Apa Hukum Berkurban Idul Adha Menurut Islam Lengkap

Advertisement

Apa Hukum Berkurban Idul Adha | Berkurban merupakan salah satu bentuk ibadah didalam islam dengan bentuk penyembelihan seekor hewan ternak yg dipersembahkan kpd Allah SWT, ibadah kurban ini dikerjakan ketika dalam bulan dzulhijjah. Anda-anda sekalian pastinya sudah ada yg mengetahui bagaimana latar belakang terjadinya ibadah kurban, dimana terdapat dua peristiwa yg melatar belakangi terjadinya ibadah kurban. Yaitu peristiwa mengenai putra Nabi Adam alaihis salam yaitu Habil atau Abel dan jg Qabil atau Cain, serta peristiwa Nabi Ibrahim yg mengorbankan putranya Nabi Ismail karena perinta Allah SWT.

Adapun untuk dalil tentang berkurban sendiri sudah diterangkan didalam Al Qur’an pada surat Al Kautsar : 2 yg bunyinya adalah Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, serta berkurbanlah (anhar). Dan ada pula sebuah hadist yg bunyinya :”Barang siapa yg mendapati dirinya dlm keadaan yg lapang, kemudian ia tidak berkurban. Maka janganlah dia mendekati tempat sholat Ied saya”. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
hukum berkurban idul adha
Dan bagi mereka yg akan melakukan ibadah kurban juga harus mengetahui syarat hewan kurban itu sendiri, karena tidak semua hewan ternak itu dapat di jadikan hewan kurban. Jika hewan yg akan anda kurbankan itu ternyata tidak memenuhi syarat untuk hewan kurban, maka ibadah kurban yg anda lakukan itu sama halnya sia-sia saja atau sama dengan sedekah pada hari biasa. Maka dari itu bagi anda yg ingin berkurban harus benar-benar memahami syarat hewan kurban itu sendiri.

Namun apa hukum berkurban itu sendiri, apakah kurban itu wajib atau sunnah. Untuk penjelasan mengenai hukum berkurban idul adha ini merupakan topik pembahasan yg akan saya berikan kpd anda untuk hari ini. Barang kali saja ada diantara anda-anda sekalian ini yg belum mengetahui apa hukum berkurban itu, maka dari itu alangkah baiknya jika anda melihat terlebih dulu pembahasan yg akan saya sajikan untuk hari ini berikut.

Hukum Berkurban Idul Adha Menurut Islam

Seperti yg sudah diterangkan didalam Al Qur’an surat Al Kautsar jika kita itu harus mendirikan sholat dan juga berkurban, namun setelah kita melihat sebuah hadist dari Ahmad dan Ibnu Majah yg telah dijelaskan tadi diatas yaitu barang siapa yg dalam keadaan lapang. Hal tersebut menunjukan jika seseorang yg sedang memiliki harta lebih, diperintahkannya untuk berkurban. Karena jika mereka tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat sholat Ied. Dari penjelasan hadist tersebut, menyimpulkan jika hukum berkurban idul adha ialah sunnah. Namun sunnah yang diutamakan atau sunnah mu’akkad.

Jadi untuk anda-anda yg memang memiliki harta lebih, dimana anda sudah memenuhi kewajiban anda untuk menafkahi keluarga dan segala kebutuhan anda sudah terpenuhi. Dan ternyata anda masih memiliki harta lebih, maka diperintahkan kepada anda-anda sekalian ini untuk melakukan ibadah kurban. Karena akan sangat dirugikan bagi mereka yang sebenarnya mampu berkurban namun mereka tidak melakukannya.

Advertisement

Adapun untuk penjelasan mengenai Apa Hukum Berkurban Idul Adha Menurut Islam dari saya ini kiranya cukup sekian saja dulu, mudah-mudahan saja sedikit penjelasan mengenai hukum berkurban idul adha yg baru saja saya sampaikan untuk anda tadi itu bisa menambah pengetahuan anda sekalian. Dan apabila anda merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan lainnya yg mungkin belum anda ketahui, maka langsung saja bagi anda utk coba baca juga hikmah kurban idul adha yg beberapa waktu lalu telah kami bahas khusus buat anda-anda sekalian.

Mungkin saja anda juga masih belum mengetahui mengenai hikmah kurban itu sendiri, maka dari itu anda bisa melihat penjelasannya pada pembahasan yg sudah pernah saya sajikan pd kesempatan sebelumnya itu. Atau untuk anda yg mungkin merasa sudah mengetahui penjelasan mengenai hikmah kurban, maka ada baiknya apabila anda kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lain lagi yg sudah pernah kami sajikan. Mungkin saja salah satu dari beberapa penjelasan yg sudah pernah saya berikan itu ada yg sesuai dengan yg memang sedang anda cari-cari.

Advertisement