Bacaan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah dan Artinya

Advertisement

Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah | Zakat adalah harta tertentu yg wajib utk dikeluarkan oleh seseorang yg beragama Islam dan diberikan kpd orang – orang yang berhak menerima (fakir miskin dan lainnya). Sedangkan dari sisi bahasa, pengertian zakat adalah suci, bersih, subur, berkat, dan berkembang menurut ketentuan yg telah ditetapkan oleh syariat Islam, dan zakat sendiri termasuk kedalam rukun Islam yang ketiga.

Adapun untuk jenis jenis zakat itu sendiri ada dua macam, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah sendiri adalah zakat yg diwajibkan bagi umat muslim ketika akan menjelang hari raya idul fitri pd bulan ramadhan. Adapun untuk besar zakat fitrah sendiri adalah 3.5 liter atau kurang lebih 2.7 kg berupa makanan pokok seperti misalnya beras. Sedangkan zakat maal adalah zakat yg dikeluarkan hasil dari perniagaan, pertambangan, pertanian dengan perhitungan sendiri – sendiri.

Sedangkan orang – orang yg berhak menerima zakat itu sendiri diantaranya ada 8 jenis orang, yaitu fakir, miskin, amil, mu’allaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan yang terakhir adalah ibnus sabil. Sedangkan orang – orang yg diharamkan mendapatkan zakat adalah orang yg kaya, seorang hamba sahaya yg masih mendapatkan nafkah atau masih menjadi tanggungan orang tua, keturunan Nabi Muhammad SAW (ahlul bait), dan yg terakhir adalah orang yg dlm tanggungan dari orang yg berzakat, misalnya adalah anak dan istri.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin coba memberikan bacaan doa ijab qobul zakat kepada anda – anda sekalian, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini ada yg masih belum mengetahui bacaan doa tersebut. Maka dari itu saya ingin membantu anda dengan memberikan bacaan doa tersebut. Adapun untuk bacaan doa yang akan saya sajikan hari ini akan disajikan menggunakan bahasa arab.

Namun saya juga akan turut memberikan doa ijab qobul latin, karena barang kali saja masih ada diantara anda – anda sekalian ini yg mungkin belum cukup lancar didalam membaca bahasa arab. Oleh karena itu, saya ingin membantu anda dengan memberikan doa ijab qobul latinnya juga. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap bagimana bacaan doa tersebut secara lengkap, maka silahkan saja bagi anda utk melihat selengkapnya berikut ini.

Advertisement

doa ijab qobul zakat fitrah
Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah dan Artinya

Untuk bacaan doa ijab qobul zakat fitrah itu sendiri kurang lebih sama dengan bacaan niat zakat fitrah, karena memang didalam agama Islam itu tidak diajarkan secara terperinci mengenai hal ijab qobul zakat fitrah. Sehingga cukup dengan membaca niat zakat fitrah saja Insya Allah zakat yang kita lakukan sudah diterima Allah SWT. Sehingga bagi anda yang kiranya akan membayar zakat fitrah pada saat bulan ramadhan, anda bisa membaca niat zakat fitrah sebagai berikut.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta’ala.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI ‘ANNII WA’AN JAMII’I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR’AN FARDHOL LILLAAHI TA’AALAA

Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Doa Menerima Zakat

ءَاجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَ اللهُ لَكَ طَهُوْرًا

Artinya : Semoga Allah melimpahkan ganjaran pahala terhadap harta yg telah Engkau berikan & semoga Allah memberkahi harta yg masih tersisa padamu, serta semoga Allah menjadikan dirimu suci bersih.

Hikmah Zakat Fitrah Dalam Islam

Setiap apa yang diperintahkan oleh Allah SWT pastinya memiliki sebuah hikmah atau keutamaan, dan zakat fitrah itu sendiri merupakan salah satu perintah Allah SWT yg disampaikan kepada Rasulullah SAW sebagaimana riwayat dari Ibnu Umar dia berkata :”Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah dari bulan ramadhan satu sha’ dari kurma, atau satu sha’ dari sya’iir. Atas seorang hamba, seorang merdeka, wanita, laki – laki, orang dewasa, dan anak kecil dari kaum muslimin.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sehingga akan terdapat pula hikmah zakat fitrah yang bisa kita dapatkan, karena hal tersebut merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap umat Islam. Adapun untuk hikmah zakat fitrah pada bulan ramadhan itu sendiri adalah sebagai berikut.

  • Allah akan memberikan umur yg panjang baginya, sehingga dia bertahan dengan nikmat-Nya.
  • Merupakan salah satu bentuk pertolongan kpd umat Islam, baik itu orang yg kaya ataupun miskin. Sehingga mereka dpt lebih berkonsentrasi penuh utk beribadah kpd Allah SWT serta bersuka cita dgn segala anugerah nikmat-Nya.
  • Sebagai bentuk syukur orang yg berpuasa kpd Allah SWT atas nikmat ibadah puasa.
  • Ibnu Abbas R.A. mengatakan:”Puasa adalah pembersihan bagi yg melakukannya dari kesia – siaan dan perkataan buruk, demikian pula sebagai salah satu sarana pemberian makan kpd fakir miskin.

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Bacaan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah dan Artinya yg pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kpd anda, semoga saja dari bacaan doa ijab qobul zakat fitrah yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat bagi anda. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan.

Maka tidak ada salahnya bagi anda utk kembali mencoba melihat nama nama surga dan neraka yang beberapa waktu lalu baru saja saya bahas, siapa tahu saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg sedang mencari – cari akan pembahasan tersebut. Namun untuk anda yang kiranya mungkin merasa sudah mengetahui akan hal tersebut, maka anda masih bisa mencoba kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya yg sudah pernah diberikan.

Barang kali saja salah satu dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya berikan tersebut ada yg sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari oleh anda. Atau mungkin juga anda dapat mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru yg akan coba terus saya sajikan utk setiap harinya, sehingga tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk mengunjungi kembali doaharian.info lain waktu, supaya anda bisa mendapatkan terus update pembahasan terbaru dari saya seputar agama Islam.

Save

Save

Advertisement