Apakah Hukum Berdoa Saat Haid Menurut Islam dan Caranya

Advertisement

Berdoa Saat Haid Menurut Islam | Haid atau menstruasi adalah kondisi normal yg dialami setiap wanita sebagai siklus bulanan, yang berupa keluarnya darah dari rahim setelah terjadinya ovulasi secara berkala yg disebabkan oleh terlepasnya lapisan endometrium rahim. Dan didalam agama Islam, wanita yang sedang mengalami haid atau menstruasi itu tidak dianjurkan untuk mengerjakan segala amal ibadah.

Karena si wanita tersebut sedang dalam kondisi yang kotor, akibat keluarnya cairan darah. Sehingga pada masa haid atau menstruasi ini para wanita biasanya tidak mengerjakan ibadah rutin seperti shalat lima waktu, dan pada saat puasa ramadhan juga tidak dianjurkan untuk mengerjakan puasa. Melainkan harus mengganti puasa tersebut, ataupun menggantinya dengan membayar denda sebesar puasa ramadhan yang ditinggalkan.

Namun bagaimana pendapat Islam mengenai berdoa saat haid atau pun melakukan dzikir saat haid, apakah pada masa haid tersebut para wanita dianjurkan untuk tidak berdzikir dan berdoa juga, ataukah masih diperbolehkan untuk melakukan hal tersebut. Dan bagi anda yang sekiranya masih belum mengetahui apa itu hukum berdoa saat haid, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba utk melihat terlebih dulu pembahasan yg akan saya sajikan hari ini.

Dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai hukum dzikir saat haid ataupun berdoa ketika haid, maka bagi anda yang tadinya belum mengetahui hal tersebut jadi mengetahui akan penjelasan hal tersebut. Bagi anda yang mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap penjelasan mengenai hukum dzikir dan berdoa ketika haid secara lengkap, maka kita bisa langsung melihat saja penjelasan tersebut secara lengkap dibawah ini.

hukum berdoa saat haid
Hukum Berdoa Saat Haid Menurut Islam

Kami mendapatkan riwayat dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, jika Beliau membaca wiridnya ketika junub. Ikrimah dan Ibul Musayib memberikan keringanan utk membaca wirid ketika junub.” (HR. Ibul Mundzir dlm Al Ausath 2/98)

Advertisement

Seseorang yang dalam kondisi haid atau menstruasi itu sama halnya dengan seseorang yang dalam kondisi junub atau belum melakukan mandi wajib setelah berhubungan badan. Dan didalam riwayat diatas dijelaskan apabila seseorang yg dlm kondisi junub itu boleh melakukan wirid, dzikir, ataupun berdoa. Sehingga untuk orang yang dalam kondisi haid atau menstruasi itu tetap diperbolehkan untuk berdoa atau membaca wirid dan dzikir.

Selain itu dijelaskan pula dalam Fatwa Islamiyah yg mengatakan :”Tidak masalah, wanita haid atau nifas utk membaca doa – doa dlm buku ketika manasik haji.” (Fatwa Islamiyah, 1/239) dari penjelasan tersebut juga menjelaskan jika hukum berdoa saat haid itu diperbolehkan, bahkan untuk seseorang yg sedang beribadah haji pun diperbolehkan untuk membaca doa – doa dalam keadanaan haid atau menstruasi, dan juga nifas.

Tata Cara Berdoa Saat Haid

Untuk cara berdoa saat haid itu sama halnya dengan cara berdoa pada umumnya, dimana kita harus dalam kondisi menutup aurat kemudian kita bisa langsung memanjatkan doa atau dzikir yang diinginkan. Yang membedakan hanyalah kita tidak melakukan wudhu saja, karena alangkah lebih baiknya apabila kita itu melakukan wudhu terlebih dulu sebelum membaca doa, wirid, ataupun dzikir. Agar kondisi kita suci, namun lain halnya dengan seseorang yg sedang haid.

Dan saya rasa sudah cukup sekian dulu untuk penjelasan mengenai Hukum Berdoa Saat Haid Menurut Islam yg sekrianya hari ini dpt disampaikan, semoga saja dari penjelasan mengenai cara berdoa saat haid dan hukumnya tersebut dpt membantu anda-anda sekalian. Terutama utk anda-anda sekalian yang sekiranya memang belum mengetahui akan hal tersebut, dan bagi anda yg sekiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi.

Mungkin saja anda-anda sekalian ini akan tertarik utk baca juga hukum poligami dalam Islam, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui akan hukum poligami itu sendiri. Maka dari itu tidak ada salahnya bukan apabila anda mencoba utk melihat kembali pembahasan yg sudah pernah saya sajikan utk anda sebelumnya. Atau bagi anda yg sekiranya merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut.

Maka saya menyarankan kepada anda utk kembali mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah pula saya sajikan, karena mungkin saja salah satu dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan tersebut akan ada yg sesuai dgn yg sedang dicari oleh anda. Atau bisa juga anda mencoba utk kembali mengunjungi situs doaharian.info ini supaya anda mendapatkan update pembahasan terbaru yg akan coba terus saya sajikan setiap harinya.

Advertisement