Hukum Aqiqah Dalam Islam Pada Saat Dewasa

Advertisement

Hukum Aqiqah Dalam Islam Pada Saat Dewasa – Aqiqah atau yang dalam bahasa indonesia Akikah merupakan salah satu bentuk pengurbanan hewan berdasarkan syariat islam sebagai bentuk penebusan atau penggadaian seorang bayi yang baru saja dilahirkan. Hal tersebut dilakukan untuk melepaskan kekangan jin yang mengikuti pada saat sang bayi lahir. Hukum menjalankan aqiqah ini sendiri merupakan sunnah muakkadah bagi anda yang memang sudah memiliki finansial, hal ini berdasarkan oleh beberapa pendapat dari jumuhur ulama menurut sebuah hadist. Meskipun ada beberapa ulama pula yang mengatakan hukumnya itu wajib untuk menjalankan aqiqah.
hukum aqiqah dalam islam
Waktu penyembelihan hewan aqiqah ini sendiri dilakukan saat hari ke tujuh dari kelahiran sang anak dengan jumlah hewan yang dikurbankan ialah berjumlah dua ekor kambing untuk anak laki-laki, sedangkan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Dan bagi anda yang memiliki anak laki-laki namun anda tidak mampu untuk menyembeli dua ekor kambing, maka dapat memotong satu ekor kambing saja untuk aqiqah dari anak laki-laki anda. Dan bagimana hukumnya apabila aqiqah ini dilakukan pada saat dewasa. Ulama malikiyah memiliki pendapat apabila aqiqah menjadi gugur apabila tidak dilaksanakan pada saat hari ke tujuh dari kelahiran sang anak.

Hukum Aqiqah Dalam Islam Saat Dewasa

Namun ulama hambali memberikan pendapat jika seseorang lupa melakukan a    qiqah pada hari ketujuh ke lahiran anak, maka bisa digantikan pada hari ke 14, dan bisa pula di gantikan pada hari ke 21. Dan bagi seorang yang telah melahirkan anak dalam ke adaan fakir atau tidak mampu, maka perintah untuk melakukan aqiqah ini tidak dianjurkan. Hal ini berdasarkan pada firman Allah QS. At Taghobun ayat 16 yang berbunyi “Bertakwalah kepada Allah SWT semampu kalian.” Namun apabila ketika tiba waktu dilakukannya aqiqah ini anda dalam keadaan yang mampu, maka anda wajib melakukan perintah tersebut.

Demikian itu untuk pembahasan tentang Hukum Aqiqah Dalam Islam yang sekiranya dapat kami sajikan untuk anda hari ini, semoga saja dari sedikit penjelasan tentang aqiqah yang baru saja kami sajikan diatas ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi anda semuanya. Dan bagi anda yang sekiranya masih ingin melihat kembali informasi yang berhubungan dengan agama islam, maka anda bisa langsung mencoba untuk melihat pengertian rukun iman yang telah kami bahas pada kesempatan sebelumnya. Barang kali saja diantara anda ini ada yang belum mengetahui apa itu rukun iman, maka dari itu anda bisa melihatnya secara lengkap pada artikel yang sudah pernah kami berikan sebelumnya itu.

Advertisement