Apakah Hukum Sulam Alis Dalam Islam Haram Atau Halal

Advertisement

Hukum Sulam Alis Dalam Islam | Kembali saya ingin memberikan penjelasan kpd anda mengenai hukum islam, dan utk penjelasan mengenai hukum islam yg akan coba saya sampaikan utk hari ini adalah hukum sulam alis. Sedangkan sulam alis adalah salah satu trend yg ada didunia kecantikan guna lebih mempercantik penampilan terutama pada bagian alis. Proses sulam alis ini sendiri kurang lebih sama halnya dengan proses tato.

Dimana pada bagian alis diberi pewarna atau tina yg ditanamkan kedalam kulit, sehingga menghasilkan warna yg lebih pekat. orang-orang yg melakukan sulam alis sendiri biasanya adalah orang-orang yg memiliki bentuk alis tipis atau kurang tampak dengan jelas. Biasanya para wanita ini akan menggunakan pinsil alis untuk lebih mempertebal alisnya. Namun sekarang ini sudah ada hal yg jauh lebih praktis yaitu dengan melakukan sulam alis.

Dengan melakukan proses sulam alis tersebut, maka para wanita yg memiliki bentuk alis tipis tidak perlu lagi menggunakan pinsil alis untuk menebalkan alis mereka. Karena proses sulam alis ini sendiri bersifat permanen, sehingga orang-orang hanya perlu melakukannya satu kali saja. Namun bagaimana padangan islam mengenai hukum sulam alis sendiri, apakah hukum sulam alis itu haram ataukah halal dalam islam.
hukum sulam alis dalam islam
Bagi anda – anda sekalian yg sekiranya mungkin belum mengetahui apakah hukum sulam alis itu sendiri, maka sekarang ini anda – anda sekalian sedang berada pada tempat yg sangat tepat. Karena anda dapat melihat penjelasan hukum sulam alis dalam islam yg akan saya sajikan kpd anda hari ini. Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai hukum sulam alis tersebut, maka untuk anda yg mungkin memiliki niatan melakukan sulam alis jadi memiliki bahan pertimbangan. Apakah anda itu akan melakukan sulam alis atau tidak.

Karena apabila hukum sulam alis dalam islam itu adalah haram, maka tindakan yg anda lakukan itu termasuk dalam dosa. Dan sebagai umat muslim yg baik tentunya kita harus menghindari atau menjauhi dosa. Karena hal tersebut akan berdampak pada kehidupan kita selanjutnya nanit. Untuk anda-anda sekalian yg sekiranya sudah ingin mengetahui penjelasan mengenai hukum sulam alis secara jelas, silahkan anda langsung saja melihat pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Hukum Sulam Alis Dalam Islam Haram Atau Halal

“Allah melaknat wanita yg mentato serta yg minta utk ditatokan, yg mencukur atau menipiskan alis, serta yg meminta dicukur, yg mengkikir giginya supaya kelihatan cantik serta merubah ciptaan Allah SWT.” (HR. Muslim dan Bukari)

Advertisement

Dan sebuah hadits yg diriwayatkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Syarah Muslim mengatakan:”Al-Wasyimah” merupakan wanita yg mentato. Yaitu melukis punggung telapak tangan, bibir, pergelangan tangan, ataupun anggota tubuh lainnya dgn jarum ataupun sejenisnya sampai mengeluarkan darah kemudian dibubuhi dgn tinta utk diwarnai. Perbuatan tersebut haram hukumnya bagi yg mentato atau yg minta utk ditato.

Sebuah riwayat dari Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari mengatakan jika perempuan tidak boleh merubah sesuatu dari bentuk asal yg telah diciptakan Allah SWT, baik itu menambahkan ataupun menguranginya agar kelihatan bagus. Seperti, seorang perempuan yg memiliki alis berdempetan, kemudian ia menghilangkan bulu alisnya yg ada diantara keduanya, supaya kelihatan cantik ataupun sebaliknya (kelihatan jelek dgn berdempetan.

Dari penjelasan hadits-hadits diatas tadi itu sudah sangat jelas jika hukum sulam alis adalah haram, karena hal tersebut termasuk salah satu tindakan merubah ciptaan Allah SWT. Sedangkan segala sesuatu yg telah diciptakan oleh Allah SWT merupakan yg terbaik atau sempurna, sehingga alangkah baiknya jika kita lebih bersyukur dengan apa yg telah diberikan oleh Allah SWT. Jangan sampai kita terlihat cantik namun hal tersebut membuat kita mendapatkan dosa.

Dengan ini kiranya telah selesai mengenai penjelasan Apakah Hukum Sulam Alis Dalam Islam dari saya utk hari ini, semoga saja dengan adanya penjelasan mengenai hukum sulam alis yg baru saja saya sajikan bagi anda. Hal tersebut dpt menjadi tambahan ilmu bagi anda, dan untuk anda yg kiranya memiliki niatan untuk melakukan sulam alis juga sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Karena hukum sulam alis dalam islam itu adalah haram.

Bagi anda yg sekiranya mungkin ingin kembali melihat beberapa penjelasan lainnya mengenai hukum islam, mungkin anda akan tertarik untuk baca juga hukum sulam bibir. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apakah hukum sulam bibir itu sendiri. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan mengenai hukum islam lainnya yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu.

Advertisement