Penjelasan Keistimewaan Al Qur’an Dibanding Kitab Lainnya

Advertisement

Keistimewaan Al Qur’an Dibanding Kitab Lainnya | Pengertian Al Qur’an adalah kita suci didalam agama Islam, dimana umat muslim percaya jika kita suci Al Qur’an ini diturunkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab suci Al Qur’an juga dikenal secara luas serta sangat dihormati menjadi sebuah karya seni sastra berbahasa arab terbaik di dunia. Kitab ini terbagi menjadi beberapa bab atau yang dikenal pula dengan suratan, dan dalam setiap surat tersebut berisikan banyak ayat.

Umat Islam sendiri percaya jika Al Qur’an ini di firmankan secara langsung oleh Allah kpd Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril secara berangsur – angsur selama kurang lebih 22 tahun 2 bulan dan 22 hari. Dimana firman tersebut pertama kali diturunkan ketika tanggal 17 ramadhan, pada saat Nabi Muhammad berusia 40 tahun sampai dengan kematiannya pada tahun 632. Umat muslim sangat menghormati Al Qur’an sebagai sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, serta sebagai salah astu tanda – tanda dari kenabiannya. Dan didalam Al Qur’an tersebut terdapat 70 kata Quran.

Dan menurut sejarah dari beberapa  para sahabat Nabi Muhammad SAW memiliki sebuah tanggung jawab untuk menuliskan kembali wahyu tersebut berdasarkan apa yg telah dihapalkan oleh para sahabat. Dan pada saat Nabi Muhammad meninggal, para sahabat sesegera mungkin menyusun serta menulis kembali hapalan wahyu – wahyu mereka. Dan penyusunan kembali Al Qur’an tersebut diprakarsai oleh Khalifah Utsman bin Affan utk membuat sebuah penyusunan secara resmi yg disebut pula dengan susunan Utsman.

Kitab suci Al Qur’an sendiri berisikan tentang sebuah petunjuk, dan terkadang jg berisikan tentang cerita mengenai sebuah kisah bersejarah, serta menekankan akan pentingnya moral. Al Qur’an secara umum digunakan bersamaan dgn sebuah hadits utk menentukan sebuah hukum islam. Dan didalam melaksanakan sholat, kita diwajibkan untuk membaca surat-surat yang terdapat dalam Al Qur’an menggunakan bahasa arab.

Untuk seseorang yang dapat menghafalkan Al Qur’an disebut sebagai Hafiz. Dan didalam membaca Al Qur’an itu sendiri ada beberapa umat yang membacanya dengan cara bernada, serta didalam membaca Al Qur’an itu terdapat sebuah aturan yg disebut dengan tajwid. Dan bila datang bulan ramadhan, biasanya umat muslim akan lebih memperbanyak bacaan Al Qur’an setelah selesai mengerjakan sholat tarawih.

Advertisement

Dan pada kesempatan sekarang ini, saya akan memberikan sedikit keistimewaan Al Qur’an kepada anda-anda sekalian, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja keistimewaan Al Qur’an. Maka dari itu saya ingin membantu anda yang memang belum mengetahui apa saja keistimewaan Al Qur’an dibandingkan kitab kitab yang lainnya. Sehingga untuk anda yg belum mengetahui apa saja keistimewaan Al Qur’an itu sendiri, maka anda akan mengetahuinya.

keistimewaan al qur'an dibanding kitab lainnya
Penjelasan Keistimewaan Al Qur’an

1. Diturunkan secara langsung dan dipelihara langsung oleh Allah SWT

Tidak ada keraguan dari pd Al Qur’an (Al Baqarah ayat 2) karena Allah SWT sendiri yg memelihara-Nya. Hal ini difirmankan Allah SWT dalam surat Al Hijr ayat 9 yg bunyinya :”Sesungguhnya Kami-lah yg menurunkan Al Qur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. Adapun untuk cara Allah SWT menjaga Al qur’an ialah dengan cara menjadikannya mudah untuk dihafalkan, sehingga ketika ada ribuan umat muslim diberbagai belahan dunia yg menjadi penghafal Al Qur’an serta Hafidzul Qur’an.

Hafidzul Qur’an sendiri memiliki makna penjaga Al Qur’an, mereka tak sekedar menghafal setiap bacaan Al Qur’an, akan tetapi menjaga agar terhindar dari pemalsuan, pengurangan, penambahan ayat – ayat AlQur’an.

2. Kalam Al Qur’an itu bebas dari tangan manusia apalagi setan.

Untuk membuktikan keaslian dari Al Qur’an, selain Allah SWT menjanjikan penjagaan atas Al Qur’an adalah bahwa Al Qur’an terjaga dari campur tangan manusia terlebih lagi setan. dalam surat Al Haqqoh ayat 41 dijelaskan “Dan Al Qur’an itu bukanlah perkataan seorang penyihir”.Sedangkan didalam ayat 44 dijelaskan “Seandainya Dia (Muhammad) mengada – adakan sebagian perkataan atas (Nama) Kami”.

Allah SWT juga memberikan sebuah tantangan bagi mereka yang bisa membuat tandingan Al Qur’an sebagaimana yang telah dijelaskan dalam firman-Nya pada surat Al Hijr ayat 9 “….Katakanlah (Muhammad) : “(Kalau demikian) maka datangkanlah sepuluh surat – surat yg dibuat – buat yg menyamainya, dan panggilah orang – orang yg kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang – orang yang benar.”

3. Memiliki sifat pembenar dari kitab – kitab yang sebelumnya.

Hal tersebu telah diterangkan dalam sebuah surat Al Maidah ayat 48 yang bunyinya :”Dan kami telah turunkan kpdmu Al Qur’an dgn membawa kebenaran, membenarkan apa yg sebelumnya. Yaitu kitab – kitab yg diturunkan sebelumnya dan batu ujian terhadap kitab – kitab yg lainnya itu.”

Pada surat Yunus ayat 37 juga telah diterangkan :”Tidaklah mungkin Al Qur’an ini dibuat oleh selain Allah SWT, akan tetapi Al Qur’an itu membenarkan kitab – kitab yg sebelumnya dan menjelaskan hukum – hukum yg telah ditetapkan-Nya, tidak ada keraguan didalamnya, diturunkan dari Tuhan semesta alam.”

4. Memiliki sifat naskah atau menghapus ketentuan dari kitab-kitab yang sebelumnya.

Hal tersebut telah dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam surat Ar Ra’du ayat 38 dan 39 yg berbunyi “…..Bagi tiap-tiap masa ada kitab yg diturunkan. Allah SWT menghapus apa yg Dia kehendaki dan menetapkan apa yg Dia kehendaki. Dalam surat Al Maidah ayat 48 juga telah diterangkan “….batu ujian terhadap kitab – kitab yg lainnya itu.” Dengan kata lain, Allah SWT dapat menghapus ketentuan yg dikehendaki dalam kitab sebelum Al Qur’an didalam Al Qur’an.

5 Diturunkan secara berulang-ulang dalam bahasa arab.

Al Qur’an itu dituliskan menggunakan bahasa arab, dan telah dijelaskan didalam Al Qur’an yg terdapat dalam beberapa ayat secara berulang-ulang yg diantaranya ada pada QS. 12:2, 13:37, 16:103, 20:113, 26:195, 39:28, 41:3, 43:3, 44:58 dan 17:89. Selain itu, telah diterangkan pula dalam firman Allah surat Taha 20:113 yg bunyinya :”Dan demikianlah Kami menurunkan Al Qur’an dlm bahasa arab, dan Kami telah menerangkan dgn berulang kali ddalamnya sebagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau agar Al Qur’an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka.

6. Berlaku untuk seluruh umat manusia.

Berbeda dengan beberapa kitab yang diturunkan sebelumnya seperti kitab Taurat yg berlaku utk umat Nabi Musa serta harun saja. Sedangkan kitab Zabur hanya untuk kaum Nabi Daud, namun Al Qur’an itu sendiri merupakan kitab suci yang berlaku untuk seluruh umat manusia sepanjang masa dari berbagai macam belahan dunia. Hal ini telah diterangkan dalam surat Al Furqon ayat 1 :”Maha Suci Allah yg telah menurunkan Al Furqaan (Al Qur’an) kpd hamba-Nya agar dia menjadi pemberi peringatan kpd seluruh alam.”

Sekiranya cukup sekian saja dulu untuk Penjelasan Keistimewaan Al Qur’an Dibanding Kitab Lainnya yg sekiranya saya dapat sajikan kpd anda-anda sekalian, semoga saja dari penjelasan keistimewaan Al Qur’an yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang sangat banyak sekali untuk anda. Namun untuk anda yg sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi selain keistimewaan Al Qur’an.

Maka saya coba menyarankan kpd anda untuk kembali melihat beberapa pembahasan lainnya yang dapat anda baca juga doa sholat witir, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg merasa belum mengetahui bacaan doa sholat witir. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali mencoba melihat bacaan doa yang pada kesempatan sebelumnya itu telah saya berikan kpd anda-anda sekalian.

Advertisement