Pengertian Ibadah Mahdhah dan Ghairu Mahdhah dan Contohnya

Advertisement

Pengertian Ibadah Mahdhah dan Ghairu Mahdhah | Pada kesempatan sekarang ini, saya ingin mencoba memberikan penjelasan mengenai pengertian ibadah mahdhah dan juga pengertian ibadah ghairu mahdhah kepada anda-anda sekalian. Siapa tahu saja diantara para pembaca sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa itu pengertian ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah tersebut, maka dari itu saya ingin mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai pengertian ibadah tersebut.

Didalam agama islam, terdapat berbagai macam macam ibadah dan juga penggolongan. Termasuk ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah adalah penggolongan dari pada ibadah didalam agama islam. Bagi anda-anda yg sekiranya pernah bersekolah di madrasah atau sekolah yang lebih mengutamakan pendidikan agama islamnya, pastinya anda sudah mengetahui pengertian ibadah mahdhah dan ghairu mahdhadh ini.

Dan untuk anda-anda sekalian yang sekiranya belum mengetahui pengertian ibadah ghairu mahdhah dan ibadah mahdhah itu sendiri, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan mengenai pengertian ke dua ibadah tersebut yg pada kesempatan sekarang ini akan coba saya bahas untuk anda. Karena siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg sedang mencari pengertian kedua ibadah tersebut.

Untuk anda yang sekiranya memang ingin mengetahui secara lengkap pengertian dari ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah secara lengkap, maka alangkah baiknya apabila kita langsung saja melihat bersama-sama pembahasan mengenai pengertian kedua ibadah tersebut secara lengkap dibawah ini. Sehingga bagi anda yang ingin mengetahui pengertian kedua ibadah tersebut, anda akan mengetahuinya secara lengkap.

pengertian ibadah mahdhah dan ghairu mahdhah
Pengertian Ibadah Mahdhah dan Contohnya

Pengertian ibadah mahdhah adalah segala bentuk ibadah yang dilakukan secara langsung antara manusia dengan Allah SWT. Dalam pengertian yang sempit ialah kegiatan ibadah yang dikerjakan berdasarkan syarat dan rukun yang telah ditentukan. Adapun untuk syarat tersebut adalah hal-hal yg perlu dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan ibadah tersebut, sedangkan untuk rukun adalah hal-hal, tahapan atau urutan, dan cara mengerjakan ibadah tersebut harus sesuai dengan yg telah diajarkan.

Advertisement

Adapun untuk contoh ibadah mahdhah itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Shalat
  • Puasa
  • Haji
  • Membaca Al-Qur’an
  • dll

Pengertian Ibadah Ghairu Mahdhah dan Contohnya

Pengertian ibadah ghairu mahdhah adalah bentuk ibadah yg dikerjakan antara sesama umat muslim, bukan kegiatan beribadah yang dikerjakan langsung antara umat dengan Allah SWT. Dan ibadah ghairu mahdhah ini tidak ditentukan tempat dan waktunya secara terperinci oleh Allah SWT. Sehingga setiap umat muslim dapat mengerjakan ibadah ghairu mahdhah ini sewaktu-waktu atau sesuai dengan yang mereka inginkan.

Karena tidak terdapat dalil dari Al Qur’an ataupun sabda Nabi SAW yg melarang kita mengerjakan ibadah ghairu mahdhah. Sehingga, selama tidak ada larangan ataupun hal yang mengharamkan dari Allah SWT serta Rasul-Nya, maka kita dpt tetap mengerjakan ibadah tersebut. Ibadah ghairu mahdhah itu sendiri lebih dilakukan secara logis, sehingga manfaat atau mudarat yg dihasilkan itu tergantung dari perbuatan kita.

Untuk contoh ibadah ghairu mahdhah sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bersedekah
  • Infaq
  • Membantu sesama muslim / gotong royong
  • dll.

Kiranya hanya itu saja untuk penjelasan mengenai Pengertian Ibadah Mahdhah dan Ghairu Mahdhah dan Contohnya yg pada kesempatan sekarang ini saya dapat berikan utk anda, semoga saja dari pengertian ibadah mahdhah dan ghairu mahdah yang baru saja saya berikan diatas tadi itu bisa memberikan manfaat yg besar untuk anda-anda sekalian. Dan bagi anda yang sekiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya.

Maka tidak ada salahnya apabila anda coba utk baca juga pengertian mazhab fiqih dalam islam yang telah saya jelaskan beberapa waktu lalu, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yang sedang mencari pembahasan akan hal tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan yang sudah pernah saya berikan pada kesempatan sebelumnya itu kepada anda-anda sekalian semuanya para pembaca doaharian.info

Namun untuk anda yg sekiranya merasa sudah mengetahui pembahasan hal tersebut, maka saya sarankan kpd anda untuk kembali mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Karena pada kesempatan sebelumnya, saya sudah banyak memberikan pembahasan mengenai agama islam yang mungkin saja salah satu diantaranya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang sedang dicari-cari oleh anda-anda semuanya.

Advertisement