Hadits Doa Kafaratul Majlis dan Artinya Secara Lengkap

Advertisement

Doa Kafaratul Majlis | Doa penutup majelis atau doa kafaratul majlis adalah doa yang dibacakan pada saat akhir acara didalam pertemuan, majelis sendiri adalah kegiatan pertemuan atau rapat dgn banyak orang ataupun sidang didalam sebuah bangunan atau tempat perkumpulan. Dan selama berlangsungnya acara tersebut, pastinya terdapat banyak perkataan yang dikatakan. Dan mungkin saja salah satu kata diantaranya itu ada kata – kata yang tidak sesuai atau pantas.

Oleh karena itu pada setiap acara perkumpulan, terutama pada saat perkumpulan agama Islam membaca doa penutup majelis atau doa kafaratul majlis. Dimana doa ini dibacakan sebagai bentuk penebusan dosa didalam majlis yg tengah diselenggarakan. Sebagaimana telah diterangkan didalam beberapa hadits doa kafaratul majelis yang diantaranya adalah hadits dari Tirmidzi dan Abu Daud yang bunyinya adalah sebagai berikut.

Abu Hurairah R.A. mengatakan Rasulullah SAW bersabda :”Barangsiapa yg berada pd suatu majelis, kemudian pada majelis tersebut terdapat banyak perkataan yg tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majelis, mengatakan hal yg ini (kafaratul majlis), “Maha Suci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampun kepada-Mu.” Kecuali telah diampuni baginya apa yg ada pada majelis tersebut.” (HR. Tirmidzi)

Abu Barzah Al Aslami R.A. mengatakan :”Jika Rasulullah SAW hendak bangun dari suatu majelis, Beliau membaca :”Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa ‘atuubu ilaik.” Kemudian seorang sahabat berkata :”Ya Rasulullah Engkau telah membaca bacaan yg dahulu tidak bisa engkau baca?” Beliau menjawab :”Itu sebagai penebus dosa yg terjadi dalam sebuah majelis.” (HR. Abu Daud)

Adapun bagi anda yang sekiranya mungkin belum mengetahui bagaimana bacaan doa penutup majelis atau doa kafaratul majlis tersebut, maka sekarang ini anda sedang ada pada tempat yg tepat. Karena utk hari ini saya ingin memberikan bacaan doa tersebut kepada anda, sehingga bagi anda yang sedang mencari bacaan doa penutup majelis tersebut bisa melihat terlebih dulu bacaan doa yang pada kesempatan hari ini akan saya sajikan kepada anda-anda semuanya.

Advertisement

Doa Kafaratul Majlis dan Artinya
Doa Kafaratul Majlis dan Artinya

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allailahailla anta astaghfiruka wa’atubu ilaik

Artinya : “Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

 

Mungkin hanya itu saja untuk pembahasan mengenai Hadits Doa Kafaratul Majlis dan Artinya yg pada kesempatan hari ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari sedikit penjelasan tentang bacaan doa penutup majelis dan artinya yang ada diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat kepada anda-anda sekalian. Dan utk anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya lagi yg pada kesempatan sebelumnya sudah pernah saya sajikan.

Mungkin anda akan merasa tertarik untuk baca juga doa kamilin, dimana doa ini merupakan bacaan doa yang dibacakan setelah sholat. Dan siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang mencari-cari bacaan doa tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila anda sedang mencari – cari bacaan doa tersebut untuk melihat kembali salah satu bacaan doa yang telah saya berikan pada waktu sebelumnya itu kepada anda-anda sekalian.

Namun untuk anda yang sekiranya sudah mengetahui bacaan doa tersebut, maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya lagi yg beberapa waktu lalu sudah pernah saya berikan. Karena mungkin saja salah satu diantara bacaan doa yang beberapa waktu lalu sudah pernah saya sajikan tersebut akan ada yang sesuai dengan bacaan doa yang memang sedang dicari – cari oleh anda – anda sekalian semuanya.

Save

Advertisement