Kelebihan dan Keutamaan Surat Al Kahfi Secara Lengkap

Advertisement

Keutamaan Surat Al Kahfi Secara Lengkap | Surat Al Kahfi atau surah Al Kahf adalah surat yg ke 18 didalam Al Qur’an. Surat ini disebut pula dengan Ashabul Kahf, dan didalam surat ini terdiri dari 110 ayat. Dan surat ini termasuk kedalam surat Makkiyah. Arti dari Al Kahfi sendiri adalah penghuni – penghuni gua, dimana kedua nama tersebut diambil berdasarkan cerita yg terdapat didalam surat tersebut. Yang tepatnya terdapat pada bagian ayat ke 9 sampai dgn ayat 26.

Dimana diceritakan beberapa orang pemuda yg tidur dlm gua selama kurang lebih bertahun-tahun. Selain dari cerita tersebut, terdapat pula beberapa cerita lainnya. Dimana cerita yg didalam surat tersebut memiliki makna mengenai pelajaran – pelajaran yg sangat berguna bagi kehidupan manusia. Dan untuk anda yg mungkin sudah sering membaca bacaan surat Al Kahfi ini, namun anda belum mengetahui beberapa keutamaan surat Al Kahfi tersebut.

Maka alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu pembahasan keutamaan surat Al Kahfi yg pada kesempatan hari ini akan saya berikan. Dengan anda melihat terlebih dulu penjelasan mengenai keutamaan surat Al Kahfi yg akan saya berikan untuk hari ini, maka anda akan menjadi lebih bersemangat lagi untuk membaca surat Al Kahfi ini setiap harinya. Karena anda sudah mengetahui kelebihan surat Al Kahfi tersebut.

Untuk anda yg mungkin sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap pembahasan mengenai keutamaan surat Al Kahfi tersebut, maka alangkah baiknya apabila anda langsung saja mencoba untuk melihat secara lengkap. Penjelasan mengenai kelebihan dan keutamaan surat Al Kahfi yg dpt kita bersama-sama dibawah ini, sehingga untuk anda yg kiranya belum mengetahui apakah keutamaan surat Al Kahfi tersebut, maka anda akan mengetahuinya.

keutamaan surat Al Kahfi

Advertisement

Kelebihan dan Keutamaan Surat Al Kahfi

Ada beberapa hadits yg menjelaskan mengenai keutamaan surat Al Kahfi, yg pertama ialah seseorang yg membaca surat Al Kahfi pada saat hari jumat itu akan terhindar dari fitnah Dajjal. Dimana Dajjal sendiri merupakan sosok kejam yg akan keluar ketika akhir zaman, dimana sosok tersebut akan membuat sebuah kerusakan serta menebarkan fitnah terhadap umat muslim. Dan apabila seorang muslim sering membaca surat Al Kahfi saat hari jumat, maka mereka akan mendapatkan keutamaan surat Al Kahfi tersebut.

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pd hari jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR. Dailami)

“Barang siapa yg membaca dari surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala sampai kakinya dan barang siapa yg membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR. Ahmad)

Dan keutamaan surat Al Kahfi selanjutnya adalah akan mendapatkan sebuah pengampuan dosa diantara dua jumat. Dalam sebuah riwayat dari Abu Sa’id Al Khudri RA. Rasulullah SAW bersabda dari Ibnu Umar RA. Rasulullah SAW bersabda yg bunyinya adalah “Barang siapa yg membaca surat Al Kahfi pd hari jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kaki sampai ke langit. Akan meneranginya kelak pd hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

“Barang siapa yg membaca surah Al Kahfi pd malam jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul ‘atiq.” (HR. Al Hakim)

Keutamaan surat Al Kahfi lainnya ialah tidak akan dimasuki setan selama sepanjang malam tersebut. Sunnah membaca surah Al Kahfi pd malam jumat ataupun pd saat hari jumatnya, dan dimalam jumat tersebut diawali pada saat terbenamnya matahari pada saat hari kamis.

Demikian itu sekiranya untuk pembahasan Kelebihan dan Keutamaan Surat Al Kahfi Secara Lengkap yg pada kesempatan ini saya dapat sajikan kpd anda, semoga saja dari pembahasan mengenai keutamaan surat Al Kahfi yg baru saja saya sampaikan tadi itu bisa memberikan banyak manfaat kepada anda-anda sekalian. Dan jika anda mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa bacaan surat lainnya.

Maka tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk baca juga surat Al Qadr dan artinya, dimana beberapa waktu yg lalu saya baru saja memberikan bacaan surat tersebut. Dan siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini aada yg merasa ingin mengetahui bacaan surat Al Qur’an tersebut, oleh karena itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk kembali melihat bacaan surat Al Qur’an yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda yg sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui bacaan surat Al Qur’an tersebut, maka sebaiknya jika anda mencoba untuk kembali melihat-lihat beberapa bacaan doa lainnya yang pd kesempatan sebelumnya sudah pernah saya sajikan sebelumnya. Barang kali saja salah satu diantara beberapa bacaan doa yg sudah pernah saya sajikan tersebut ada yg pas dengan bacaan doa yg memang sedang anda cari-cari selama ini.

Advertisement