Apa Saja Keutamaan Bulan Safar Dalam Islam dan Haditsnya

Advertisement

Keutamaan Bulan Safar Dalam Islam | Bulan safar adalah bulan kedua menurut penanggalan hijriyah, dimana dalam bulan ini terdapat 29 hari. Sedangkan dalam penanggalan jawa, bulan ini juga termasuk kedalam bulan kedua namun disebut dengan nama bulan sapar menggunakan huruf P bukannya F. Dan menurut pandangan orang jawa terdahulu, bulan safar merupakan bulan yg penuh dengan cobaan atau bulan bala.

Namun cobaan atau musibah yg diturunkan oleh Allah SWT itu bukanlah karena bulan safar, melainkan karena memang kehendak sang pencipta. Sungguh sangat disayangkan sekali jika pemikiran orang-orang zaman sekarang yg telah terpengaruh akan pemikiran orang terdahulu mereka. Karena tidak ada bulan dari bulan Muharram sampai dengan bulan Dzulhijjah yg termasuk bulan bala, semua bulan merupakan bulan yg penuh dengan anugerah.

Terlebih lagi telah diterangkan dalam Al Qur’an ataupun hadits yg menjelaskan jika Allah SWT itu melarang umat-Nya utk mengkhususkan hari ataupun bulan-bulan tertentu sebagai sesuatu yg dianggap menjadi sumber kesialan termasuk menganggap bulan safar adalah bulan bala. Karena semua bulan yg diberikan oleh Allah SWT itu adalah sama, kesialan atau musibah itu sendiri terjadi karena manusia telah melakukan perbuatan maksiat atau dosa.

keutamaan bulan safar
Dan pada kesempatan ini, saya ingin memberikan sedikit pembahasan mengenai keutamaan bulan safar kepada para pembaca situs doaharian.info. Mungkin saja diantara para pembaca sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja keutamaan bulan safar itu sendiri, karena anda-anda mungkin masih menganggap jika bulan safar adalah bulan sial. Maka dari itu anda harus membaca terlebih dulu pembahasan keutamaan bulan safar yg akan saya sajikan untuk hari ini.

Dengan anda membaca keutamaan bulan safar yg akan saya sajikan untuk hari ini, maka anda tidak akan beranggapan jika bulan safar itu merupakan bulan sial. Dan bagi anda yg sekiranya mungkin merasa ingin mengetahui secara lengkap apa saja keutamaan bulan safar itu sendiri, maka mari kita melihat bersama-sama pembahasan mengenai keutamaan bulan safar yg akan saya sajikan secara lengkap untuk anda-anda sekalian dibawah ini.

Advertisement

Keutamaan Bulan Safar Dalam Islam dan Haditsnya

1. Memperkuat iman, kita yakin jika bulan safar merupakan sama halnya seperti bulan-bulan lainnya yg diberikan oleh Allah SWT. Sehingga kita dpt melakukan perbuatan amal ibadah yg bermanfaat. Tidak mempercayai jika bulan safar adalah bulan sial karena segala sesuatu hanya terjadi atas seizin Allah SWT. Sebagaimana yg telah diterangkan dalam firman Allah SWT sebagai berikut :”Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, tidk ada ada yg dpt menghilangkannya kecuali Dia. Jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, tidak ada yg dpt menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kpd siapa yg dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus ayat 107)

2. Yakin dengan ketetapan Allah SWT, sebagaimana firman Allah SWT yg bunyinya :”Katakanlah, sekali-kali tidak akan menimpa kami, melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanyalah kpd Allah orang – orang yg beriman bertawakal.” (QS. At Taubah ayat 51)

3. Menghindari dari hal yg bertentangan dgn ketauhidan, anda-anda sekalian pastinya sudah mengetahui jika pada saat hari rabu terakhir dibulan safar Allah SWT memberikan banyak musibah. Hal tersebut bukan berarti apa – apa yg akan kita kerjakan pada hari itu dan apabila kita membatalkannya bukan dikarenakan oleh musibah, melainkan karena niat ingin ibadah. Rasulullah SAW bersabda yg bunyinya :”Barang siapa keperluannya tidak dilaksanakan disebabkan berbuat thiyarah, sunggu ia telah berbuat kesyirikan. Para sahabat pun bertanya :”Bagaimana kah cara menghilangkan anggapan (thiyarah) seperti itu ? Beliau bersabda :”Hendaklah engkau mengucapkan (doa), Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali itu datang dari engkau, tidak ada kejelakan kecuali itu adalah ketetapan dari engkau, dan tidak ada yg berhak diibadahi dgn benar selain Engkau.” (HR. Ahmad dan Ath Thabrani)

4. Meningkatkan ketaqwaan serta semakin bertawakal kpd Allah SWT, dgn kita menyadari akan segala sesuatu merupakan kehendak dari Allah SWT, maka ketaqwaan kita jg akan meningkat. Kita akan semakin rajin beribadah seperti mengerjakan shalat fardhu tepat waktu atau membaca Al Qur’an setiap malam dengan tujuan hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

Dan saya rasa cukup sekian saja dulu untuk pembahasan Apa Saja Keutamaan Bulan Safar Dalam Islam dan Haditsnya, mudah-mudahan saja sedikit pembahasan mengenai keutamaan bulan safar yg baru saja saya jelaskan diatas tadi itu bisa membuka pandangan anda terhadap bulan safar tersebut. Karena keutamaan bulan safar itu sendiri sangatlah banyak apabila kita pelajari lebih dalam lagi, sehingga alangkah baiknya jika anda merubah cara berpikir anda mengenai bulan safar tersebut.

Bagi anda yg kiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yg mungkin sekarang ini masih belum anda ketahui, maka saya menyarankan kpd anda untuk mencoba melihat keistimewaan surat Al Fatihah yg beberapa waktu lalu sudah pernah saya bahas. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa saja keistimewaan surat Al Fatihah tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya.

Namun bagi anda yg sekiraya mungkin sudah mengetahui keistimewaan surat Al Fatihah, maka tidak ada salahnya pula bagi anda utk mencoba kembali melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yg pada kesempatan sebelumnya sudah pernah saya berikan pula. Mungkin saja salah satu diantara beberapa pembahasan yg sudah pernah saya berikan tersebut akan ada yg pas atau sesuai dengan pembahasan yg sedang dicari cari anda.

Advertisement