Pengertian, Hukum, dan Contoh Ikhfa Syafawi Lengkap

Advertisement

Contoh Ikhfa Syafawi | Pengertian ikha syafawi adalah salah satu hukum tajwid yg terjadi ketika huruf hijaiyah Mim mati atau sukun ( مْ ) bertemu dgn huruf hijaiyah Ba ( ب ). Sehingga cara membaca ikhfa syafawi itu ialah harus di samar – samarkan pada bibir serta didengungkan. Secara etimologi, kata ikhfa sendiri memiliki makna atau arti menyembunyikan atau menyamarkan, sedangkan kata syafawi memiliki makna bibir.

Oleh karena itu, ketika ada huruf hijaiyah mim sukun atau mati bertemu dengan huruf Ba, maka dibaca dengan samar – samar serta didengungkan. Dan ketika hukum ikhfa syafawi itu sendiri tidak didengungkan, maka hukum bacaannya akan berubah menjadi hukum izhar. Oleh karena itu, hukum bacaan ikhfa syafawi itu sendiri menjadi wajib didengungkan. Dan hukum ikhfa syafawi itu sendiri tidak memiliki tanda seperti hukum Idgham Bighunnah atau Iqlab.

Untuk panjang dengungan tajwid ikhfa syafawi itu sendiri bisa dibaca 2 sampai 3 harakat atau 1 1/2 alif, sehingga dengunan yang dilakukan ketika membaca tajwid ini tidak terlalu pajang. Adapun untuk anda yang sekiranya mungkin masih sedikit merasa bingung dengan hukum ikhfa syafawi itu sendiri, maka alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu beberapa contoh ikhfa syafawi itu sendiri seperti apa jika berada dialam bacaan Al Qur’an.

Dengan anda melihat secara langsung contoh hukum ikhfa syafawi yang berada didalam Al Qur’an, maka anda jadi mengetahui huruf hijaiyah mana yang seharus dibaca menggunakan hukum tajwid ini. Karena didalam membaca bacaan Al Qur’an itu akan berubah maknanya jika didalam pengucapannya berbeda, sehingga alangkah baiknya jika memperbaiki lafadz bacaan Al Qur’an kita dengan mengetahui hukum tajwid yang benar.

Bagi anda yang sekiranya mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana contoh ikhfa syafawi tersebut, maka kita bisa langsung saja melihat bersama – sama contoh bacaannya didalam Al Qur’an yang akan saya coba hadirkan untuk anda – anda sekalian dibawah ini. Sehingga bagi anda yang sekiranya belum mengetahui cara membaca hukum tajwid tersebut jadi bisa mengetahuinya secara lebih jelas.

Advertisement

Contoh Ikhfa Syafawi Lengkap

Contoh Ikhfa Syafawi Lengkap

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Pengertian, Hukum, dan Contoh Ikhfa Syafawi yg pada kesempatan sekarang ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari apa yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat membantu anda – anda sekalian. Bagi anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah saya berikan sebelumnya.

Maka saya menyarankan bagi anda untuk mencoba melihat kembali contoh mad jaiz munfasil, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg belum mengetahui bagaimana contoh hukum tajwid tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk melihat kembali pembahasan yg sudah pernah saya sajikan kepada anda – anda sekalian sebelumnya itu. Namun untuk anda yang mungkin merasa sudah mengetahuinya.

Maka anda masih bisa kembali melihat – lihat pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya coba berikan sebelumnya, barang kali saja salah satu diantara pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu ada yang sesuai dengan pembahasan yg sedang anda cari – cari. Ataun untuk anda yang sekiranya masih belum juga dapat menemukan pembahasan yang sesuai, maka anda masih bisa menunggu update pembahasan terbaru yg akan coba terus saya sajikan untuk anda setiap harinya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk kembali mengunjungi situs doaharian.info lain waktu, supaya anda masih bisa mendapatkan update pembahasan terbaru yg akan terus saya sajikan tersebut.

Save

Advertisement