Apakah Hukum Musik Dalam Islam Beserta Dalilnya

Advertisement

Apakah Hukum Musik Dalam Islam | Kembali lagi pada kesempatan hari ini saya akan mencoba berbagi sebuah pembahasan mengenai hukum islam, dan untuk pembahasan hukum islam yg pd kesempatan hari ini akan coba saya berikan adalah hukum musik dalam islam. Siapa diantara anda-anda sekalian yg tidak mengetahui musik, karena salah satu media hiburan modern yg sekarang ini ada ialah musik.

Dan jika dilihat dari segi budaya, dengan adanya musik juga dapat mempersatukan banyak orang. Misalkan pada saat ada acara musik, secara otomatis akan banyak orang yg datang. Dan dari situ pastinya kita akan bertemu banyak orang, yg tadinya mungkin kita tidak mengenalnya. Dengan kita datang ke acara musik tersebut kita bisa berkenalan dengan banyak orang, dan hal tersebut juga bisa menjadi media silaturahmi bagi kita dengan yang lainnya.

Namun bagaimana hukum musik dalam islam itu sendiri, karena didalam agama islam itu pastinya ada penjelasan mengenai hukum musik itu sendiri. Dan untuk anda yg sekiranya sekarang ini belum mengetahui bagaimana hukum musik dalam islam, maka alangkah baiknya apabila anda melihat pembahasan mengenai hukum musik dalam islam yg untuk hari ini akan coba saya bahas untuk anda-anda sekalian.

Dimana pembahasan hukum musik dalam islam ini akan coba kami sajikan berserta dengan dalilnya, sehingga hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan pula bagi anda. Untuk anda yg sekiranya ingin mengetahui pembahasan mengenai hukum musik dalam islam berserta dalilnya yg akan saya bahas hari ini, maka silahkan saja bagi anda untuk melihat pembahasan hukum musik dalam islam selengkapnya dibawah ini.

hukum musik dalam islam

Advertisement

Hukum Musik Dalam Islam Beserta Dalilnya

Firman Allah SWT dalam Al Qur’an yg bunyinya :”dan diantara manusia ada orang yg mempergunakan perkataan yg tidak berguna utk menyesatkan manusia dari jalan Allah tanpa pengetahuan serta menjadikan Allah SWT olok-olokan. Maka mereka itu akan memperoleh azab yg menghinakan”. (QS. Lukman ayat 6)

Selain itu, terdapat pula penafsiran dari Imam Ibnu Katsir rahimahullah yg isinya adalah Allah SWT menceritakan tentang kondisi orang – orang yg berbahagia dlm ayat 1-5, yakni orang – orang yg mendapat petunjut dari firman Allah SWT (Al Qur’an) dan mereka merasa menikmati serta mendapatkan manfaat dari bacaan Al Qur’an, kemudian Allah SWT menceritakan dlm ayat 6 mengenai orang – orang yg sengsara. Yakni mereka yg berpaling mendengarkan Al Qur’an serta berbalik arah dengan bernyanyi dan musik.

Abdullah bin Mas’ud R.A. yg merupakan sahabat Nabi SAW berkata pada saat ditanya tentang maksud dari ayat tersebut, kemudian Beliau menjawab jika itu adalah musik. Seraya Beliau mengulangi perkatannya sebanyak tiga kali.

Begitu pula dengan sahabat Abdullah bin Abbas R.A. yg didoakan Rasulullah SAW supaya Allah SWT memberikan kelebihan kpd Beliau dalam menfasirkan Al Qur’an sehingga beliau ini dijuluki dengan Turjumanul Qur’an. Bahwasannya Beliau jg mengatakan jika ayat tersebut turun berkenaan dgn nyanyian.

Selain itu, terdapat pula sabda Nabi Muhammad SAW yg isinya :”Sungguh akan ada sebagian dari umatku yg menghalalkan zina, minuman keras, sutera, dan alat – alat musik.” Kemudian adapula hadist lainnya dari Rasulullah SAW yg bunyinya :”Aku tdk melarang kalian menangis. Namun, yg Aku larang adl dua suara yg bodoh dan maksiat, suara disaat nyanyian kesenangan/hiburan, permainan dan lagu setan. Serta suara ketika terjadi musibah, merobek baju, menampar wajah, dan jeritan setan.

Dari kedua hadist tersebut menyatakan jika hukum musik dalam islam itu haram, baik itu dalam hal menyanyikan ataupun memainkan alat musik. Lalu bagaimana penjelasan mengenai musik islami yg sekarang ini juga banyak dinyanyikan sekarang ini. Dimana didalam lagu-lagu tersebut berisikan tentang dakwah ataupun ajaran tentang agama islam, serta berisikan ajakan agar umat manusia itu selalu mengingat Allah SWT.

Jika dilihat dari sisi isi lagu dan juga cara bernyanyinya, hal tersebut memang mengandung makna yg baik. Bila dibandingkan dengan beberapa aliran musik yg berisikan kata – kata kotor serta cara bernyanyinya yg urakan atau dandannannya yg tidak karuan. Namun didalam hadist ataupun Al Qur’an sendiri tidak ada hal yg menerangkan akan hal tersebut, dan Allah SWT berserta Rasul-Nya juga tidak menganggap jika hal tersebut adalah baik.

Apabila hal tersebut merupakan salah satu cara untuk berdakwah yg baik, maka Rasulullah SAW dan para sahabatnya sudah melakukan hal tersebut. Akan tetapi, tidak satu pun terdapat cerita jika Rasulullah SAW dan sahabatnya itu melakukan hal tersebut. Bahkan Beliau mencela dan juga melarang hal tersebut.

Dan saya rasa cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Apakah Hukum Musik Dalam Islam Beserta Dalilnya utk hari ini, mudah-mudahan saja sedikit penjelasan mengenai hukum musik dalam islam yg baru saja saya sampaikan tadi diatas itu bisa menjadi tambahan ilmu bagi anda. Dan apabila anda mungkin merasa masih ingin kembali melihat-lihat beberapa penjelasan lainnya mengenai hukum islam.

Maka alangkah baiknya jika anda coba baca juga manfaat nikah muda yg beberapa waktu lalu baru saja saya bahas utk anda. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja manfaat menikah muda. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan tentang hukum islam lainnya yang sudah pernah saya berikan sebelumnya itu.

Advertisement