Pengertian Hukum Karma Dalam Islam Secara Lengkap

Advertisement

Karma Dalam Islam | Pengertian karma adalah efek dari tindakan, perilaku, sikap dari kehidupan yg lampau dan yg menentukan nasib sekarang ini, makna dari karma itu sendiri juga berkaitan erat dengan kelahiran kembali atau reinkarnasi. Kata karma sendiri berasal dari bahasa sanskerta “karaman” yang memiliki makna bertindak, tindakan, atau kinerja. Dan konsep tersebut lebih dikenal sebagai ajaran yang ada didalam agama Hindu Buddha.

Dimana terdapat sebuah kitab hukum karma yang merupakan bagian dari kitab tripitaka yg menjelaskan tentang adanya hukum karma atau sebab dan akibat. Didalam agama Buddha diterangkan jika takdir adalah karma dari kumpulan perbuatan seseorang dimasa lalu. Dimana karma masa lalu akan menjadi takdir di kehidupan yang sekarang. Sedangkan utk karma sekarang ini adalah pembentukan utk kehidupan selanjutnya.

Namun bagaimana pandangan Islam mengenai hukum karma itu sendiri, apakah memang ada hukum karma atau tidak didalam Islam. Bagi anda yang sekiranya mungkin masih belum mengetahui akan hal tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba melihat dulu penjelasan tentang hukum karma dalam Islam yg hari ini akan coba saya jelaskan. Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hukum karma menurut Islam.

Maka anda akan mengetahui apakah didalam Islam itu memang menerangkan adanya hukum karma itu sendiri. Karena jangan sampai nantinya kita akan menerapkan sebuah ajaran yang memang bukan terdapat didalam ajaran agama Islam. Dan bagi anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap dan jelas penjelasan mengenai hukum karma menurut Islam, maka kita langsung saja simak penjelasan singkatnya yang akan saya sajikan dibawah ini.

Hukum Karma Dalam Islam
Hukum Karma Dalam Islam

“Barang siapa yg mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya ia akan melihat balasannya. Dan barang siap yg mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya ia akan melihat balasannya pula.” (QS. Al Zalzalah ayat 7-8)

Advertisement

“Barang siapa membawa amal yg baik, maka baginya pahala sepuluh kali lipat amalnya, dan barang siapa yg membawa perbuatan jahat, maka ia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dgn kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak daniaya (dirugikan).” (QS. Al An’am ayat 160)

Selain penjelasan dari dua ayat Al Qur’an diatas, masih terdapat banyak lagi penjelasan mengenai hal tersebut didalam Al Qur’an. Dan didalam agama Islam itu sendiri sebenarnya tidak ada yang namanya hukum karma, melainkan hanya seseorang akan mendapatkan apa yang telah ia lakukan. Seperti yang telah dijelaskan dalam dua ayat Al Qur’an diatas, jika kita menanamkan kebaikan, maka niscaya kita akan mendapatkan kebaikan pula.

Ditambah lagi, hukum karma itu sendiri termasuk kedalam rukun iman yang terdapat dalam agama Hindu Buddha, sehingga sudah sewajarnya apabila kita tidak perlu mempermasalahkan akan adanya hukum karma itu sendiri. Seperti yang telah diajarkan didalam agama Islam, sebaiknya kita banyak – banyak menanamkan kebaikan. Dengan kita banyak menanam kebaikan, maka tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk mendapatkan kebaikan pula.

Mungkin cuma itu saja utk sedikit penjelasan mengenai Pengertian Hukum Karma Dalam Islam dari saya pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai hukum karma dalam Islam yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu bisa menambah referensi tentang agama Islam bagi anda. Dan bagi anda yang kiranya mungkin masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang berhubungan dengan agama Islam.

Maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali utk baca juga pengertian hibah dalam Islam, barang kali saja diantara anda – anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui apa arti hibah itu sendiri. Maka dari itu alangkah baiknya jika anda mencoba utk kembali melihat pembahasan yg telah saya sajikan pada kesempatan sebelumnya, barang kali saja pembahasan tersebut memang dpt membantu anda – anda sekalian.

Namun bagi yg merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka silahkan saja bagi anda utk kembali mencoba melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang sedang di cari – cari oleh anda. Atau mungkin juga anda ingin mencoba menunggu update pembahasan terbaru lainnya yg akan coba terus saya sajikan utk setiap harinya.

Save

Advertisement