Hukum Puasa Ramadhan Untuk Orang Sakit Menurut Islam

Advertisement

Hukum Puasa Ramadhan Untuk Orang Sakit | Tidak terasa kita sudah akan kembali berjumpa dengan bulan ramadhan, bulan ramadhan sendiri dpt kita jumpai setiap satu tahun sekali. Oleh karena itu, selgai kita masih dapat bertemu dengan bulan ramadhan alangkah baiknya apabila kita memanfaatkan bulan penuh limpahan rahmat tersebut dengan banyak-banyak mengerjakan amalan ibadah supaya kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Karena pada saat bulan suci ramadhan itu sudah tidak asing lagi jika amalan ibadah kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita sebagai umat muslim yang baik lebih banyak mengerjakan amalan ibadah pada saat bulan ramadhan. Hukum puasa ramadhan menurut Islam sendiri adalah wajib, karena memang sudah diperintahkan kepada umat muslim oleh Allah SWT untuk mengerjakan puasa tersebut selama satu bulan penuh.

Namun bagaimana jika diantara anda-anda sekalian ini tidak dapat mengerjakan puasa dikarenakan oleh sakit, apakah kita masih diwajibkan untuk mengerjakan puasa ramadhan ataukah tidak. Nah untuk anda yang sekiranya belum mengetahui hukum puasa ramadhan untuk orang sakit, maka alangkah baiknya apabila anda melihat terlebih dulu penjelasan akan hal tersebut yang pada kesempatan hari ini akan coba saya bahas untuk anda-anda sekalian.

Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang mencari-cari penjelasan mengenai hukum puasa bagi orang sakit menurut Islam, maka dari itu bagi anda yang sedang mencari-cari hukum puasa bagi orang sakit menurut Islam. Alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hal tersebut yang akan coba saya bahas untuk anda-anda sekalian semuanya secara lengkap dibawah ini.

Sehingga bagi anda yang sekiranya belum mengetahui apakah hukum puasa bagi orang sakit menurut Islam, maka anda akan mengetahui hal tersebut. Dan jika sewaktu-waktu anda sedang dalam kondisi sakit pada bulan ramadhan, anda sudah mengetahui apakah anda harus berpuasa atau tidak pada saat itu. Untuk anda yang sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai penjelasan hukum puasa orang sakit, maka silahkan saja anda melihatnya secara lengkap dibawah ini.

Advertisement

Hukum Puasa Ramadhan Untuk Orang Sakit
Apakah Hukum Puasa Ramadhan Untuk Orang Sakit

Hukum puasa orang sakit pada bulan ramadhan itu bisa kita golongkan menjadi dua, dimana golongan pertama ialah orang yang memang sakit parah dan yang kedua adalah orang yg sakit ringan. Untuk penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

Seseorang yang dalam kondisi sakit itu tidak diwajibkan untuk mengerjakan puasa, terutama untuk orang-orang yang memang memiliki penyakit sangat parah yang tidak memungkinkan bagi dirinya untuk mengerjakan puasa. Maka hukum puasa bagi orang sakit tersebut adalah sunnah, atau diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa pada hari itu. Akan tetapi dia harus mengganti puasa yang ditinggalkan tersebut dilain hari atau dengan membayar fidyah.

Golongan kedua ialah orang yang sakitnya tidak terlalu parah, akan tetapi jika orang tersebut mengerjakan puasa maka penyakitnya itu akan bertambah parah. Maka hukum puasa ramadhan untuk orang sakit tersebut adalah sunnah atau tidak wajib untuk mengerjakannya, akan tetap dia juga harus tetap menggati puasanya lain waktu atau bisa juga membayar denda sebesar puasa yang telah ditinggalkannya selama dia sedang sakit.

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam firman Allah SWT yang artinya :”Hai orang – orang yg beriman, janganlah km saling memakan harta sesamamu dgn jalan yg batil, kecuali dgn jalan perniagaan yg berlaku dgn suka sama suka diantara kamu. Dan janganlah km membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyanyang kepadamu.” (QS. An Nisa ayat 29)

Firman Allah SWT yang artinya :”Bulan ramadhan, bulan yg didalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebgai petunjuk bagi manusia dan pernjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yg hak dan yg batil). Karena itu, barangsiapa diantara km hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah berpuasa pd bulan itu, dan barang siapa sakit atau dlm perjalanan (lalu ia berbuka), maka wajiblah baginya berpuasa, sebanyak hari yg ditinggalkannya itu, pada hari yg lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah km mencukupkan bilangannya dan hendaklah km mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yg diberikan kepadamu, supaya km bersyukur.” (QS. Al Baqarah ayat 185)

Dari penjelasan firman Allah SWT diatas sudah dapat kita ambil kesimpulan jika Allah SWT tidak akan mempersulit hambanya, sehingga ketika kita dalam kondisi yang benar-benar sakit, maka diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa. Akan tetapi kita harus mengganti puasa tersebut sebanyak puasa yang telah ditinggalkan lain waktu, atau bagi yang tidak mampu berpuasa maka dapat membayar denda sebanyak puasa yang telah ditinggalkan.

Dengan ini selesai sudah unttuk penjelasan mengenai Hukum Puasa Ramadhan Untuk Orang Sakit Menurut Islam yang pada kesempatan ini saya dapat sajikan kepada anda, semoga saja dari penjelasan mengenai hukum puasa bagi orang sakit tersebut dpt membantu anda – anda sekalian. Dan untuk anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi yang sudah pernah saya berikan.

Maka silahkan saja bagi anda untuk kembali melihat juga hukum untuk puasa ramadhan tanpa sahur, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yang belum mengetahui akan hal tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya kepada anda. Namun untuk anda yang merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut.

Maka alangkah baiknya apabila anda mencoba utk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya, mungkin saja salah satu dari pembahasan yang sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan yang sedang dicari oleh anda. Atau mungkin juga anda bisa menunggu update pembahasan terbaru yang akan coba terus saya sajikan untuk setiap harinya, oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda kembali mengunjungi situs saya ini.

Save

Advertisement