Manfaat dan Doa Setelah Sholat Dzuhur Secara Lengkap

Advertisement

Doa Setelah Sholat Dzuhur Secara Lengkap | Sholat dzuhur adalah sholat ke lima harian yg dikerjakan setiap harinya, dimana waktu sholat dzuhur sendiri ialah sekitar saat matahari telah tergelincir sampai dengan menjelangnya petang. Jumlah shalat dzuhur itu sendiri adalah 4 rakaat, sehingga sholat dzuhur ini dikerjakan dengan membaca doa tahiyatul awal pada saat rakaat yg kedua.

Adapun untuk tata cara sholat dzuhur itu sendiri sama persis seperti beberapa sholat lima waktu lainnya, dimana sebelum memulai sholat dzuhur kita membaca niat sholat dzuhur terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa iftitah dan juga surat Al Fatihah, setelah itu kita membaca suratan pendek. Pada rakaat yg kedua juga sama membaca surat Al Fatihah terlebih dulu lalu suratan pendek.

Namun setelah mengerjakan sujud yang kedua setelah duduk diantara dua sujud, kita kembali duduk untuk mengerjakan duduk tahiyatul awal. Kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan rakaat ke tiga dan ke empat hanya dengan membaca surat Al Fatihah saja pada setiap rakaatnya, dan diakhir rakaat kita membaca doa tahiyatul akhir lalu salam dua kali.
doa setelah sholat dzuhur
Jangan lupa pula setelah kita selesai mengerjakan sholat dzuhur, kita juga membaca doa setelah sholat dzuhur. Agar amal ibadah sholat yg kita kerjakan itu bisa lebih banyak, selain itu juga kita akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sehingga hal tersebut juga akan membuat keimanan kita kepada Allah SWT menjadi lebih meningkat lagi.

Bagi anda yang sekiranya sekarang ini belum mengetahui bacaan doa setelah sholat dzuhur, maka sebaiknya jika anda melihat terlebih dulu bacaan doa setelah sholat yang akan saya sajikan kpd anda – anda sekalian pada kesempatan hari ini. Dengan anda melihat terlebih dulu bacaan doa setelah sholat dzuhur yang saya berikan, maka anda akan mengetahui bacaan doa tersebut.

Manfaat dan Doa Setelah Sholat Dzuhur

Adapun untuk bacaan doa setelah sholat dzuhur yang dapat anda bacakan diantaranya adalah membaca suratan – suratan pendek seperti bacaan surat Al Falaq, Surat Al Ikhlas, doa sapu jagad, dan juga membaca suratan Al Fatihah. Karena tidak ada bacaan doa khusus yang dapat dibacakan setelah sholat dzuhur, sehingga anda-anda sekalian ini bisa membaca suratan – suratan pendek tersebut.

Advertisement

Didalam perintah yang diberikan oleh Allah SWT pastinya memiliki sebuah manfaat atau keistimewaan, dan salah satu perintah-Nya adalah mengerjakan sholat lima waktu. Dan salah satu sholat lima waktu tersebut adalah sholat dzuhur, didalam sebuah sholat dzuhur juga terdapat sebuah manfaat. Adapun untuk manfaat sholat dzuhur tersebut diantaranya adalah.

1. Waktu sholat dzuhur merupakan waktu dimana pintu langit itu sedang terbuka.

Dalam sebuah hadits diterangkan jika Nabi Muhammad SAW lebih suka melakukan berbagai macam amalan-amalan sholeh ketika waktu dzuhur, hal tersebut dikarenakan pada waktu sholat dzuhur itu waktu dimana pintu langit sedang dibuka. Beberapa contoh amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW ialah mengerjakan sholat sunnah ba’diyyah dan qabliyah dzuhur.

2. Dijauhkan dari siksa api neraka.

Rasulullah SAW bersabda yg menerangkan jika sholat dzuhur merupakan waktu dimana api neraka itu sedang dinyalakan, dan utk orang – orang yg mengerjakan sholat dzuhur itu dikharamkan atas api neraka yg menyala – nyala pd saat hari kiamat.

3. Manfaat sholat dzuhur untuk kesehatan

Waktu sholat dzuhur itu bertepatan dengan puncak waktu bagi manusia ketika bekerja, karena orang bekerja itu dimulai dari jam 8 pagi dan pada saat masuk waktu dzuhur berarti sudah bekerja kurang lebih selama 4 jam. Sehingga pada masuk waktu sholat dzuhur itu, tiba waktunya bagi seseorang itu untuk berhenti bekerja. Dengan mengambil air wudhu, maka kita akan kembali menjadi segar.

Dan dengan melakukan gerakan – gerakan sholat, menjadikan otot kita yang tegang akan menjadi lemas kembali. Selain itu juga kita akan merasa lebih rileks setelah mengerjakan sholat dzuhur, sehingga kita akan lebih siap lagi untuk melanjutkan pekerjaan kita hingga jam kerja pulang setelah kita selesai mengerjakan sholat dzuhur tersebut.

Dan saya rasa cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Manfaat dan Doa Setelah Sholat Dzuhur Secara Lengkap, semoga saja dari penjelasan tentang doa setelah sholat dzuhur dan juga manfaat sholat dzuhur dari saya itu bisa menambah pengetahuan anda. Namun untuk anda yg sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi.

Maka saya coba menyarankan kpd anda untuk coba lihat juga keutamaan sholat maghrib, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja manfaat sholat maghrib. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat kembali pembahasan yang baru saja saya sajikan juga beberapa waktu yg lalu.

Atau untuk anda yg sekiranya sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka saya coba sarankan kpd anda untuk mencoba melihat-lihat lagi sendiri beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan pula pada kesempatan sebelumnya. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan tersebut akan ada yg sesuai dengan yg dicari oleh anda.

Advertisement