Kandungan dan Keistimewaan Surat Al Fatihah Secara Lengkap

Advertisement

Keistimewaan Surat Al Fatihah Secara Lengkap | Surat Al Fatihah adalah surat pertama didalam Al Qur’an. Dan surat Al Fatihah sendiri diturunkan di Mekah serta terdiri dari tujuh ayat. Surat ini juga merupakan surat yg diturunkan secara lengkap bila dibandingkan dengan surat-surat Al Qur’an yg lainnya. Al Fatihah sendiri memiliki arti pembuka, hal tersebut dikarenakan oleh surat ini menjadi pembuka didalam Al Qur’an, dan surat ini juga menjadi induk dari semua surat Al Qur’an.

Dan surat Al Fatihah juga menjadi satu-satunya surat yg dipandang sangat penting didalam shalat, dan shalat tersebut tidak dianggap sah apabila kita tidak membaca surat Al Fatihah. Dan dalam sebuah hadits juga telah diterangkan yg bunyinya :”Shalat yg tidak disertai dengan Al Fatihah adalah shalat yg “buntung” serta “tidak sempurna”. Dalam pelaksanaannya, surat Al Fatihah ini dibaca setelah kita membaca doa iftitah dan dilanjutkan dengan mengucapkan “Aamiin”.

Surat Al Fatihah juga melengkapi unsur – unsur pokok dalam syari’at islam, kemudian dijelaskan kembali perinciannya didalam ayat-ayat Al Qur’an lainnya yg terdiri dalam 113 surat berikutnya. Dan terdapat beberapa perbedaan pendapat diantara Mazhab mengenai bacaan basmalah yg terdapat diawal surat Al Fatihah. Mazhab Syafi’i memiliki pendapat jika tidak sah shalatnya apabila tidak membaca basmalah, karena basmalah sendiri sudah termasuk dalam surat Al Fatihah.
keistimewaan surat al fatihah
Sedangkan mazhab Mailiki memiliki pendapat jika kalimat basmalah itu tidak pernah diucapkan oleh Allah SWT didalam surat Al Fatihah, sehingga kaum muslim yg menyebut basmalah dlm shalat fardhu pasti dibenci oleh Allah SWT. Dan hal tersebut dianggap makruh, tdk kena azab namun juga tidak akan mendapatkan pahala. Adapun pendapat mazhab Hanafi yg setuju dengan mazhab Mailiki jika basmalah itu tdk pernah diucapkan oleh Allah SWT setitikpun dlm surat Al Fatihah. Namun mazhab Hanafi ini mengambil titik tengah dgn cara mengucapkan basmalah dengan suara yg pelan.

Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin mencoba memberikan pembahasan mengenai keistimewaan surat Al Fatihah untuk anda-anda sekalian. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini mungkin belum ada yg mengetahui apa saja keistimewaan surat Al Fatihah tersebut. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai keistimewaan surat Al Fatihah yg pada kesempatan hari ini akan saya sajikan.

Kandungan dan Keistimewaan Surat Al Fatihah

  • Keistimewaan surat Al Fatihah yg pertama ialah akan mendapatkan pahala seperti kita membaca sepertiga Al Qur’an.
  • Orang – orang yg membaca surat Al Fatihah seakan-akan dia telah menyedekahkan emas dijalan Allah SWT.
  • Setiap satu ayat dari surat Al Fatihah tersebut menjadi penutup satu pintu neraka.
  • Membaca surat Al Fatihah 70 kali pada saat keadaan yg suci atau berwudhu lalu ditiupkan ke air lalu air tersebut diminum selama tujuh hari. Insya Allah akan dipermudahkan dalam memperoleh ilmu pengetahuan, selain itu juga dpt mengontrol pikiran dan hati dari berbagai macam hal yg merusak.
  • Keistimewaan surat Al Fatihah dibaca pada saat akan tidur kemudian diikuti dengan membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali, lalu membaca surat Al Falaq dan An Nas, maka anda akan terjauh dari gangguan setan pada saat tidur.
  • Bagi anda yg sedang memiliki sebuah hajat, seperti ingin melunasi hutang, naik jabatan, atau memohon rezeki. Maka dpt membaca surat Al
  • Fatihah ini sebanyak 41 kali setiap harinya, pada waktu antara shalat sunnah subuh hingga waktu shalat fardhu subuh. Insya Allah hajat yg anda inginkan tersebut akan dapat terkabulkan.
  • Keistimewaan surat Al Fatihah dibaca setelah sholat fardhu sebanyak 20 kali, akan diperlancar rezekinya, memiliki derajat yg baik dimata masyarakat, dan memiliki akhlak yg baik.

Kiranya cukup sekian dulu untuk penjelasan mengenai Kandungan dan Keistimewaan Surat Al Fatihah Secara Lengkap yg hari ini saya dpt sajikan kpd anda, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai keistimewaan surat Al Fatihah tersebut dpt menambah ilmu pengetahuan anda seputar agama islam. Dan bagi anda yg kiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui pembahasan lainnya yang berhubungan dengan agama islam.

Advertisement

Mungkin anda akan tertarik untuk baca juga niat shalat maghrib, barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg lupa atau mungkin juga belum mengetahui bacaan niat shalat fardhu tersebut. Maka dari alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk kembali melihat bacaan niat shalat yg sudah pernah saya sajikan pd kesempatan sebelumnya itu. Atau bagi anda yg kiranya merasa sudah mengetahui bacaan niat shalat tersebut.

Maka saya menyarankan kpd anda untuk kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan pula sebelumnya. Barang kali saja salah satu diantara beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan yg sedang dicari oleh anda. Atau mungkin saja anda akan dapat melihat update pembahasan terbaru lainnya dari saya yg akan terus coba saya perbarui untuk setiap harinya.

Advertisement