Apakah Hukum Islam Suami Istri Tidur Terpisah Secara Lengkap

Advertisement

Hukum Islam Suami Istri Tidur Terpisah | Didalam sebuah hubungan pernikahan pastinya akan selalu ada konflik atau perbedaan pendapat, hal tersebut memang sudah lumrah terjadi. Karena didalam setiap hubungan pastinya akan ada hal tersebut, bahkan didalam hubungan pertemanan yg tidak terlalu terikat saja sering terjadi sebuah konflik. Apalagi sebuah hubungan rumah tangga yang hubungannya sudah sangat erat antara suami dan istri.

Perbedaan pendapat didalam hubungan rumah tangga tersebut tidak menutup kemungkinan memicu hal-hal yang tidak diinginkan seperti misalnya kekerasan dalam rumah tangga yg biasanya dilakukan oleh seorang suami, pasangannya berkata keras dan kasar, kemudian juga pasangan suami istri yang tidur secara terpisah, dan beberapa hal lainnya lagi yang umumnya akan terjadi bila pasangan suami istri mengalami sebuah konflik atau perbedaan pendapat.

Didalam agama Islam pastinya terdapat hal-hal yang mendasari akan hal tersebut, karena Allah SWT sudah menjelaskan semua hal yang berhubungan dengan permasalahan duniawi secara lengkap didalam Al Qur’an ditambah dengan adanya sebuah hadist dari para sahabat dan Rasulullah SAW yang akan lebih memperkuat penjelasan mengenai setiap permasalahan yang ada didunia. Menjadikan umat manusia akan menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.

Dan pada kesempatan sekarang ini, saya ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai hukum suami istri tidur terpisah dalam Islam. Karena mungkin saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang mengalami perbedaan pendapat dengan pasangan rumah tangganya, kemudian mengakibatkan sampai anda harus tidur terpisah dengan pasangannya. Lalu bagaimana padangan Islam mengenai hal tersebut, apakah diperbolehkan atau tidak.

Bagi anda yang sekiranya mungkin sekarang ini belum mengetahui apakah hukum Islam suami istri tidur terpisah, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba utk melihat terlebih dulu pembahasan yang akan coba saya sajikan hari ini. Sehingga bagi anda yang belum mengetahui akan hal tersebut jadi bisa mengetahui secara lengkap, dan tentunya anda dapat melakukan hal – hal yang memang diperbolehkan didalam agama Islam.

Advertisement

Hukum Islam Suami Istri Tidur Terpisah
Apakah Hukum Islam Suami Istri Tidur Terpisah

Allah SWT telah menjelaskan panduan pada saat terjadi permasalahan didalam rumah tangga, dan hal tersebut harus diselesaikan sama persis dgn tahapan – tahapan yg telah ditepatkan. Sebagaimana dengan hukum Islam suami istri tidur terpisah itu telah dijelaskan dalam firman Allah SWT yg artinya :”Wanita – wanita yg kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkan mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah km mencari-cari jalan utk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. An Nisa ayat 34)

Pengeritan nusyuz adalah sebuah sikap tidak patuh seorang istri kepada suaminya, dan tidak mau melaksanakan kewajibannya. Pada saat seorang istri tidak menjalankan kewajibannya dengan benar, kemudian sang istri juga tidak mau mentaati suaminya. Maka dapat dilakukan tiga tahapan yg telah diajarkan didalam Islam, dengan catatan jika sang suami merupakan suami yang soleh yg taat beragama dan memerintahkan terhadap hal-hal yang baik.

Pertama, seorang suami dapat menasehati istrinya terlebih dulu ketika sang istri tidak patuh atau taat kepada suami. Ketika suami menasehati istrinya, hal tersebut akan membuka pintu komunikasi bagi pasangan suami istri. Dan hal tersebut diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan atau konflik yang terjadi pada pasangan tersebut dengan cara yang lebih tenang, damai, dan saling bertukar pendapat sehingga dpt menghasilkan solusi yang tepat dan baik.

Kedua, ketika nasehat yang diberikan sang suami tersebut tidak didengarkan oleh sang istri, maka suami dapat melakukan hal pisah ranjang atau tidur secara terpisah dengan istri sebagai bentuk hukuman atas perbuatan sang istri. Dengan tidur secara terpisah, diharapkan pasangan tersebut dapat merenung atau introspeksi diri atas perbuatan yang telah dilakukan sebelumnya. Dan hal tersebut diharapkan dapat menyadarkan sang istri akan kesalahannya.

Ketiga, ketika dua cara diatas telah dijalankan namun sang istri masih belum patuh juga, maka anda dapat memukul sang istri sebagai bentuk hukuman atas perbuatannya. Memukul disini bukan bertujuan utk melukai sang istri, melainkan hanya untuk membuat sang istri takut dengan cara melakukan pukulan yang ringan-ringan saja. Sehingga diharapkan hal tersebut dpt membuka hati sang istri utk lebih patuh atau taat lagi kepada sang istri.

Sebagai catatan, setiap pasangan suami istri tidak perlu melakukan ketiga tahapan tersebut ketika terjadi sebuah permasalahan, apabila pada saat melakukan tahap pertama permasalahan sudah selesai, maka tidak diperbolehkan utk melakukan ke tahap berikutnya. Seperti yang telah dijelaskan di akhir ayat QS An Nisa ayat 34 yg berbunyi “Maka janganlah km mencari – cari jalan utk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Sehingga hukum Islam suami istri tidur terpisah itu diperbolehkan atau di halalkan, dengan catatan hal tersebut bertujuan sebagai bentuk penyelesaian masalah dalam rumah tangga. Bukan dilakukan semata – mata karena tanpa adanya alasan atau hal yang lainnya. Dengan ini selesai sudah utk penjelasan mengenai Apakah Hukum Islam Suami Istri Tidur Terpisah Secara Lengkap yang sekiranya saya dpt sajikan kepada anda utk hari ini.

Bagi anda yang kiranya mungkin merasa masih ingin kembali melihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya, maka anda bisa baca juga hukum fitnah dalam Islam. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui akan hal tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk kembali melihat pembahasan yang pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan kepada anda sekalian.

Dan jika anda kiranya merasa sudah mengetahui akan hal tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda kembali mencoba utk melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Karena sudah begitu banyak pembahasan yg telah saya berikan pada kesempatan sebelumnya, dan mungkin saja salah satu diantara pembahasan yg telah saya berikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari oleh anda.

Save

Save

Advertisement