Apakah Hukum Mewarnai Rambut Dalam Islam Lengkap

Advertisement

Hukum Mewarnai Rambut | Mewarnai rambut mungkin bukan lagi trend yg baru lagi, karena memang hal tersebut sudah banyak dilakukan sejak dulu. Namun ketika ada seorang pablik figur atau artis yang melakukan cat rambut atau mewarnai rambut, tidak sedikit masyarakat biasa ataupun idola dari pablik figur tersebut mengikutinya. Sehingga tidak jarang hal tersebut akan kembali menjadi sebuah trend, karena banyak orang yang melakukan hal tersebut.

Namun bagaimana pandangan Islam mengenai hukum mewarnai rambut itu sendiri, baik itu mewarnai rambut yang belum beruban ataupun mewarnai rambut beruban dengan warna hitam. Karena didalam Islam itu memiliki penjelasan yang telah dijelaskan dalam sebuah sabda Rasul dan juga Al Qur’an, sehingga alangkah baiknya bagi kita umat muslim untuk mengikuti apa yang telah dijelaskan didalam Al Qur’an serta perintah Allah SWT yg telah diajarkan Rasulullah SAW.

Supaya yang kita lakukan itu menjadi berkah karena sesuai perintah Allah SWT, jika kita melakukan sesuatu hal yang tidak sesuai dengan perintah Allah SWT. Maka hal tersebut akan menjadi dosa ataupun tidak bermanfaat, karena mungkin hal tersebut hukumnya adalah haram ataupun mubah. Dan bagi anda yang sekiranya sekarang ini belum mengetahui akan hukum Islam mewarnai rambut, maka alangkah baiknya apabila anda melihat dulu penjelasan yg akan saya sajikan hari ini.

Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hukum Islam mewarnai rambut, maka bagi anda yang sekiranya dalam waktu dekat ini akan mewarnai rambut jadi mengetahui apakah sebaiknya anda mewarnai rambut atau tidak. Karena jika didalam Islam itu dilarang utk mewarnai rambut sedangkan anda tetap melakukannya, maka hal yang anda lakukan tersebut hanya akan menjadi dosa karena hal tersebut telah dilarang didalam Islam.

Sehingga sangatlah penting bagi setiap umat muslim utk mengetahui hukum Islam dalam berbagai macam kegiatan, jangan sampai nantinya kita melakukan hal-hal yang telah dilarang oleh Islam karena kita tidak tahu akan hal tersebut. Dan bagi anda yang sudah ingin mengetahui secara lengkap bagaimana hukum Islam mewarnai rambut tersebut secara lengkap, maka silahkan saja bagi anda utk langsung melihat pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

hukum mewarnai rambut dalam islam
Hukum Mewarnai Rambut Dalam Islam

Hukum mewarnai rambut beruban, Rasulullah SAW telah melarang kita utk mewarnai rambut dgn warna hitam. Sedangkan mewarnai rambut selain dengan warna hitam itu diperbolehkan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW sebagai berikut :”Pada hari penaklukan Makkah, Abu Quhafah (ayah Abu Bakar) datang dlm keadaan kepala dan jenggotnya telah beruban (seperti kapas, artinya telah beruban). Kemudian Beliau bersabda :”Ubahlah uban ini dgn sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam.” (HR. Muslim)

Dan alat mewarnai rambut yang sebaiknya digunakan adalah hinna dan katam, hinna sendiri adalah pewarna rambut merah dan katam adalah pohon yaman yg mengeluarkan zat pewarna hitam kemerah-merahan. Sedangkan bagi yg mungkin sulit menemukan pewarna rambut tersebut, maka dpt menggunakan pewarna rambut yang modern. Dengan catatan keamanan utk kesehatan bagi yg menggunakan itu terjamin serta halal untuk dipergunakan.

Kemudian bagaimana hukum mewarnai rambut yang belum beruban, karena sekarang ini banyak sekali orang terutama anak muda yang mewarnai rambut guna mengikuti trend pablik figur yg mewarnai rambutnya. Sebuah hadist dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda :”Barang siapa yg menyerupai kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Daud, hasanah menurut Al Hafizh Abu Thohir)

Terdapat pula hadist dari Amr bin Syu’aib, Rasulullah SAW bersabda :”Bukan termasuk golongan kami siapa saja yg menyerupai selain kami.” (HR. Tirmidzi, Syaikh Al Albani mengatakan jika hadist ini hasan)

Kesimpulan Hukum Mewarnai Rambut Dalam Islam

Hukum mewarnani rambut beruban dengan warna hitam itu diharamkan dalam Islam, sedangkan utk mewarnai rambut beruban menggunakan warna selain hitam itu dihalalkan. Namun untuk hukum mewarnai rambut yang belum beruban itu diharamkan dalam Islam, karena hal tersebut tidak ada faktor pendorong utk melakukan hal tersebut. Melainkan hal tersebut dilakukan guna mengikuti kaum tertentu yg menjadikan kita bukan termasuk kaum muslim.

Dan saya rasa sudah cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Apakah Hukum Mewarnai Rambut Dalam Islam yg sekiranya hari ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari sedikit penjelasan yg baru saja diberikan oleh saya diatas tadi itu dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi anda mengenai hukum Islam. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya.

Maka silahkan saja bagi anda utk mencoba kembali melihat hukum suami istri tidur terpisah, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui akan hukum Islam tersebut. Maka dari itu tidak ada salahny bagi anda utk mencoba kembali melihat pembahasan yg telah saya sajikan kepada anda pada waktu sebelumnya. Sedangkan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui hal tersebut.

Maka alangkah baiknya jika anda mencoba kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya yg sudah pernah diberikan sebelumnya, siapa tahu saja dari salah satu pembahasan yg telah saya sajikan sebelumnya itu akan ada pembahasan yg memang sesuai dgn pembahasan yg memang sedang dicari oleh anda-anda sekalian. Atau mungkin jg anda dpt menunggu update pembahasan terbaru dari saya yg akan terus diperbarui oleh saya setiap harinya.

Save

Advertisement