Bacaan Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah

Advertisement

Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah | Qurban adalah kegiatan ibadah yg dilakukan umat muslim, dengan menyembelih hewan ternak utk dipersembahkan kpd Allah SWT. Ibadah qurban itu sendiri dilakukan pada saat bulan Dzulhijjah didalam kalender Hijriyah yg tepatnya ialah pd tanggal 10 atau dikenal pula dengan hari nahar dan 11, 12, serta 13 atau hari tasyrik dan bertepatan dengan hari raya idul adha.

Berdasarkan sejarahnya, ibadah qurban itu terjadi dua buah peristiwa yg telah diterangkan didalam Al Qur’an, dimana terdapat peristiwa Habil dan Qabil yg merupakan putra dari Nabi Adam alaihis salam yg dijelaskan didalam QS. Al Maaidah ayat 7. Serta terdapat pula peristiwa Nabi Ibrahim yg akan mengorbankan putranya yaitu Nabi Ismail karena perintah dari Allah SWT yang telah dijelaskan dalam QS. Ash Shaaffaat ayat 102 sampai 107.

Adapun untuk dalil tentang qurban itu sendiri telah diterangkan dalam firman Allah sebagai berikut :”Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (anhar).” (QS. Al Kautsar ayat 2). Selain itu, terdapat pula riwayat yg bunyinya :”Siapa yg mendapati dirinya dlm keadaan lapang, lalu dia tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat Ied kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Sedangkan untuk hukum qurban sendiri adalah sunnah muakkadah atau sunnah yg diutamakan menurut pendapat dari kalangan para sahabat, tabi’in, tabiut tabi’in, dan fuqaha atau ahli fiqh. Dan tidak ada satu pendapatpun yg mengatakan jika hukum qurban itu adalah wajib, kecuali pendapat dari Abu Hanifah (tabi’in). Dan Ibnu Hazm juga menyatakan :”Tidak ada seorang sahabat Nabi yg menyatakan bahwa qurban itu wajib.”

Dan sebelum menyembelih hewan qurban itu disyaratkan untuk membaca doa menyembelih hewan qurban terlebih dulu. Sedangkan untuk anda yg mungkin sekarang ini belum mengetahui bagaimana bacaan doa menyembelih hewan qurban tersebut, mungkin alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu bacaan doa menyembelih hewan qurban yg hari ini akan saya coba sajikan kepada anda-anda sekalian.

Advertisement

Sehingga untuk anda yg sekiranya memang belum mengetahui bacaan doa menyembelih hewan qurban tersebut, maka anda akan mengetahui bagaimana bacaan doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah. Bagi anda yg kiranya merasa sudah ingin mengetahui secara lengkap dan jelas mengenai doa menyembelih hewan qurban yg pada kesempatan ini akan saya berikan, silahkan anda melihat doa menyembelih hewan qurban tersebut secara lengkap dibawah ini.

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Qurban

doa menyembelih hewan qurban
Dan saya rasa hanya itu saja untuk Bacaan Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Sunnah yg hari ini dpt disajikan oleh saya untuk anda-anda sekalian semuanya, semoga saja dari bacaan doa menyembelih hewan qurban yg baru saja saya bagikan kepada anda-anda sekalian tadi itu bisa memberikan manfaat yg banyak. Jika anda ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya selain bacaan doa menyembelih hewan qurban.

Maka saya menyarankan kpd anda untuk mencoba kembali melihat juga keutamaan shalat awwabin, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja keutamaan shalat sunnah awwabin tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan kepada anda pada kesempatan yg sebelumnya tersebut.

Jika diantara anda-anda sekalian ini mungkin merasa sudah mengetahui pembahasan mengenai keutamaan shalat sunnah awwabin tersebut, maka sebaiknya jika anda kembali mencoba utk melihat-lihat beberapa pembahasan lain dari saya yg sudah pernah disajikan pula sebelumnya. Mungkin saja salah satu dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yg pas dengan yg sedang dicari anda.

Advertisement