Keistimewaan dan Keutamaan Menghafal Al Quran Secara Lengkap

Advertisement

Keutamaan Menghafal Al Quran | Pengertian Al Qur’an adalah sebuah kitab suci didalam agama Islam, dimana umat Muslim percaya jika kitab suci ini diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab suci Al Qur’an juga dikenal dan dihormati sebagai salah satu karya seni sastra berbahasa Arab yg terbaik di dunia. Dan didalam Al Qur’an itu terbagi menjadi beberapa bab atau dalam bahasa arab adalah surah, dan didalam setiap surah itu memiliki beberapa sajak atau ayat.

Kitab suci Al Qur’an dipercaya umat Muslim langsung diturunkan oleh Allah SWT kpd Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril dengan cara berangsur – angsur kurang lebih selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari atau jika dihitung rata – rata yaitu selama 23 tahun yg dimulai sejak tgl 17 Ramadhan ketka Nabi Muhammad berusia 40 tahun sampai dengan kematiannya pada tahun 632. Selain itu, Al Qur’an juga termasuk salah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW.

Al Qur’an sendiri menjelaskan jika isi kandungannya merupakan sebuah petunjuk, meskipun terkadang juga berisikan cerita mengenai sebuah kisah sejarah, serta menekankan pentingnya moral. Al Qur’an juga digunakan sebagai salah satu untuk menentukan hukum syari’ah bersama dgn hadits. Dan pada saat mengerjakan sholat, kita diwajibkan utk membaca salah satu surat – surat didalam Al Qur’an pada setiap rakaatnya yg hanya dibacakan dalam Bahasa Arab.

Sedangkan utk orang – orang dapat menghafalkan Al Qur’an itu sendiri disebut dengan Hafiz. Dan bagi orang – orang yang menghafalkan juga akan bisa mendapatkan beberapa keutamaan menghafal Al Quran itu sendiri, karena setiap apa yang Allah SWT perintahkan pastinya akan ada keutamaan atau keistimewaan yg bisa didapatkan. Adapun untuk anda yg mungkin masih belum mengetahui apa saja keutamaan menghafal Al Quran itu sendiri.

Maka sebaiknya anda – anda sekalian ini melihat terlebih dulu pembahasan mengenai keistimewaan menghafal Al Quran yg pada kesempatan sekarang ini akan coba saya bahas, dengan anda mengetahui beberapa keistimewaan menghafal Al Quran itu sendiri. Hal tersebut mungkin dapat meningkatkan keinginan anda untuk dapat menghafal Al Qur’an. Dan bagi anda yg sudah ingin mengetahui secara lengkap apa saja keutamaan menghafal Al Quran itu sendiri, silahkan saja bagi anda melihat selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

Keistimewaan dan Keutamaan Menghafal Al Quran

Keutamaan Menghafal Al Quran
1. Mendapat Penghormatan dari Rasulullah SAW

Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah r.a. yg mengatakan :”Rasulullah SAW mengutus satu utusan yg terdiri dari beberapa orang, kemudian Rasulullah SAW mengecek kemampuan membaca serta hafalan Al Qur’an mereka. Setiap laki – laki dari mereka ditanyakan sejauh mana hafalan Al Qur’annya, lalu seseorang yg paling muda ditanya Rasulullah SAW :”Berapa byk Al Qur’an yg telah engkau hafal, hai Fulan?” Dia pun menjawab :”Aku telah menghafal surat ini dan surat ini, serta surat Al Baqarah.” Rasulullah SAW kembali bertanya :”Apakah engkau hafal surat Al Baqarah?” Dia menjawab :”Betul.”

Setelah itu Rasulullah SAW bersabda :”Pergilah, dan engkau menjadi ketua rombongan itu!” Salah seorang dari kalangan mereka yg terhomat berkata :”Demi Allah, aku tidak mempelajari dan menghafal surat Al Baqarah semata – mata karena takut tidak dapat menjalankan isinya. Mendengar komentar tersebut, Rasulullah SAW bersabda :”Pelajarilah Al Qur’an dan bacalah, karena perumpamaan orang mempelajari Al Qur’an dan membacanya adalah seperti tempat bekal perjalnaan yg diisi dgn minyak misik, wanginya menyebar kemana – mana. Sementara orang yg mempelajarinya kemudian dia tidur dan dlm dirinya terdapat hafalan Al Qur’an adl seperti tempat bekal perjalanan yg disambungkan dgn minyak misik.” (HR. Tirmidzi)

2. Memakai Mahkota Kehormatan

Sebuah riwayat dari Abu Hurairah r.a. mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda :”Penghafal Al Qur’an akan datang pd hari kiamat, kemudian Al Qur’an akan berkata :”Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, lalu orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan)”, Al Qur’an kembali meminta :”Wahai Tuhanku, tambahkanlah, maka orang itu dipakaikan jubah karamah.” Lalu Al Qur’an memohon kembali :”Wahai Tuhanku, Ridhailah dia, maka Allah SWT meridhoinya.” Dan diperintahkan kpd orang itu: bacalah dan teruslah naiki (derajat – derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yg dibacanya itu tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR. Tirmidzi)

3. Mendapat Tingkat yang Tinggi di Surga Allah SWT

Dari Aisyah r.a. mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda :”Jumlah tingkatan – tingkatan surga sama dgn jumlah ayat – ayat Al Qur’an, maka tingkatan surga yg dimasuki oleh penghafal Al Qur’an adl tingkatan yg paling atas. Dimana tidak ada tingkatan lagi sesudahnya itu.”

4. Menjadi Keluarga Allah SWT

Sebuah riwayat dari Anas r.a. yang mengatakan jika rasulullah SAW bersabda :”Sesungguhnya Allah SWT itu mempunyai keluarga yg terdiri dari manusia.” Kemudian Anas berkata :”Siapakah mereka itu wahari Rasul?” Rasulullah SAW menjawab :”Dia itu ahli Al Qur’an (orang – orang yg membaca atau menghafalkan Al Qur’an serta mengamalkan isinya). Mereka adl keluarga Allah dan rang – orang yg istimewa bagi Allah SWT.”

5. Disayangi Rasulullah SAW

Jabir bin Abdullah r.a. mengatakan jika Nabi Muhammad menyatukan dua orang dari orang – orang yg gugur dlm perang uhud dlm satu liang lahad. Setelah itu Rasulullah SAW bertanya :”Dari mereka berdua siapakah yg paling banyak menghafal Al Qur’an?” Apabila ada orang yg dapat menunjukan kepada salah satunya, maka Nabi Muhammad SAW memasukan mayat itu terlebih dulu ke liang lahad.”

6. Terbebas Hatinya dari Siksaan Allah SWT

Abdullah bin Mas’ud r.a. mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda :”Bacalah Al Qur’an karena Allah SWT tidak akan menyiksa hati orang yg hafal Al Qur’an. Sesungguhnya Al Qur’an ini adl hidangan Allah. Siapa yg memasukannya dia akan aman, dan barang siapa yg mencintai Al Qur’an, maka hendaklah dia bergembira.”

Demikian itu sedikit penjelasan mengenai Keistimewaan dan Keutamaan Menghafal Al Quran Secara Lengkap dari saya pada kesempatan hari ini, mudah – mudahan saja dari sedikit penjelasan mengenai keutamaan menghafal Al Quran yg baru saja saya berikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak sekali manfaat utk anda. Adapun untuk anda – anda yg mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya lagi.

Maka saya coba menyarankan kepada anda – anda sekalian ini utk kembali baca juga keistimewaan Al Qur’an yg beberapa waktu lalu telah saya berikan, barang kali saja diantara anda – anda sekalian ini ada yg merasa ingin mengetahui pembahasan akan hal keutamaan Al Qur’an dibanding kitab lainnya. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu.

Adapun untuk anda yg mungkin merasa kurang tertarik dengan pembahasan tersebut, maka anda – anda sekalian ini masih bisa kembali melihat beberapa pembahasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan sebelumnya. Siapa tahu saja salah satu diantara beberapa pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan pembahasan yg memang sedang anda – anda sekalian cari – cari.

Advertisement