Bagaimana Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Benar

Advertisement

Bagaimana Cara Mendidik Anak Menurut Islam | Memiliki seorang anak pastinya menjadi ke inginan setiap orang, namun untuk anda yg sudah memiliki seorang anak. Maka tinggal anda merawat anak anda tersebut dengan mengajari berbagai macam hal yg benar serta merawat anak anda dengan baik. Karena anak merupakan titipan dari Allah SWT, sehingga alangkah baiknya jika kita menjaganya dengan sebaik-baiknya. Dan bagi anda yg kiranya sudah memiliki anak lebih dari satu dan sudah besar-besar anaknya, pastinya anda sudah mengetahui bagaimana cara mendidik anak yg baik.

Namun bagi anda yg mungkin baru saja memiliki seorang anak, pastinya anda masih perlu banyak belajar mengenai cara mendidik anak yg baik. Maka biasanya seorang pasangan suami istri yg baru saja miliki anak itu akan didampingi oleh orang tuanya nanti untuk cara merawatnya. Selain itu, anda juga dapat mencoba untuk membaca cara mendidik anak menurut islam yg pada kesempatan hari ini akan saya bahas untuk anda-anda sekalian. Karena setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak-anak yg soleh dan solehah, maka dari itu anda harus mengetahui cara mendidik anak menurut islam.

Dan untuk anda yg kiranya memang ingin mengetahui untuk cara mendidik anak menurut islam yg pada kesempatan ini akan saya sajikan kepada anda, dengan anda mengetahui bagaimana cara mendidik anak menurut islam ini. Maka Insya Allah nantinya anak-anak anda tersebut akan menjadi seorang anak yg soleh dan solehah. Dan untuk anda yg kiranya mungkin merasa ingin mengetahui secara lengkap untuk pembahasan mengenai cara mendidik anak menurut islam dari saya ini, maka mari kita melihat pembahasan cara mendidik anak menurut islam yg akan saya sajikan secara lengkap dibawah ini.

cara mendidik anak menurut islam

Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Benar

Cara mendidik anak menurut islam pertama ialah mengenalkan serta mengajarkan kepada anak mengenai ilmu tauhid. Rasulullah SAW pernah bersabda yg bunyinya :”Bukalah lidah anak – anak kalian pertama kali dgn kalimat “Lailaha-illallah”. Dan pada saat mereka akan meninggal dunia, maka bacakanlah kalimat “Lailaha-illallah”. Selain itu, terdapat pula sebuah hadist yg bunyinya :”Sesungguhnya barang siapa yg awal dan akhir dari pembicaraannya “Lailaha-illallah”, kemudian dia hidup selama seribu tahun, maka dosa apapun, tdk akan ditanyakan kepadanya”. (Sya’bul Imam, Juz 6 Hal 398 dari Ibn Abbas)

Advertisement

Mengajarkan kepada anak tentang solat sejak dini, pada saat usia anak sudah memasuki 5 tahun serta sudah mengetahui posisi arah. Maka coba tanyakan kepada anak anda tersebut mana sebelah kanan serta kirinya, sertelah itu ajarkan pula kepada anak anda mengenai arah kiblat serta mulailah mengajaknya untuk mengerjakan shalat. Dan ketika anak anda masuk usia tujuh tahun, maka mulailah ajari mereka dengan tata cara wudhu serta mulailah mengajak anak anda tersebut untuk ikut mengerjakan shalat. Dan ketika usia anak memasuki usia sembilan tahun, mulailah ajari mengenai tata cara shalat yg benar, karena pada usia tersebut biasanya sang anak sudah memahami tata tertib, aturan, dan juga urutan.

Dan ketika usia anak sudah mulai dewasa, maka mulailah ajari anak mengenai cara membaca Al Qur’an. Serta mulailah mengajari anak mengnei perilaku yg baik dan yg buruk, apabila kita berbuat baik itu maka kita akan mendapatkan pahala. Dan apabila kita melakukan perbuatan buruk, maka kita akan memperoleh hukuman.

Hak anak didalam pendidikan, berkaitan dgn pendidikan agama, ada beberapa hal yg harus orang tua lakukan yg diantaranya adalah memberikan nama yg baik untuk anaknya, mengakikahkan serta memotong rambutnya (akan lebih baik apabila dilakukan saat hari ke tujuh), serta mengajari anak mengenai pendidikan umum seperti membaca, menulis, latihan fisik, serta budi pekerti yg baik kepada anak.

Dan saya rasa cukup sekian dulu untuk pembahasan mengenai Bagaimana Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Benar, mudah-mudahan saja dari pembahasan mengenai cara mendidik anak menurut islam yg baru saja saya sajikan tadi diatas itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda-anda sekalian. Dan apabila diantara anda-anda sekalian ini mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa topik pembahasan lainnya yang berhubungan dengan agama islam, maka sebaiknya jika anda mencoba kembali untuk melihat beberapa pembahasan lainnya dari saya.

Dan beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan sebelumnya itu diantaranya adalah doa supaya anak nurut sama orang tua, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini para orang tua ada yg anaknya terbilang cukup nakal, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk membaca doa tersebut setelah anda selesai shalat. Barang kali saja setelah anda membaca doa tersebut selepas shalat, perilaku anak anda tersebut akan menjadi seorang anak yg soleh dan solehah. Atau untuk anda yg mungkin sudah mengetahui bacaan doa tersebut, maka sebaiknya anda coba lagi melihat pembahasan lainnya dari saya.

Advertisement