Keutamaan Doa Nisfu Sya Ban dan Amalannya Secara Lengkap

Advertisement

Doa Nisfu Sya Ban | Nisfu sya ban adalah salah satu dari hari istimewa yang terdapat dipertengahan bulan sya’ban didalam kalender hijriyah, dimana bulan tersebut merupakan salah satu bulan yang dimuliakan seperti bulan Muharram, Dzulhijjah, dan juga Rajab. Nisfu sya’ban itu sendiri terjadi tepat pada malam ke lima belas bulan tersebut, dan lebih banyak orang yang mengenalnya dengan sebutan malam nisfu sya ban.

Dijelaskan dalam sebuah hadits sahih dari Mu’az bin Jabal R.A. jika saat malam ini :”Allah menjeguk datang kpd semua makhluk-Nya di malam Nisfu Sya’ban, maka diampuni segala dosa makhluk-Nya kecuali orang yg menyekutukan Allah dan orang yg bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, At Thabrani, dan Ibnu Hibban) Oleh karena itu, pada saat malam tersebut banyak orang yang menambahkan amalan ibadahnya seperti pada saat malam lailatul qadar.
Keutamaan Doa Nisfu Sya Ban
Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin mencoba memberikan pembahasan mengenai bacaan doa nisfu sya ban kepada anda – anda sekalian. Namun bukan hanya bacaan doanya saja yang akan saya sajikan, dimana saya juga keutamaan nisfu sya ban dan juga amalan – amalan malam nisfu sya’ban kepada anda-anda sekalian. Sehingga dengan anda melihat pembahan yang saya sajikan hari ini, anda bukan saja akan mengetahui bacaan doanya saja.

Untuk bacaan doanya sendiri, saya akan memberikan doa nisfu sya ban tulisan arab. Namun saya juga akan turut memberikan tulisan latinnya juga kepada anda, karena mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum cukup lancar didalam membaca tulisan arab. Maka dari itu saya juga ingin membantu anda yg belum cukup lancar didalam membaca tulisan arab dengan memberikan doa nisfu sya’ban latin juga kepada anda.

Selain itu, saya juga akan memberikan artinya juga dari bacaan doa tersebut, sehingga anda-anda sekalian ini bukan saja bisa membaca bacaan doa tersebut, melainkan juga anda akan mengetahui makna dari bacaan doa yg anda baca tersebut. Untuk anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap pembahasan yg akan saya sajikan hari ini, maka kita bisa langsung saja utk melihat pembahasan tersebut secara lengkap yg akan saya sajikan dibawah ini.

Doa Nisfu Sya Ban Tulian Arab, Latin, dan Artinya

Doa Nisfu Sya Ban
Amalan – Amalan Malam Nisfu Sya’ban

Advertisement

  • Membaca surat yasin selepas mengerjakan sholat fardhu maghrib sebanyak 3 kali.
  • Membaca doa nisfu sya’ban seperti bacaan doa yang telah disajikan diatas.
  • Memperbanyak bacaan istighfar, dzikir, dan juga shalawat.
  • Mengerjakan sholat sunnah nifsu sya’ban sebanyak 2 rakaat dgn sekali salam. (dengan bacaan doa sholat nifsu sya’ban sendiri adalah surat Al Kafirun pd rakaat pertama dan surat Al Ikhlas pada rakaat yg kedua)

Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

Siti Aisyah R.A. mengatakan :”Suatu malam Rasulullah SAW sholat, kemudian Beliau bersujud panjang, sehingga aku menyangka bahwa Rasulullah telah diambil. Karena curiga maka aku gerakan telunjuk Beliau, dan ternyata masih bergerak. Setelah usai sholat, Rasulullah berkata :”Hai Aisyah engkau tidak dpt bagian ?”. Lalu Aisyah menjawab :”Tidak ya Rasulullah, aku hanya berfirikan yg tidak – tidak (menyangka Rasulullah telah tiada) karena Engkau bersujud begitu lama.” Kemudian Beliau bertanya :”Tahukan engkau malam apa sekarang ini.” Aisyah berkata :”Rasulullah yang lebih tahu.” Rasulullah menjawab :”Malam ini adl malam nisfu sya’ban, Allah mengawasi hamba-Nya pd malam ini, maka Ia memaafkan mereka yg meminta ampun, memberi kasih sayang mereka yg meminta kasih sayang dan menyingkirkan orang – orang yg dengki.” (HR. Baihaqi)

Sebuah riwayat dari Aisyah R.A. mengatakan :”Sesungguhnya Allah Azza Wajalla turun ke langit dunia pd malam nisfu sya ban dan mengampuni (dosa) yg banyaknya melebih jumlah bulu domba Bani Kaib.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah)

Sebuah riwayat dari Abu Musa Al Asy’ari R.A. mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda :”Sesungguhnya Alla pd malam nisfu sya ban mengawasi seluruh makhluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang yg musyrik atau orang yg bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah)

Sebuah hadits riwayat Ali bin Abi Thalib jika Rasulullah SAW bersabda :”Jika malam nisfu sya’ban tiba, maka sholatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya. Karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata. Adakah yg beristighfar kepada-Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yg memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki, Adakah yg tertimpa bala, lalu Aku menyelamatkannya, demikian seterusnya sampai terbitnya fajar.” (HR. Ibnu Majah)

Sedangkan untuk malam nisfu sya’ban 2017 Inya Allah akan jatuh pada tanggal 11 mei, sedangkan untuk malam nifsu sya’ban 2018 akan jatuh pada tanggal 1 mei, dan malam nisfu sya’ban tahun 2019 akan jatuh pada tanggal 20 april. Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Keutamaan Doa Nisfu Sya Ban dan Amalannya yang pd kesempatan sekarang ini saya dapat sajikan kepada anda-anda sekalian semuanya.

Mudah-mudahan saja dari penjelasan yang baru saja saya sampaikan kepada anda diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat. Dan bagi anda yang kiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan, maka anda dapat baca juga doa sujud sajadah. Siapa tahu saja diantara anda-anda ini ada yang sedang mencari-cari bacaan doa tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya jika anda mencoba melihat kembali bacaan doa yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda yang sekiranya sudah mengetahui bacaan doa tersebut, maka anda masih dapat melihat – lihat kembali beberapa bacaan doa lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan pd kesempatan sebelumnya. Karena mungkin saja salah satu dari beberapa bacaan doa yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang pas atau sesuai dengan bacaan doa yang sedang dicar-cari oleh anda-anda sekalian selama ini.

Save

Advertisement