknya apabila anda mencoba untuk membaca tulisan latin yang saya sajikan pula. Dan selain itu, saya juga tidak ketinggalan menyajikan arti dari bacaan niat sholat rawatib tersebut.

Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Rawatib

niat sholat rawatibbacaan niat sholat rawatib
Untuk tata cara sholat rawatib sendiri, sama persis dengan tata cara sholat pada umumnya. Hanya saja yang membedakan sholat sunah rawatib dengan sholat sunah yang lainnya ialah dari segi niat sebelum sholatnya saja. Jadi utk anda yang sekiranya sudah dapat mengerjakan sholat secara sempurna, maka sudah dapat dipastikan jika anda dapat mengerjakan sholat sunah ini dengan sempurna pula. Tinggal anda menghafalkan niat sholatnya saja.

Dan dengan ini, berakhir sudah untuk Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Rawatib Lengkap yang sekiranya saya dapat berikan kepada anda, mudah-mudahan saja dari apa yang baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang besar kepada anda-anda sekalian. Dan apabila diantara anda-anda ini mungkin masih mengetahui beberapa bacaan doa ataupun tata cara sholat lainnya yang mungkin belum anda ketahui, maka saya memberikan saran kepada anda untuk mencoba melihat-lihat kembali beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan seperti contohnya adalah cara sholat taubat.

Advertisement

Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang belum mengetahui tata cara sholat tersebut, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk melihat tata cara sholat yang pada kesempatan sebelumnya itu telah saya berikan. Namu untuk anda yang mungkin sudah mengetahui tata cara sholat yang telah saya berikan sebelumnya itu, mungkin anda bisa mencoba kembali untuk melihat-lihat sejumlah pembahasan lainnya yang telah saya berikan lagi. Siapa tahu saja anda akan dapat menemukan pembahasan yang memang pas atau cocok dengan apa yang memang sedang anda cari.

Advertisement