Pengertian Hikmah Pernikahan Dalam Islam Secara Lengkap

Advertisement

Hikmah Pernikahan Dalam Islam | Pernikahan adalah menyatukan sepasang wanita dan laki-laki dalam satu ikatan suci yang sah secara agama dan juga negara. Menurut istilah lainnya juga dpt memiliki arti ijab kabul atau akad nikah. Allah SWT itu menciptakan manusia saling berpasangan serta menghalalkan pernikahan dan mengharamkan perbuatan zina. Dan hukum pernikahan itu sendiri terbagi menjadi lima bagian, yaitu Jaiz, Sunnah, Wajib, Makruh, dan yang terakhir haram.

Hukum nikah jaiz memliki arti boleh menikah dan juga boleh tidak, jaiz sendiri adalah hukum dasar pernikahan. Sedangkan hukum nikah sunnah itu dikarenakan apabila seorang telah berkeinginan utk menikah serta memiliki kemampuan utk memberikan nafkah baik lahir ataupun batin. Sedangkan hukum nikah wajib dikarenakan bagi yg memiliki kemampuan memberikan nafkah dan ada kekhawatiran akan melakukan perbuatan zina bila tidak melangsungkan pernikahan.

Hukum nikah makruh itu bagi seseorang yg tidak mempu memberikan nafkah, dan yang terakhir adalah hukum nikah yang haram karena apabila terdapat sebuah motivasi menikah karena ada niatan yg jahat, seperti contohnya memiliki niatan untuk menyakiti sang istri ataupun keluarganya dan beberapa niat jelek lainnya. Sedangkan untuk rukun nikah itu sendiri ada lima, yang diantaranya adalah calon pengantin laki-laki dan wanita, wali calon pengantin wanita, dua orang saksi laki-laki yg adil, dan yang terakhir adalah ijab kabul.

Adapun pernikahan itu sendiri memiliki sebuah hikmah, dan bagi anda yg sekiranya sekarang ini belum mengetahui pengertian hikmah pernikahan. Maka sebaiknya jika anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai pembahasan hikmah pernikahan dalam islam yang akan coba saya bahas untuk anda-anda sekalian hari ini. Sehingga utk anda yg belum mengetahui apa saja hikmah pernikahan itu sendiri, maka anda akan mengetahui apa saja hikmah pernikahan tersebut.

Dan barang kali saja anda jadi memiliki niatan untuk menikah dengan pasangan anda setelah anda mengetahui hikmah pernikahan tersebut. Dan bagi anda yg sekiranya memang ingin mengetahui secara lengkap mengenai pengertian hikmah pernikahan itu sendiri, maka alangkah baiknya jika anda langsung saja melihat pembahasan mengenai hikmah pernikahan yang pada kesempatan hari ini akan saya sajikan secara lengkap dibawah ini.

Advertisement

hikmah pernikahan dalam islam

Pengertian Hikmah Pernikahan Dalam Islam

  • Cara yg halal serta suci utk menyalurkan nafsu syahwatnya melalui ini dari pada melakukan tindakan perzinaan, pelacuran, dan lainnya yang sudah jelas dibenci oleh Allah SWT, dan hal tersebut pastinya teramat sangat merugikan.
  • Agar mendapatkan ketenangan hidup, kententraman, dan juga kasih sayang.
  • Memelihara kesucian diri kita.
  • Melaksanakan tuntutan syariat.
  • Membuat seorang keturunan yg berguna utk agama, negara, dan juga bangsa.
  • Menjadi media pendidikan, seorang anak yg dibesarkan tanpa adanya orang tua akan lebih mudah utk membuat anak tersebut terjerumus kedalam kegiatan – kegiatan yg tidak bermoral. Oleh karena itu, sebuah keluarga yg direkomendasikan dalam islam terlihat tidak cukup sulit serta sesuai sebagai petunjuk serta pedoman utk anak-anak.
  • Mewujudkannya kerjasama serta rasa tanggung jawab.
  • Dapat lebih mempererat tali silaturahmi.

Kiranya hanya itu saja utk pembahasan mengenai Pengertian Hikmah Pernikahan Dalam Islam Secara Lengkap yg pada kesempatan hari ini dpt saya sajikan kpd anda-anda sekalian, semoga saja dari pembahasan mengenai hukum pernikahan tersebut dpt memberikan tambahan ilmu kepada anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg sekiranya ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya selain dari pembahasan hukum pernikahan.

Maka silahkan saja bagi anda untuk kembali baca juga doa untuk suami agar setia, barang kali saja setelah anda menikah suami anda mulai terlihat kurang setia kepada anda. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk membaca doa tersebut setelah anda selesai shalat. Namun untuk anda yg sekiranya sudah mengetahui bacaan doa tersebut, maka saya menyarankan kepada anda – anda sekalian utk kembali mencoba melihat pembahasan lainnya dari saya.

Barang kali saja salah satu diantara pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan apa yg sedang dicari oleh anda. Atau bagi anda yg sudah melihat-lihat pembahasan yg sebelumnya sudah pernah saya berikan namun anda masih belum juga dapat menemukan pembahasan yg sesuai dengan yg sedang dicari oleh anda. Maka anda harus menunggu udpate pembahasan terbaru dari saya yang akan terus saya sajikan utk setiap harinya.

Advertisement