Hadits dan Keutamaan Wakaf Bagi Umat Islam Lengkap

Advertisement

Hadits dan Keutamaan Wakaf | Pengertian wakaf itu sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu secara terminologi serta etimologi. Pengertian wakaf secara terminologi adalah menahan hak milik atas harta benda utk dikelola secara produktif serta didistribusikan hasilnya. Sedangkan pengertian wakaf secara etimologi adalah berasal dari kata Waaf yg memiliki arti habs yg artinya adalah berhenti, menahan, ataupun diam. Sehingga harta benda yg telah diwakafkan itu tidak boleh berkurang sedikit pun, karena hal tersebut harus dikelola serta hasilnya digunakan utk kesejahteraan serta kemaslahatan umat.

Umar bin Al Khaththab RA. pernah mendapatkan sebuah harta yg sangat berharga yaitu kebun kurma di Khaibar, kemudian Umar ingin menyedekahkan harta berharga tersebut. Lantas dia bertanya kpd Rasulullah SAW, kemudian Beliau bersabda :”Jika engkau mau, engkau dpt menahan pokoknya dan bersedekahlah dengannya.” (HR. Al Bukhari, At Tirmidzi, Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, dan An Nasa’i). Selain itu, terdapat pula hadits lainnya dari Umar RA. Nabi Muhammad SAW bersabda yg bunyinya :”Bersedekahlah dgn pokoknya, tidak boleh dijual, dihibahkan, dan diwarisi. Tetepi hasilnya dibelanjakan.” (HR. Al Bukhari)

Dari hadits tersebut telah diterangkan apabila benda ataupun barang yg telah diwakafkan itu akan ditahan, tidak boleh berpindah tangan atau kepemilikan kpd orang lain. Serta tidak boleh di jual, dihibahkan, ataupun diwariskan. Sedangkan yg diperbolehkan dari wakaf itu sendiri adalah memanfaatkan hasil atau buah dari benda ataupun harta pokok yg telah diwakafkan tersebut. Dengan kata lain, hasil dari benda ataupun harta pokok yg telah diwakafkan itu boleh dipergunakan. Seperti contohnya adalah buah dari hasil kebun yg telah diwakafkan, ataupun hasil sewa dari sebuah gedung yg telah diwakafkan.
hadits dan keutamaan wakaf
Adapun untuk keutamaan wakaf itu sendiri pastinya ada banyak sekali, dan bagi anda yg sekiranya belum mengetahui apakah keutamaan wakaf bagi umat islam. Maka sebaiknya jika anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai keutamaan wakaf yg pada kesempatan hari ini akan saya berikan. Barang kali saja setelah anda melihat keutamaan wakaf yg akan saya berikan untuk hari ini, maka anda jadi memiliki niatan untuk memwakafkan harta ataupun benda yg anda miliki. Dan bagi anda yg sekiranya ingin mengetahui secara lengkap keutamaan wakaf itu sendiri, maka silahkan anda melihat pembahasan keutamaan wakaf selengkapnya dibawah ini.

Keutamaan Wakaf Bagi Umat Islam Lengkap

Keutamaan wakaf bagi yang berwakaf

Pahala orang yg memwakafkan harta bendanya itu akan terus menerus mengalir, meskipun orang yg berwakaf tersebut telah meninggal. Hal tersebut berdasarkan sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yg bunyinya sebagai berikut :”Jika manusia mati, terputuslah segala amalannya terkrecuali tiga: sedekah jariah, ilmu yg dimanfaatkan, dan anak soleh yg mendoakannya.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Ahmad, An Nasa’i, dan At Tirmidzi)

Advertisement

Sesungguhnya diantar perbuatan dan kebaikan yg akan mengikuti orang mukmin setelah kematiannya adl ilmu yg diajarkannya, anak soleh yg ditinggalkannya, mushhaf yg diwariskannya, masjid yg didirikannya utk ibnu sabil, sungai yg dialirkannya, dan sedekah yg dikeluarkan dari hartanya sewaktu sehat dan hidup. Semuanya itu akan mengikuti setelah kematiannya. (HR. Ibnu Majah)

Dan orang yg berwakaf itu, hartanya yg telah diwakafkan akan diletakan dlm timbangan kebaikan pada saat hari kiamat nanti. Rasulullah SAW pernah bersabda yg bunyinya adalah :”Barangsiap yg mewakafkan kuda utk jihad sabilillah karena didasari iman dan membenarkan janji-Nya, maka makanan, minuman, kencing, serta kotoran kuda tersebut akan berubah menjadi amalan baik pd timbangannya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari, Ahmad, An Nasa’i)

Keutamaan Wakaf bagi penerimanya

Harta yg telah diwakafkan berserta dengan manfaat yg dihasilkan darinya tersebut dpt dinikmati oleh banyak orang, bahkan untuk generasi penerus kita. Hal tersebut dikarenakan oleh yg diambil ataupun dinikmati para penerima wakaf tersebut hanyanya manfaat dari hartanya saja. Sementara harta benda pokok yg telah diwakafkan itu masih tetap utuh sampai kapanpun.

Seperti contohnya adalah orang mewakafkan sebuah kebun kurma, maka orang-orang dapat memanfaatkan buah kurma tersebut. Akan tetapi pohon kurmanya tersebut tidak boleh ditebang, dijual, ataupun yg lainnya, sehingga nantinya akan masih tetap dapat menghasilkan buah yg tetap dapat dinikmati secara bersama-sama.

Demikian itu untuk sedikit penjelasan mengenai Hadits dan Keutamaan Wakaf Bagi Umat Islam yg sekiranya saya hari ini dapat sajikan kpd anda, semoga saja dari sedikit penjelasan hadits dan keutamaan wakaf dari saya tadi itu dapat memberikan manfaat yg besar kepada anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg sekiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan lainnya yang berhubungan dengan agama islam.

Mungkin anda akan tertarik untuk mencoba kembali baca juga arti mimpi menangis yg beberapa waktu lalu baru saja saya sajikan. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg merasa ingin mengetahui arti mimpi menangis menurut islam tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kemali melihat pembahasan yg pada kesempatan sebelumnya itu telah saya sajikan sebelumnya.

Atau bagi anda yg kiranya mungkin merasa sudah mengetahui penjelasan tersebut, maka saya menyarankan kepada anda untuk mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya dari saya yg sebelumnya juga telah diberikan. Mungkin saja salah satu dari beberapa penjelasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu ada yg sesuai dengan apa yg memang sekarang ini sedang dicari-cari oleh anda-anda sekalian.

Advertisement