Bagaimana Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha Yang Benar

Advertisement

Cara dan Doa Sholat Dhuha | Sholat dhuha termasuk dalam jenis sholat sunnah yang dikerjakan pada saat duha, yaitu pada saat matahari akan naik sekitar 7 hasta setelah terbit atau berkisar antara jam 7 pagi sampai waktu sholat zuhur. Untuk jumlah rakaat yang dikerjakan minimal adalah 2 rakaat dan maksimalnya adalah 12 rakaat, dan dikerjakan dengan jumlah 2 rakaat salam.

Keutamaan sholat dhuha sendiri adalah untuk melapangkan dada dari berbagai segala hal yang ada, terutamanya untuk urusan rizki. Karena ada banyak orang yang melakukan sholat tersebut untuk memperlancar rizkinya ataupun yang lainnya, serta tidak ketinggalan pula mereka membaca bacaan dari doa sholat dhuha selepas mengerjakan sholat tersebut.

Dan bagi anda yang ingin melakukan sholat sunnah dhuha namun anda belum mengetahui tata cara sholat dhuha ataupun bacaan doa setelah sholat dhuha. Maka anda bisa langsung saja melihat bacaan doa setelah shalat dhuha tersebut yang akan kami berikan pada kesempatan kali ini, barang kali saja dari bacaan doa sholat dhuha yang akan kami berikan kali ini dapat membantu anda.

Terutama untuk anda yang belum mengetahui bacaan doa setelah shalat dhuha. Bagi anda yg memang sekiranya ingin mengetahui secara lengkap tata cara sholat dhuha dan doa setelah shalat dhuha yg akan kami sajikan hari ini, maka langsung saja kalau begitu anda lihat bacaan doa setelah sholat dhuha dan tata cara sholat sunnah dhuha tersebut secara lengkap dibawah.

Sehingga untuk anda-anda sekalian yang memang ingin mengetahui bagaimana cara shalat dhuha yang benar, anda dapat mengetahuinya dengan melihat terlebih dulu pembahasan yang akan coba saya sajikan kepada anda-anda sekalian ini.

Advertisement

Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha Yang Benar

1. Membaca Niat Sholat Dhuha
niat sholat dhuha
2. Membaca Doa Iftitah
3. Membaca surat Al-Fatihah
4. Membaca suratan dalam Al-Qur’an (akan lebih baik juga membaca surat Asy-Syam pada rakaat pertama dan surat Al-lail pada rakaat kedua)
5. Ruku lalu membaca bacaan Tasbih
6. Setelah itu melakukan I’tidal
7. Sujud lalu membaca bacaan Tasbih
8. Duduk diantara dua sujud
9. Sujud kembali lalu membaca Tasbih
10. Lalu takbir kembali untuk melakukan rakaat ke dua dengan membaca surat Al Fatihah kembali hingga sujud kembali, setelah itu membaca tasyahud akhir.

Doa Sholat Dhuha Lengkap

doa sholat dhuha

Keutamaan Shalat Dhuha Bagi Diri Sendiri

  • Seperti halnya sholat – sholat sunnah yang lainnya, sholat dhuha juga memiliki beberapa keutamaan. Adapun untuk keutamaan shalat dhuha tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  • “Barang siapa sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan utknya istanah di surga” .(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  • “Siapapun yg mengerjakan sholat dhuha dgn langgeng, akan diampuni dosa – dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi)
  • Keutamaan shalat dhuha selanjutnya diterngkan dlm hadits dari Ummu Hani yg bunyinya :”Rasulullah SAW sholat dhuha 8 rakaat dan bersama setiap 2 rakaat.” (HR. Abu Daud)
  • Sebuah hadits dari Zaid bin Arqam yg bunyinya :”Rasulullah SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang sholat dhuha.” Lalu Beliau bersabda :”Shalat awwabin (dhuha) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari).” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi)
  • Allah SWT berfirman :”Wahai anak adam, jangan sekali – kali kamu malas mengerjakan empat rakaat sholat dhuha, karena dgn sholat dhuha tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR. Hakim dan Thabrani)
  • “Kemungkaran itu sedekah, cukuplah menggantikan smeua itu dgn dua rakaat sholat dhuha.” (HR. Muslim)

Itu dia untuk Tata Cara dan Doa Sholat Dhuha Yang Benar yang dapat sekiranya kami berikan kepada anda, jadi untuk anda – anda sekalian yang sekiranya ingin melakukan sholat sunnah dhuha namun belum mengetahui cara shalat dhuha, anda bisa melihat tata cara sholat dhuha diatas dan mengikuti bacaan-bacaan doa sholat dhuha yang sudah diberikan juga diatas.

Selain doa setelah sholat dhuha yg baru saja kami sajikan diatas, anda juga dapat mencoba utk melihat-lihat kembali beberapa bacaan doa lainnya yang barang kali saja belum anda ketahui, jadi tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk kembali melihat-lihat bacaan doa dari saya seperti doa niat shalat dhuha. Mungkin saja ada diantara anda-anda ini yg sedang mencari bacaan doa tersebut.

Atau untuk anda yg sekiranya sudah tahu bacaan niat sholat tersebut, maka sebaiknya anda coba lagi lihat-lhat doa – doa harian lainnya lagi. Siapa tahu saja anda akan dapat menemukan bacaan doa yang pas dengan yg sedang anda cari. Dan jangan lupa juga bagi anda untuk sering-sering berkunjung ke situs kami agar anda bisa terus mendapatkan update bacaan doa ataupun rukun-rukun islam yang mungkin belum anda ketahui.

Advertisement