Pengertian, Hukum, dan Contoh Bacaan Iqlab Dalam Al Qur’an

Advertisement

Contoh Bacaan Iqlab | Pengertian Iqlab adalah salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang terjadi pada saat huruf hijaiyah nun sukun ( نْ ) atau juga tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) yg bertemu dengan huruf hijaiyah ba ( ب ). Sedangkan pengertian Iqlab menurut bahasa dan istilah adalah menggantikan ataupun mengubah sesuatu dari bentuk aslinya. Hukum bacaan iqlab ini sendiri termasuk kedalam hukum nun mati dan tanwin.

Dimana didalam hukum nun mati tersebut terbagi menjadi empat jenis, yaitu Izhar, Idgam, Iqlab, dan juga Ikhfa’ Haqiqi. Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin coba memberikan penjelasan mengenai hukum bacaan iqlab kepada anda – anda sekalian. Karena didalam pelafadzan bahasa arab itu sangat teramat penting, pada saat kita salah dalam membaca lafadz bahasa arab didalam Al Qur’an atau suratan. Maka bacaan tersebut akan memiliki makna yang berbeda.

Oleh karena itu kita harus mengetahui dengan benar cara pelafadzan bacaan – bacaan yang didalam Al Qur’an ataupun surat – surat sesuai dengan ilmu tajwid yang telah ditentukan, sehingga makna dari bacaan yang kita baca itu sesuai dengan yang seharusya. Dan bagi anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana hukum bacaan iqlab tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk melihat penjelasan mengenai hukumnya pada pembahasan yg akan saya sajikan hari ini.

Namun selain memberikan penjelasan mengenai hukum bacaan iqlab, saya juga akan memberikan contoh bacaan iqlab secara lengkap. Sehingga untuk anda – anda yang memang belum mengetahui secara pasti bagimana bentuk – bentuk tulisan yang harus dibaca dengan hukum bacaan iqlab ini jadi mengetahuinya. Dan hal tersebut pastinya akan jauh lebih memudahkan bagi anda ketika terdapat contoh bacaan iqlab tersebut.

Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa sudah ingin mengetahui bagaimana hukum bacaan iqlab tersebut secara lengkap dan juga bagaimana contoh bacaannya dalam Al Qur’an, maka kita bisa langsung saja melihat bersama – sama pembahasan secara lengkapnya dibawah ini. Sehingga bagi anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana bacaan dari hukum iqlab tersebut bisa mengetahuinya secara lengkap dan jelas.

Advertisement

Hukum Bacaan Iqlab Lengkap

Hukum bacaan iqlab ini sendiri terjadi ketika nun mati ataupun tanwin bertemu dgn huruf hijaiyah ba seperti yang telah dijelaskan diatas oleh saya, sehingga hukum bacaan tersebut akan berubah bunyinya menjadi mim. Huruf nun mati yang bertemu dengan ba tersebut dirubah bacaannya bukan menjadi nun mati melainkan menjadi huruf mim, seperti contohnya adalah لَيُنۢبَذَنَّ dari potongan bacaan ini maka harus dibaca mennjadi “Layumbażanna”.

Contoh Bacaan Iqlab Dalam Al Qur’an

Contoh Bacaan Iqlab

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Pengertian, Hukum, dan Contoh Bacaan Iqlab Dalam Al Qur’an dari saya pada kesempatan hari ini, semoga saja dari penejelasan mengenai ilmu tajwid yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan tambahan ilmu bagi anda – anda sekalian. Dan bagi anda-anda yg mungkin merasa tertarik masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan lainnya lagi dari saya.

Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk coba kembali baca juga contoh alif lam qamariah, barang kali saja masih ada diantara anda – anda sekalian ini yang merasa belum mengetahui contoh bacaan ilmu tajwid tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda – anda sekalian ini untuk kembali melihat penjelasan mengenai ilmu tajwid lainnya dari saya yang telah diberikan beberapa waktu lalu itu hanya untuk anda – anda sekalian.

Dan bagi anda – anda yg sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui penjelasan mengenai hukum bacaan tersebut, maka tidak ada salahnya jika anda – anda sekalian itu mencoba untuk kembali melihat – lihat beberapa pembahasan atau penjelasan lainnya lagi dari saya. Barang kali saja dari beberapa penjelasan atau pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang anda cari – cari.

Save

Advertisement