Hukum dan Syarat Jual Beli Dalam Islam Secara Lengkap

Advertisement

Jual Beli Dalam Islam | Menurut bahasa, pengertian jual beli adalah pertukaran ataupun saling tukar, sedangkan menurut Islam pengertian jual beli adalah menukar sebuah barang dgn barang yg lainnya berdasarkan dengan rukun serta syarat tertentu. Jula beli dalam Islam juga dpt diartikan sebagai penukaran uang dgn barang yg diinginkan sesuai dgn rukun dan syarat yg telah ditentukan. Dan praktek jual beli sendiri sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW.

Dan sekarang ini praktek jual beli sudah banyak sekali dilakukan orang-orang, karena dengan melakukan jual beli kita bisa mendapatkan banyak uang atau keuntungan. Terlebih lagi sekarang ini media untuk jual beli juga sudah bukan hanya terjadi di pasar ataupun toko-toko yg dilakukan secara langsung, melainkan praktek jual beli sekarang ini banyak dilakukan melalui media online tanpa harus kita bertemu langsung dengan si penjual atau pembeli.

Pada kesempatan ini, saya ingin mencoba membagikan penjelasan mengenai syarat jual beli dalam Islam untuk anda-anda semuanya. Namun selain memberikan syarat jual beli, saya juga turut memberikan hukum jual beli dalam Islam. Sehingga anda akan mengetahui apakah hukum jual beli menurut islam serta syarat dan rukun jual beli menurut islam secara lengkap. Sehingga nantinya anda dapat mempraktekan sistem jual beli yang sesuai dengan syriat Islam.

Karena yang namanya jual beli itu sendiri tidaklah jauh dari perbuatan riba, didalam praktek jual beli yang dilakukan pastinya dpt mengandung unsur riba didalamnya. Baik itu dilakukan secara disengaja ataupun tidak sengaja. Maka dari itu bagi anda yang merupakan seorang pedagang, alangkah baiknya apabila anda memperhatikan syarat dan rukun jual beli menurut Islam. Agar dagangan yang anda jual itu bisa menjadi berkah hasilnya.

Bagi anda – anda sekalian yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai pembahasan syarat dan hukum jual beli menurut Islam yang pd kesempatan hari ini akan coba saya jelaskan. Maka kita bisa langsung saja utk melihat secara lengkap penjelasan akan hal tersebut dibawah ini. Sehingga bagi anda yang sekiranya mungkin merasa ingin mengetahui secara lengkap akan hal tersebut, anda bisa mengetahuinya secara lengkap dan jelas.

Advertisement

jual beli dalam islam
Rukun dan Syarat Jual Beli Dalam Islam

Akad atau Ijab Qobul, sendiri bukan hanya digunakan dalam acara pernikahan saja, melainkan hal tersebut juga digunakan dalam hal jual beli. Dimana terdapat sebuah ikatan kata antara sang penjual dan pembeli. Dalam proses jual beli itu sendiri belum dpt dikatan sah apabila belum ada ijab dan qobul, karena hal tersebut merupakan tanda terjadinya proses jual beli. Dimana sang penjual memberikan barang yg dijual dan si pembeli menerimanya dengan membayar sejumlah uang ataupun ditukar dengan barang yg nilainya sama.

Orang yang berakad atau subjek, dalam proses jual beli tentunya harus terdapat orang yang menjual dan orang yg membeli, sama halnya seperti dalam pernikahan harus ada calon pengantin pria dan wanita. Sedangkan untuk syarat orang yg berjual beli itu diantaranya adalah dewasa, melakukan tanpa paksaan, seorang muslim (dianggap tidak sah ketika orang kafir membeli kitab suci Al Qur’an) seperti yg telah dijelaskan dalam QS. An Nisa ayat 141. Dan syarat yg terakhir si pembeli bukanlah musuh umat Islam.

Ma’kud ‘alaih atau objek, dalam proses jual beli juga harus terdapatnya objek atau barang yang dijual dan dibeli. Adapun untuk syarat objek atau barang dalam Islam itu sendiri diantaranya adalah suci, bermanfaat menurut syara’, dapat diserahkan cepat ataupun lambat, tidak dibatasi waktunya, tidak terkait dengan hal lainnya (menjual barang orang lain), milik sendiri, dan yang terakhir adalah barang tersebut dpt dilihat.

Apakah Hukum Jual Beli Dalam Islam

Dalil menurut Al Qur’an yg berbunyi :”…. padahal Allah telah menghalalkan jual beli serta mengharamkan riba …” (QS. Al Baqarah ayat 275) Al Allamah As Sa’diy menjelaskan jika di dlm jual beli terdapat manfaat serta urgensi sosial, apabila diharamkan maka akan memunculkan banyak kerugian. Didasarkan oleh hal tersebut, maka seluruh jual beli yg dilakukan manusia itu sendiri hukumnya adalah halal didalam Islam apabila telah memenuhi syarat dan rukun jual beli.

Nabi Muhammad SAW pernah ditanya, profesi apakah yg paling baik ? kemudian Beliau menjawab :”Bahwa profesi terbaik yg dikerjakan manusia adl segala pekerjaan yg dilakukan dengan kedua tangannya dan transaksi jual beli yg dilakukan tanpa melanggar batasan – batasan syariat.

Terdapat pula sebuah hadits yang bunyinya :”Emas ditukar dgn emas, perak dgn perak, gandum dgn gandum, kurma dgn kurma, garam dgn garam, sama beratnya dan langsung diserah terimakan. Apabila berlainan jenis, maka juallah sesuka kalian namun harus langsung diserahterimakan atau secara kontan.” (HR. Muslim)

Kesimpulan

Jual Beli yang Diperbolehkan Dalam Islam, merupakan jual beli yang dilakukan sesuai dengan syara’, baik itu rukun serta syaratnya. Sedangkan Jual Beli yang Dilarang Dalam Islam, merupakan jual beli yg tidak memenuhi salah satu dari syarat dan juga rukun jual beli itu sendiri. Sehingga jual beli tersebut menjadi fasid (rusak) atau batal.

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Hukum dan Syarat Jual Beli Dalam Islam yg hari ini saya dapat berikan kepada anda-anda sekalian, semoga saja dari penjelasan tentang jual beli dalam islam yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang besar untuk anda-anda semuanya. Dan bagi anda yang sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan lainnya lagi dari saya.

Maka saya menyarankan kepada anda untuk mencoba melihat juga hukum menceraikan istri tanpa sebab, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui akan hal tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat pembahasan yg pada kesempatan sebelumnya itu sudah pernah saya berikan. Atau utk anda yg sekiranya merasa sudah mengetahui akan hal tersebut.

Mungkin anda bisa kembali mencoba melihat-lihat kembali sendiri beberapa pembahasan lainnya seputar agama islam yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya, dan dapat pula anda mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru yang akan terus coba saya sajikan utk setiap harinya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali mengunjungi situs doaharian.info lain waktu, agar anda bisa mendapatkan update pembahasan terbaru dari saya.

Advertisement