Apakah Hukum Tato Dalam Islam Bagi Pria dan Wanita

Advertisement

Apakah Hukum Tato Dalam Islam | Sekarang ini sudah tidak sedikit orang yg melukis atau menggambar tubuhnya dengan gambar yg permanen atau tidak dapat dihilangkan atau yg lebih dikenal dengan sebutan tato. Banyak yang mengatakan jika tubuh kita di tato makan akan semakin terlihat keren, adapula yg beranggapan jika tato itu sebagai salah satu simbol bagi penggunanya. Dan ada pula yg beranggapan jika tato adalah sebuah seni, dimana kita dapat mengekspresikan berbagai macam kreatifitas seni kita menggunakan gambar yg digambarkan pada anggota tubuh kita.

Dan sekarang ini sudah hampir semua anggot tubuh itu dapat ditato, dari bagian tubuh yg umumnya hanya ditato itu ialah tangan, bagian perut, dada, serta bagian punggung, kadang pula ada yg dikaki. Dan untuk sekarang ini sudah hampir semua anggota tubuh itu dapat ditato, mislakan tato pada bagian wajah, pada bagian kepala, hingga bagian punggung tangan yg sedikit memiliki daging pun sekarang sudah banyak yg menatonya.
apakah hukum tato dalam islam
Lalu bagaimana padangan islam mengenai hukum tato itu sendiri, hukum tato didalam islam sudah pasti diharamkan. Karena hal tersebut termasuk merubah apa yg telah Allah SWT ciptakan, semua manusia tercipta dengan kedaan yg suci dan bersih tanpa adanya gambar-gambar di bagian tubuh terkeculi untuk tanda lahir yg memang sudah ada sejak lahir. Dan bagi anda yg mungkin sekarang ini belum mengetahui apakah hukum tato dalam islam itu sendiri, maka sebaiknya anda melihat pembahasan mengenai hukum tato yg pada kesempatan hari ini akan saya sajikan kepada anda.

Sehingga utk anda umat muslim yg akan melakukan tato terhadap tubuh anda mungkin akan mengurungkan niatnya untuk menato karena anda sudah mengetahui apakah hukum tato dalam islam itu sendiri. Dan bagi anda yg kiranya ingin mengetahui secara lengkap bagaimana hukum islam dalam hal tato, maka mari kita melihat penjelasan mengenai hukum tato dalam islam secara lengkap yg akan saya sajikan secara lengkap dibawah ini.

Hukum Tato Dalam Islam Bagi Pria dan Wanita

Tato dalam bahasa arab itu disebut dengan Al Wasym merupakan perbuatan yg hukum haram didalam agama islam, sehingga hukum tato dalam islam itu adalah haram. Dalam sebuah hadist yg bunyinya :”Allah SWT melakna wanita yg menyambung rambutnya, melakukan tato pada wajahnya atau mutawasshimah, mehilangkan rambut dari wajahnya, menyambung gigi, hanya demi kecantikan, mereka telah merubah ciptaan Allah SWT. (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu juga terdapat sebuah hadist yg berbunyi :”Allah SWT melaknat wanita – wanita yg mentato serta meminta utk ditato.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Advertisement

Sehingga alangkah baiknya bagi anda para umat muslim, sebaiknya anda tidak melakukan tato pada tubuh anda. Karena mentato tubuh itu hukumnya adalah haram. Apabila anda sudah terlanjur ditato, maka sebaiknya anda menghilangkan tato tersebut, atau paling tidak berusaha utk menghilangkannya. Dengan catatan jika ingin menghilangkan tato tersebut tidak merusak anggota tubuh lainnya dalam hal ini adalah kulit kita, jika sampai sampai melukai atau menyakiti anggota tubuh lainnya tersebut. Maka sebaiknya tidak diwajibkan untuk dihilangkan, namun anda diwajibkan untuk bertaubat agar amalan ibadah yg anda lakukan itu sah.

Dan saya rasa cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Apakah Hukum Tato Dalam Islam Bagi Pria dan Wanita dari saya, semoga saja pembahasan mengenai hukum tato dalam islam yg baru saja saya bahas tadi diatas itu dapat memberikan banyak manfaat kepada anda-anda sekalian. Dan apabila anda mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa hukum islam lainnya, mungkin anda akan tertarik untuk baca juga hukum pacaran dalam islam. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apakah hukum pacaran dalam islam itu.

Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan mengenai hukum islam lainnya yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah kami sajikan kepada anda. Atau bagi anda yg kiranya merasa sudah mengetahui hukum tersebut, maka saya coba menyarankan kepada anda untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya, karena pada kesempatan sebelumnya saya sudah banyak menyajikan berbagai macam hal yg dapat anda lihat. Dan barang kali saja salah satu diantara pembahasan tersebut ada yg pas dengan yg anda cari.

Advertisement