5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Dalam Islam

Advertisement

Keistimewaan Bulan Ramadhan | Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dlm kalender Islam, dan diamati oleh Muslim di seluruh dunia sebagai bulan puasa untuk memperingati wahyu pertama Al-Quran untuk Muhammad menurut keyakinan Islam. ketaatan tahunan ini dianggap sebagai salah satu dari Rukun Islam. bulan berlangsung 29-30 hari berdasarkan penampakan visual dari bulan sabit, menurut sejumlah rekening biografi yg disusun dalam hadits-hadits. Kata Ramadhan berasal dari akar Ramida Arab atau ar-Ramad, yang berarti panas terik atau kekeringan.

Puasa adalah fardh (wajib) bagi umat Islam dewasa, kecuali mereka yang menderita suatu penyakit, bepergian, yang tua, hamil, menyusui, diabetes atau melalui perdarahan menstruasi. Puasa bulan Ramadan dibuat wajib (wajib) selama bulan Sha’aban, pada tahun kedua setelah Muslim bermigrasi dari Mekah ke Madinah. Fatwa telah dikeluarkan menyatakan bahwa umat Islam yang tinggal di daerah dengan fenomena alam seperti matahari tengah malam atau malam kutub harus mengikuti jadwal Mekah.
keistimewaan bulan ramadhan
Sementara puasa dari fajar sampai matahari terbenam, Muslim menahan diri dari mengkonsumsi minuman, makanan , merokok, dan terlibat dalam hubungan seksual dengan pasangan kita. Muslim juga diperintahkan untuk menahan diri dari perilaku dosa yang mungkin meniadakan pahala puasa, seperti ucapan salah (menghina, memfitnah, mengumpat, berbohong, dll) dan pertempuran. Makanan dan minuman disajikan setiap hari, sebelum fajar dan setelah sunset. imbalan Spiritual (Thawab) untuk puasa juga diyakini dikalikan dalam bulan Ramadhan. puasa bagi umat Islam selama bulan Ramadhan biasanya meliputi korban meningkat dari salat (doa) dan pembacaan Al-Quran.

5 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Dan Keistimewaan bulan ramadhan itu sendiri ialah sangat banyak, oleh karena itu banyak sekali orang-orang berlomba-lomba untuk meningkatkan kegiatan beribadah mereka. Agar mereka bisa mendapatkan pahala yang lebih oleh Allah SWT, dan hal tersebut tentunya akan dpt menjadi bekal mereka ketika sudah meninggal dunia nantinya. Dan untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui keistimewaan dari bulan ramadhan itu sendiri secara lengkap, maka mari kita melihatnya bersama-sama dibawah ini.

  1. Dibukanya pintu-pintu langit serta ditutupnya pintu-pintu neraka, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW : “Apabila telah datang bulan ramadhan, maka pintu langit akan dibuka, sedangkan pintu neraka ditutup, serta setan akan dibelenggu”. (HR. Bukhari dan Muslim)
  2. Diampuni segala dosa-dosanya selama bulan ramadhan, dimana Rasulullah SAW juga telah bersabda dalam hadist yang berbunyi : “Celakalah seseorang, ia memasuki bulan ramadhan lalu melaluinya dengan dosanya yang belum diampuni”. (HR. Tirmidzi dan Ahmad). Dan dalam hadist lain juga Rasulullah telah bersabda yang isinya adalah : “Barang siapa yg berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh iman serta harapan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yg telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Pahalanya akan dilipat gandakan, Rasulullah SAW bersabda yg bunyinya adalah : “Pahala ibadah umrah saat bulan ramadhan menyamai pahala mengerjakan ibadah haji.” (HR. Bukhari dan Muslim).
    Turunnya Lailatul Qadr, Lailatul Qadr atau yang dalam bahasa indonesia adalah malam kemuliaan merupakan salah satu malam yg terdapat pada saat 10 hari terakhir didalam bulan ramadhan. Dimana pada saat malam tersebut akan ada banyak sekali kemuliaan dan berkah, bahkan satu malam tersebut akan lebih baik dari pada seribu bulan.
  4. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari penyebab masuknya ke surga, pada masa Rasulullah SAW terdapat dua orang dari bani Qudha’ah yg telah masuk islam, lalu salah satu dari mereka itu mati syahid. Dan yg satunya lagi itu meninggal setahun kemudian, dan salah seorang sahabat yang namanya Thalhah bin Ubaidillah R.A. itu berkata : Aku telah bermimpi melihat surga, kemudian aku melihat orang yg wafat satu tahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yg mati syahid. Aku pun terheran-heran, dan pada saat itu aku pun memberi tahu Rasulullah SAW dan beliau bersabda yg berbunyi : “Bukankan setelah itu (dlm waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, sholat enam ribu rakaat atau sholat sunah beberapa rakaat” (HR. Ahmad yang disahihkan oleh Albani).
  5. Bulan yang penuh dengan rahmat, berkah, dan doanya menjadi mustajab.

Mungkin hanya itu saja untuk pembahasan mengenai 5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Dalam Islam yang sekiranya saya dapat berikan kepada anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja dr apa yang baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan manfaat yang besar kepada anda. Dan apabila anda merasa masih ingin melihat-lihat kembali beberapa penjelasan mengenai agama islam ataupun bacaan – bacaan doa yang mungkin belum anda ketahui, maka sebaiknya anda mencoba kembali untuk melihat beberapa pembahasan yang telah saya berikan.

Dimana pembahasan yang telah saya berikan pada kesempatan lain itu diantaranya adalah niat puasa ganti ramadhan, siapa tahu saja diantara anda ini ada yang masih memiliki hutang puasa ramadhan dan memiliki niatan untuk mengganti puasanya namun anda belum mengetahui bacaan niat puasa tersebut. Untuk itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu bacaan niat puasa yang pada kesempatan sebelumnya itu telah saya berikan.

Advertisement

Advertisement