Penjelasan Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam Lengkap

Advertisement

Penjelasan Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam | Anjing adalah salah satu jenis hewan mamalia dari keturunan serigala, terdapat banyak jenis ratusan ras anjing yang ada. Dan dari berbagai macam ras tersebut membuat penampilan anjing menjadi berbeda – beda, mulai dari warna bulu, jenis bulu, hingga bentuk bulunya. Dan hewan mamalia ini juga termasuk salah satu hewan mamalia yang pintar, karena dengan pelatihan khusus hewan ini bisa dimanfaatkan ketrampilannya.

Di negara – negara non muslim banyak memanfaatkan jasa anjing untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari menjaga rumah, menangkap hewan buruan, hingga membantu kepolisian untuk menangkap penjahat ataupun mencari barang bukti yang disembunyikan. Selain itu juga banyak orang non muslim yang senang memelihara anjing, karena menganggap anjing itu bisa menjadi salah satu sahabat yang baik untuk manusia.

Namun bagaimana hukum memelihara anjing dalam Islam, apakah sebagai umat muslim kita ini diperbolehkan untuk memelihara anjing atau tidak. Seperti yang kita ketahui jika anjing itu termasuk salah satu hewan yang najis, sehingga ketika secara tidak sengaja ataupun sengaja memegang anjing. Maka kita harus membersihkan atau mensucikan bagian diri kita yang terkena oleh anjing menggunakan tanah sebanyak tujuh kali.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai hukum memelihara anjing menurut Islam. Karena siapa tahu saja ada diantara para umat muslim sekalian yang sekarang ini tertarik ingin memelihara anjing, maka alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hukum memelihara anjing menurut Islam yang pada kesempatan hari ini akan coba saya bahas kepada anda-anda sekalian.

Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hukum memelihara anjing tersebut, maka utk anda yang memiliki niatan memelihara anjing. Anda sudah memiliki acuan mengenai apakah sebaiknya anda memelihara anjing atau tidak. Dan bagi anda yang sekiranya merasa sudah tidak sabar ingin mengetahui pembahasan secara lengkap mengenai hukum memelihara anjing menurut Islam, maka silahkan saja bagi anda utk melihat penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

hukum memelihara anjing dalam islam
Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam Lengkap

Sebuah hadist yang artinya :”Barang siapa memanfaatkan anjing bukan utk maksud menjaga hewan ternak atau bukan dilatih sebagai anjing utk berburu, maka setiap hari pahala amalannya berkurang sebesar dua qiroth.” (HR. Muslim dan Bukhari)

“Barang siapa memanfaatkan anjing selain anjing utk menjaga hewan ternak, anjing (pintar) utk berburu, atau anjing yg disuruh menjaga tanaman, maka setiap hari pahalanya akan berkurang sebesar satu qiroth.”(HR. Muslim) Kata ath Thibiy, ukuran utk qiroth adalah sebesar gunung uhud.

Dari penjelasan kedua hadist tersebut sudah dpt kita ambil kesimpulan apabila hukum memelihara anjing dalam Islam adalah haram hukumnya, melainkan jika kita memelihara anjing dengan tujuan untuk menjaga tanaman, menjaga hewan ternak, dan sebagai hewan berburu itu masih diperbolehkan. Dengan catatan kita tidak bersentuhan langsung dengan anjing tersebut, karena seperti yang sudah dijelaskan oleh saya diatas, jika tubuh dan air liur anjing itu adalah najis.

Sehingga pada saat kita bersentuhan dengan anjing, maka alangkah baiknya apabila kita sesegera mungkin mensucikan bagian tubuh yang bersentuhan dengan anjing tersebut menggunakan tanah sebanyak tujuh kali. Lantas bagaimana hukum memelihara anjing untuk menjaga rumah, apakah memanfaatkan anjing untuk menjaga rumah itu sama halnya dengan memanfaatkan anjing yang telah disebutkan sebelumnya diatas.

Hukum memelihara anjing untuk menjaga rumah itu sendiri masih belum begitu jelas, karena ada yang berpendapat memperbolehkan namun juga ada yang berpendapat tidak. Namun alangkah baiknya apabila kita tidak memerlukan anjing untuk menjaga rumah, karena cukup dengan berdoa kepada Allah SWT dengan memohon agar rumah kita selalu dijaga. Insya Allah rumah kita akan selalu terlindungi dari berbagai macam hal yang buruk.

Terlebih lagi jika kita banyak melalukan berbagai macam ibadah didalam rumah, seperti misalnya berdzikir, membaca Al Qur’an dan sebagainya, maka Allah SWT akan senantiasa menjaga rumah hambanya tersebut. Saya rasa cukup sekian saja dulu untuk Penjelasan Hukum Memelihara Anjing Dalam Islam Lengkap, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai hukum memelihara anjing yang baru saja saya jelaskan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

Untuk anda yang sekiranya mungkin masih ingin kembali melihat beberapa penejelasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan sebelumnya, dimana anda dpt mencoba utk kembali baca juga hukum puasa ramadhan untuk orang sakit. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui akan pembahasan tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba utk kembali melihat pembahasan yang telah saya berikan sebelumnya itu.

Namun apabila anda merasa sudah mengetahui penjelasan mengenai pembahasan tersebut, maka anda bisa kembali mencoba utk melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Mungkin saja salah satu diantara pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang memang sedang dicari – cari oleh anda selama ini. Atau mungkin jg anda dpt mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru yg akan terus saya sajikan setiap harinya.

Save

Advertisement