Keutamaan dan Hikmah Berkurban Hari Raya Idul Adha

Advertisement

Keutamaan dan Hikmah Berkurban | Kurban atau yg disebut juga dengan Dhahiyyah ataupun Udhhiyah memiliki makna yaitu hewan sebelihan, ibadah kurban sendiri memiliki makna sebuah ibadah yg dilakukan umat islam dalam penyembelihan hewan ternak yg dipersembahkan utk Allah SWT. Ibadah kurban sendiri dikerjkaan pada saat bulan Dzulhijjah didalam kalender islam, yg tepatnya ialah pada tanggal 10 dzulhijjah atau hari nahar serta tanggal 11, 12, serta 13 dzuhijjah atau hari tasyrik. Adapun perintah utk melakukan kurban ialah terdapat didalam surat Al Kautsar ayat 2 yg isinya adalah “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah atau Anhar.
hikmah berkurban
Selain itu, adapula hadist yg memerintahkan pula kepada kita untuk berkurban yg bunyinya :”Siapa yg mendapati dirinya dlm keadaan lapang, lalu ia tidak berkurban. Maka janganlah dia mendekati tempat sholat ied kami”. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah). Maka dari itu, utk anda yg sekiranya memiliki harta yg lebih, alangkah baiknya apabila anda sisihkan sebagian harta anda tersebut utk melakukan ibadah kurban. Karena mengamalkan ibadah kurban juga terdapat banyak hikmah berkurban yg bisa didapatkan bagi seseorang yg berkurban. Dan utk anda yg sekiranya belum mengetahui apa saja hikmah ataupun keutamaan kurban, maka ada baiknya jika anda mencoba terlebih dulu utk melihat keutamaan dan hikmah berkurban yg akan coba saya bahas hari ini.

Hikmah Berkurban Hari Raya Idul Adha

  • Mendapatkan kebaikan dari setiap helai bulu hewan yg dikurbankan, Zaid ibnu Arqam berkata :’Wahai Rasulullah, apakah kurban itu ? Rasulullah SAW menjawab : kurban merupakan sunahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim AS. Mereka menjawab : Apa hikmah berkurban yg akan kita peroleh ? Rasulullah kembali menjawab :Setiap dari satu helai rambutnya itu merupakan satu kebaikan.” Mereka menjawab : kalai bulunya ? Rasulullah SAW : Setiap helai bulunya jg satu kebaikan”. (HR. Ahmad Ibu majah)
  • Berkurban merupakan ciri keislaman seseorang, sabda Rasulullah SAW dari Abu Hurairah RA. yg bunyinya :”Barang siapa yg mendapati dirinya dlm keadaan lapang, lalu dia tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat sholat Ied kami”. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
  • Kurban merupakan salah satu dari ibadah yg paling disukai oleh Allah SWT. hadist dari Aisyah, sabda Rasulullah SAW berkata :”Tidak ada amalan anak cucu adam pd hari raya kurban yg lebih disukai Allah SWT melebihi dari mengucurkan darah atau menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya pd hari kiamat nanti hewan tersebut akan datang lengkap dgn tanduk, kuku, serta bulu-bulunya. Sesungguhnya, darahnya pun akan sampai kpd Allah SWT sebagai kurban dimanapun hewan itu disembelih sebelum darahnya samapi ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya “. (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi)
  • Sebagai misi kepedulian terhadap sesama umat muslim (menggembirakan kaum dhuafa), “Hari raya kurban merupakan hari utk makan, minum, dan dzikir kepada Allah SWT”. (HR. Muslim)
    Berkurban merupakan salah satu ibadah yg diutamakan, “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah”. (QS. Al Kautsar ayat 2)

Mungkin sekian dulu kiranya utk pembahasan mengenai Keutamaan dan Hikmah Berkurban Hari Raya Idul Adha dari saya, semoga saja sedikit penjelasan mengenai hikmah berkurban yg baru saja saya sajikan diatas itu bisa memberikan manfaat yg besar kepada anda-anda sekalian. Dan apabila anda merasa masih ingin kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lain yg mungkin belum anda ketahui, alangkah baiknya apabila anda mencoba utk kembali melihat bacaan surat Al Qadr. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg lupa dengan bacaan surat tersebut, dan anda ingin mencoba kembali membacanya.

Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali melihat bacaan surat tersebut, namun utk anda yg sekiranya sudah mengetahui bacaan surat tersebut. Maka ada baiknya apabila anda mencoba kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan, karena saya sudah banyak sekali menyajikan beberapa pembahasan mengenai bacaan doa ataupun hal lainnya yg berhubungan dengan agama islam. Utk itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk melihat-lihat kembali pembahasan yg sudah pernah saya berikan pd kesempatan sebelumnya itu.

Advertisement