Pengertian, Hukum, dan Contoh Alif Lam Qamariah Beserta Suratnya

Advertisement

Contoh Alif Lam Qamariah | Pengertian alif lam qamariah adalah salah satu dari hukum alif lam ma’rifah, dimana ada dua huruf yg ditambahkan pada awal atau pangkal kata yg bermakna nama ataupun isim. Sedangkan hukum alif lam ma’rifah itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu hukum alif lam qamariah dan hukum alif lam syamsiah. Dan huruf qamariah itu sendiri juga dikenal dengan sebutan huruf bulan.

Dimana pengertian huruf alif lam qamariah adalah hukum ilmu tajwid yang dibaca secara jelas apa bila bertemu dengan 14 huruf hijaiyah yg diantaranya adalah alif/hamzah(ء), ba’ (ب), jim (ج), ha’ (ح), kha’ (خ), ‘ain (ع), ghain (غ), fa’ (ف), qaf (ق), kaf (ك), mim (م), wau (و), ha’ (ﮬ) dan yg terakhir adalah ya’ (ي). Ketika huruf hijaiyah Alif atau Lam bertemu dengan ke 14 huruf hijaiyah tersebut, maka hukum bacaan alif lam tersebut ialah diperjelas tanpa adanya melebur bacaannya.

Sehingga hukum alif lam qamariah itu adalah kebalikan dari hukum alif lam syamsiah yg cara membacanya ialah dengan cara didengungkan atau melebur pada huruf setelahnya. Dan bagi anda – anda sekalian yg sekiranya mungkin sedang mencari – cari contoh alif lam qamariah, maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg tepat sekali. Karena selain memberikan pengertian dan hukum alif lam qamariah pada kesempatan hari ini.

Saya juga akan turut memberikan beberapa contoh bacaan alif lam qamariah secara lengkap, sehingga untuk anda – anda sekalian yg memang sekiranya sedang mencari – cari contoh bacaan alif lam qamariah tersebut bisa mengetahuinya. Dan untuk anda yang juga mungkin masih bingung dengan cara membaca tajwid alif lam qamariah juga menjadi tahu bagaimana cara membaca tajwid tersebut dengan baik dan benar.

Karena ketika kita membaca ayat – ayat Al Qur’an itu tajwid yang dibacakan benar – benar harus sesuai, jika sampai kita salah dalam cara membacanya. Maka makna dari bacaan tersebut juga akan berubah. Oleh karena itu, pada saat kita membaca ayat – ayat Al Qur’an harus mengetahui secara benar ilmu tajwidnya, agar bacaan ayat ayat Al Qur’an yang kita bacakan itu akan sesuai makna yang sebagaimana mestinya.

Advertisement

Contoh Alif Lam Qamariah

Contoh Alif Lam Qamariah Beserta Suratnya

اْلأَحَ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ا) QS. Al Ahad
ااْلبَصِيْرُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ب) QS. Al Bashir
ااِلجَمَالُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ج) QS. Al Jamal
الْحَمْدُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ح) QS. Al Hamdu
االْخَيْرُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (خ) QS. Al Khair
الْعَصْرُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ع) QS. Al Ashr
الْغَفُوْرُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (غ) QS. Al Ghafur
الْفِيْلُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ف) QS. Al Fiil
الْقَارِعَةُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ق) QS. Al Qari’ah
اْلكَوْثَرُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ك) QS. Al Kautsar
الْمُؤْمِنُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (م) QS. Al Mukmin
اْلوَهَّابُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (و) QS. Al Wahab
الْهُمَزَةُ Dimana (ال) Bertemu Dengan ( هـ) QS. Al Hamzah
الْيَوْمُ Dimana (ال) Bertemu Dengan (ي) QS. Al Yaum

Sekiranya hanya itu saja untuk sedikit penjelasan mengenai Pengertian, Hukum, dan Contoh Alif Lam Qamariah yang pada kesempatan hari ini kiranya dapat saya sajikan untuk anda, semoga saja dari sedikit penjelasan contoh alif lam qamariah yg baru saja saya sampaikan mengenai ilmu tajwid diatas tadi itu dapat bermanfaat untuk anda. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin masih merasa ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan mengenai ilmu tajwid lainnya.

Maka anda masih bisa kembali untuk baca juga hukum nun mati dan tanwin, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg sedang mencari – cari hukum bacaan tajwid tersebut. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali melihat penjelasan mengenai hukum ilmu tajwid yang beberapa waktu lalu itu sudah pernah saya sajikan sebelumnya, mungkin saja penjelasan tersebut dpt membantu anda.

Namun untuk anda yang sekiranya sudah mengetahui hukum ilmu tajwid tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk kembali melihat – lihat beberapa hukum ilmu tajwid atau pembahasan lainnya lagi dari saya. Karena beberapa waktu yang lalu saya sudah banyak memberikan berbagai macam pembahasan, mungkin saja salah satu diantara pembahasan yg telah saya sajikan sebelumnya itu ada yg sesuai dgn yg sedang dicari anda.

Save

Advertisement