Isi Kandungan Bacaan Surat Al Kafirun Beserta Artinya Lengkap

Advertisement

Bacaan Surat Al Kafirun | Surat Al Kafirun adalah surat yg ke 109 didalam Al Qur’an, dimana surat ini hanya terdiri dari enam ayat dan termasuk kedalam jenis surat Makkiyah. Nama Al Kaafiruun atau orang-orang kafir ini diambil dari kata kata yg muncul pd ayat pertama didalam surat ini. Isi kandungan surat Al Kafirun yang paling utama ialah tidak diizinkannya kompromi didalam bentuk mencampuradukan ajaran agama.

Latar belakang diturunkannya surat Al Kafirun ialah pd masa penyebaran agama Islam di Mekkah, pada saat itu kaum Quraisy yg menentang Rasulullah SAW tidak henti – hentinya mencari cara utk menghentikan ancaman Islam terhadap kepercayaan nenek moyang mereka. Pd salah satu upaya tersebut mereka berusaha utk mengajukan proposal kompromi kpd Rasulullah SAW dimana mereka memberikan penawaran berupa.

Jika Rasulullah SAW mau memuja Tuhan mereka, maka meraka juga akan memuja Tuhan sebagaimana konsep didalam Islam. Kemudian diturunkanlah surat Al Kafirun ini sebagai bentuk jawaban akan hal tersebut. Dan pada kesempatan sekarang ini, saya ingin memberikan bacaan surat Al Kafirun kepada anda-anda sekalian, karena siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg belum hafal atau mungkin juga lupa dengan bacaan surat tersebut.

Karena mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui bagaimana bacaan doa Al Kafirun, maka dari itu saya ingin mencoba membantu anda-anda sekalian. Dimana bacaan suratan ini juga bisa digunakan sebagai salah satu suratan pendek dalam sholat, sehingga bagi anda yg kiranya belum hafal atau belum tahu bacaan surat ini. Dengan anda mengetahui bacaan surat pendek ini, maka anda jadi memiliki lebih banyak suratan pendek yg bisa dibacakan didalam sholat.

Adapun untuk bacaan surat yang akan saya sajikan hari ini akan menyajikan surat Al Kafirun beserta artinya, sehingga anda-anda sekalian ini bukan cuma akan bisa membaca suratan pendek tersebut. Namun anda juga akan mengetahui maknanya. Sedangkan utk tulisan suratannya akan disajikan menggunakan tulisan bahasa arab, namun saya juga akan tetap turut memberikan surat Al Kafirun latin. Sehingga bagi anda yg merasa mungkin kurang lancar didalam membaca bahas arab, masih dpt membaca tulisan latinnya.

Advertisement

Bacaan Surat Al Kafirun Beserta Artinya

bacaan surat al kafirun
Isi Kandungan Surat Al Kafirun Lengkap

  • Pada ayat yg pertama, Allah SWT memerintahkan Rasul-Nya utk memanggil kaum kafir dgn panggilan “Yaa ayyuhal kafirun” artinya “Wahai orang – orang kafir”. Padahal didalam Al Qur’an itu tidak biasa memanggil mereka dgn cara yg jelas atau terang-terangan, yg lebih banyak digunakan didalam Al Qur’an pada umumnya adalah “Ya a ayyuhan naas” artinya “Wahai sekalian manusia”. dan beberapa kata lainnya.
  • Dan didalam ayat ke dua dan empat, Allah SWT memerintahkan Rasulullah SAW utk menyatakan dgn tegas, terbuka, dan jelas, kpd mereka dan tentunya kpd setiap orang kafir sepanjang sejarah, bahwa Beliau begitu pula umatnya sama sekali tidak pernah menyembah apa yg disembah oleh orang – orang kafir.
  • Sedangkan pada ayat ke tiga dan lima, Allah SWT memerintahkan kpd Rasulullah SAW utk menegaskan jg dengan jelas bahwa orang – orang kafir pd hakikatnya tidak akan pernah benar menyembah-Nya. Dimana hal tersebut bisa pula kita pahami sebagai larangan atas orang – orang kafir utk ikut – ikutan melakukan praktek ibadah kpd Allah SWT sementara mereka masih didalam ke kafiran. Mereka baru diperbolehkan utk melakukan ibadah sebagaimana mestinya pada saat sudah masuk kedalam agama Islam.
  • Allah SWT juga menegaskan penjelasan yg kedua dan ketiga diatas dgn melakukan pengulangan ayat, dimana makna didalam kandungan ayat ke dua surat Al Kafirun tersebut diulang didalam ayat ke empat. Sedangkan utk isi kandungan ayat ke tiga diulang pada ayat yang ke lima. Dengan adanya pengulangan ini, maka sudah sangat jelas jika larang tersebut merupakan larangan yg keras atau total dan tidak dapat dirubah pada masa apapun.
  • Sebagai penyempurna penjelasan diatas, maka Allah SWT menjelaskannya didalam firman yang terakhir yaitu “lakum dinukum wa liya diin” artinya “bagi kalian agama kalian, dan bagiku agamaku”. Dimana dalam penjelasan singkat pada akhir ayat ini menegaskan apabila tidak boleh mencampurkan antara agama Islam dgn agamanya yang lainnya.
  • Isi kandungan surat Al Kafirun yang terakhir adalah menjelaskan apabila dalam hal beragama itu tidak boleh ada pemaksaan, baik itu untuk masuk agama Islam ataupun agama yang lainnya. Dimana hal tersebut telah dijelaskan didalam firman Allah SWT surat Al Baqarah ayat 256.

Sekiranya hanya itu saja dulu untuk penjelasan mengenai Isi Kandungan Bacaan Surat Al Kafirun Beserta Artinya yg hari ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai isi kandungan dari bacaan surat Al Kafirun yg baru saja saya jelaskan diatas. Anda bisa mendapatkan manfaat yg besar dari sedikit penjelasan yg telah saya berikan tersebut. Dan bagi anda yg kiranya mungkin merasa masih ingin kembali melihat beberapa penjelasan lainnya lagi.

Maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk melihat kembali doa Nabi Musa mohon jodoh yg beberapa waktu lalu baru saja saya sajikan, siapa tahu saja diantara anda-anda ini ada yg belum menemukan jodohnya hingga sekarang ini. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mengamalkan bacaan doa mohon jodoh tersebut setelah anda selesai sholat, barang kali saja dengan anda banyak mengamalkan bacaan doa tersebut, Allah SWT memberikan jodoh yg terbaik buat anda.

Namun bagi anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui bacaan doa tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba kembali utk melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya lagi dari saya. Karena siapa tahu saja beberapa bacaan doa yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan bacaan doa yg memang sedang dicari oleh anda. Atau mungkin jg anda dapat menunggu update bacaan doa yg akan coba terus saya berikan utk setiap harinya.

Advertisement