Pengertian, Hukum, dan Contoh Alif Lam Syamsiah Lengkap

Advertisement

Alif Lam Syamsiah | Pengertian alif lam syamsiah adalah alif lam sukun yg bertemu dgn salah satu huruf syamsiah, dan huruf hijaiyah tersebut dibaca lebur atau idgam. Adapun untuk huruf syamsiah itu sendiri berjumlah 14 huruf hijaiyah, yaitu ﻥ, ﻝ, ﻅ, ﻁ, ﺽ, ﺹ, ﺵ, ﺱ, ﺯ, ﺭ, ﺫ, ﺩ, ﺙ, ﺕ . Sedangkan pengertian huruf syamsiah itu sendiri adlaah huruf yg didalam pembacaannya itu menghilangkan huruf lam, seperti contohnya adalah kata Al-Syamsiyah akan dibaca menjadi As-Syamsiah, dengan menghilangkan huruf lam.

Huruf syamsiah juga dikenal dengan huruf matahari, dimana hal tersebut berdasarkan asal katanya yaitu “Samsu” yg memiliki makna “Matahari”. Sedangkan huruf Alif dan lam akan diumpamakan menjadi sebuah binatang, sedangkan huruf syamsiah adalah mataharinya, sehingga pada saat bintang bertemu dgn matahari, maka bintang akan tidak terlihat walaupun sebenarnya ada. Oleh karena itu, hukum alif lam syamsiah itu adalah lebur atau idgam atau menghilang.

Dan hal tersebut bertentangan dengan bacaan alif lam qamariah, dimana pada saat huruf alif dan lam bertemu dengan huruf qamariah, maka bacaannya akan menjadi dipertegas atau diperjelas. Seperti contohnya adalah kata Al-Qamariyah akan tetap dan harus dibaca seperti tulisannya yaitu Al-Qamariyah. Karena pengertian huruf qamariah itu sendiri adalah huruf hijaiyah yg dibaca secara jelas akan tetapi tetap mempertegas pembacaan pd huruf lam.

Pada kesempatan hari ini, saya ingin coba memberikan beberapa contoh alif lam syamsiah kepada anda – anda sekalian, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg sedikit lupa dengan hukum bacaan tajwid tersebut. Dan bagi anda yang kebetulan sekarang ini sedang lupa dengan hukum bacaan tersebut, maka anda sekarang ini sedang berada pd tempat yg sangat tepat sekali. Karena anda dapat melihat contoh bacaan alif lam syamsiah pada pembahasan yg akan saya berikan hari ini.

Untuk anda yang sekiranya mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana contoh bacaan tersebut, maka kita bisa langsung saja melihat bersama – sama contoh bacaannya yang akan coba saya sajikan dalam bentuk kalimat beserta huruf syamsiahnya serta bagaimana cara membacanya yang benar. Sehingga untuk anda yang belum tahu atau mungkin sedikit lupa dengan cara membacanya akan menjadi tahu atau mengingatnya kembali.

Advertisement

Contoh Alif Lam Syamsiah Lengkap

Contoh Alif Lam Syamsiah
Sekiranya hanya itu saja untuk penjelasan mengenai Pengertian, Hukum, dan Contoh Alif Lam Syamsiah dari saya pada kesempatan hari ini, mudah – mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai ilmu tajwid yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat kepada anda – anda sekalian. Bagi anda – anda yg sekiranya mungkin masih ingin melihat kembali beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan.

Maka saya coba menyarankan kepada anda untuk kembali baca juga contoh ikhfa syafawi, siapa tahu saja masih ada diantara anda – anda sekalian yang lupa atau mungkin belum mengetahui bagaimana contoh bacaan ikhfa syafawi tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya sajikan kepada anda – anda sekalian.

Namun untuk anda yang kiranya mungkin merasa sudah mengetahui contoh bacaan tersebut, maka alangkah baiknya jika anda mencoba utk kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya yg sebelumnya sudah pernah diberikan. Barang kali saja salah satu diantara pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang di cari – cari oleh anda selama ini.

Save

Advertisement