Keutamaan dan Fadilah Ayat Kursi Bagi Yang Membaca

Advertisement

Fadilah Ayat Kursi Bagi Yang Membaca | Pengertian ayat kursi ialah ayat ke 255 yang terdapat didalam surat Al Baqarah, menurut penjelasan dari riwayat Ubay bin Ka’ab yg mengatakan jika ayat tersebut merupakan ayat yg paling agung didalam Al Qur’an. Arti ayat kursi itu sendiri menjelaskan tentang ke-Esaan Tuhan serta kekuasaan Tuhan yg mutlak atas segala sesuatu serta bahwa Dia tidak kesulitan sedikitpun didalam memeliharanya.

Ayat kursi atau ayat singgahsana ini mengandung suatu hal yg begitu agung, dan terdapat sebuah hadits yang shahih dari Rasulullah yg menjelaskan jika ayat tersebut ialah ayat yg paling utama didalam kitab suci Al Qur’an. Imam Ahmad menjelaskan tentang riwayat dari Ubay bin Ka’ab, jika Nabi Muhammad SAW pernah bertanya kpdnya :”Apakah ayat yg paling agung didalam kitab Allah?” Ubay menjawab :”Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.”

Maka Rasulullah SAW kembali mengulang – ulang pertanyaan tersebut, setelah itu Ubay bin Ka’ab menjawab :”Ayat kursi”. Dan dia mengatakan :”Engkau akan dilelahkan oleh ilmu, hai Abu Mundzir. Demi Dzat yg jiwaku berada ditangan-Nya, sesungguhnya ayat kursi itu mempunyai satu lidah dan dua bibir yg senantiasa menyucikan al Malik (Allah) di sisi tiang ‘Arsy.” Dari penjelasan hadits tersebut sudah sangat jelas jika keutamaan ayat kursi itu sangatlah tinggi, karena termasuk ayat yang agung.

Dan pada kesempatan hari ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang fadilah ayat kursi itu sendiri kepada anda – anda sekalian, barang kali saja ada diantara anda – anda ini yg masih belum mengetahui apa saja fadilah ayat kursi itu sendiri. Dan bagi anda – anda yg sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap apa saja yang menjadi fadilah ayat kursi itu sendiri, maka kita bisa langsung saja menyimknya secara lengkap dibawah ini.

Keutamaan dan Fadilah Ayat Kursi Lengkap

Fadilah Ayat Kursi Setelah Sholat

Advertisement

1. Menjaga Dari Gangguan Setan

Abu Hurairah r.a. mengatakan :”Wahai Rasul, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yg Allah ber manfaat padaku jika membacanya sehingga aku pun lepas darinya.” Nabi Muhammad SAW kemudian bertanya :”Apa kalimat tersebut.?” Abu Hurairah pun menjawab :”Dia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan “Allahu la ilaaha illa huwal hayyul qayyum”. Lalu dia mengatakan padaku bahwa Allah SWT akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatiku sampai pagi hari. Dan para sahabat bersemangat dlm melakukan kebaikan.”

Setelah itu Rasulullah SAW bersabda :”Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yg bercakap denganmu hingga tiga hari itu, wahai Abu Hurairah?” Abu Hurairah menjawab :”Tidak.” Rasulullah SAW kemudian berkata :”Dia adalah setan.” (HR. Bukhari)

2. Ayat Yang Paling Agung

Ubay bin Ka’ab ditanya oleh Nabi Muhammad SAW :”Ayat mana yg paling agung dalam kitab Allah?” Ubay bin Ka’ab pun menjawab :”Ayat kursi” kemudian Rasulullah SAW menepuk dada Ubay sembari berkata :”Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dgn ilmu yg engkau miliki.” (HR. Bukhari)

3. Keagungan Ayat Kursi Melebihi Bumi dan Langit

Dijelaskan dalam sebuah hadits yg mengatakan Rasulullah SAW bersabda :”Tidaklah Allah SWT menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi.” Sufyan Ats Tsauri mengatakan :”Sebab ayat kursi merupakan salah satu kalamullah serta kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yakni bumi dan langit.” (HR. Tirmidzi)

4. Menjadi Sebabnya Masuk Ke Surga

Membaca ayat kursi juga termasuk salah satu amalan yang dapat membuat kita masuk kedalam surganya Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :”Barangsiapa yg membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak ada yg menghalainginya masuk surga kecuali kematian.” (HR. An Nasa’i)

5. Dijauhkan Dari Kejahatan

Keutamaan ayat kursi berikutnya ialah dapat terhindar ataupun menjauhkan kita dari berbagai macam gangguan kejahatan jika kita selalu membacanya pada pagi dan malam hari. Sebagai mana Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya :”Barangsiapa yg membacanya ketika petang, maka dia akan dilindungi hingga pagi. Dan barangsiapa yg membacanya di pagi hari, maka dia akan terlindungi hingga petang.” (HR. Hakim)

Demikian itu sedikit penjelasan tentang Keutamaan dan Fadilah Ayat Kursi Bagi Yang Membaca yang sekiranya saya dapat sajikan kepada anda – anda semuanya pada kesempatan sekarang ini, semoga saja dari sedikit penjelasan tentang fadilah ayat kursi atau arti ayat kursi diatas tadi itu dapat memberikan tambahan ilmu bagi anda – anda sekalian. Adapun bagi anda yg mungkin merasa masih ingin mengetahui kembali beberapa penjelasan lainnya tentang ajaran agama Islam.

Maka saya coba memberikan saran kepada anda – anda sekalian utk baca juga keutamaan surat Ar Rahman, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian yg sedang mencari penjelasan akan hal tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu, siapa tahu saja penjelasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu dapat membantu anda.

Adapun utk anda yg kiranya merasa sudah mengetahui pembahasan akan hal tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk kembali melihat – lihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya. Siapa tahu saja salah satu dari sejumlah pembahasan yg sudah pernah saya berikan tersebut ada yg sesuai dengan pembahasan yg memang sedang anda cari – cari, atau bisa juga mungkin anda mencoba utk menunggu update pembahasan terbaru lainnya yg akan terus saya perbarui setiap harinya.

Save

Advertisement