Manfaat dan Keutamaan Puasa Asyura Dalam Islam

Advertisement

Keutamaan Puasa Asyura | Pengertian puasa asyura adalah salah satu dari puasa sunnah yang dikerjakan pada hari ke 10 dibulan Muharram didalam kalender Hijriyah. Sedangkan pengertian kata Asyura sendiri ialah Kesepuluh. Hari asyura dikenal pula sebagai hari berkabungnya Husain bin Ali yg merupakan cucu Nabi Muhammad SAW yang meninggal pada saat pertempuran Karbala ditahun 61 Hijriyah. Dimana hal tersebut dipercayai oleh kalangan Syi’ah dan sebagian kalangan Sufi.

Namun untuk kalangan Sunni lebih menyakini jika pada hari tersebut Nabi Muhammad SAW berpuasa utk mengekspersikan kegembiraannya kepada Allah SWT atas terbebasnya kaum Bani Israil dari Fira’un. Selain itu, hari Asyura juga diperingati karena beberapa hal yang diantaranya adalah Hari diciptakannya Nabi adam serta hari taubatnya pula, hari berlabuhnya perahu Nabi Nuh di bukit Judi, Diangkatnya Nabi Idris ke Surga, hari dimana Nabi Ibrahim selamat dari api Namrudz, dll.

Dan puasa asyura 2017 Insya Allah akan jatuh pada tanggal 1 Oktober, sedangkan puasa asyura 2018 akan jatuh pada tahun 21 september. Sehingga bagi anda yang sekiranya ingin mengerjakan puasa sunnah tersebut, maka anda sudah mengetahui kapan waktu mengerjakan puasa asyura tersebut. Barang kali saja ada diantara anda yang sekiranya ingin mengerjakan puasa asyura namun belum mengetahui kapan waktu puasa asyura itu sendiri.

Sehingga banyak keutamaan puasa asyura yang bisa didapatkan ketika kita mengerjakan salah satu puasa sunnah tersebut. Adapun untuk anda yang mungkin belum mengetahui beberapa keutamaan atau manfaat puasa asyura, maka sebaiknya jika anda melihat terlebih dulu beberapa penjelasan mengenai manfaat puasa asyura yang akan coba saya bahas untuk anda – anda sekalian semuanya pada kesempatan hari ini.

Sehingga bagi anda yang belum mengetahui beberapa keutamaan puasa asyura akan mengetahuinya, dan barang kali saja setelah anda mengetahui beberapa manfaat puasa asyura itu sendiri, maka anda akan mengerjakan puasa sunnah tersebut. Adapun untuk anda yang mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap apa saja manfaat puasa asyura itu sendiri, maka kita bisa langsung saja melihat penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

Manfaat dan Keutamaan Puasa Asyura

manfaat dan keutamaan puasa asyura

1. Sebaik – baiknya puasa setelah bulan Ramadhan

Sebagaimana telah diterangkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya :”Puasa yg paling utama setelah puasa Ramadhan adl puasa pada bulan Muharram. Sementara sholat yg paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam.” (HR. Muslim)

Dimana hadits diatas menerangkan keutamaan bulan Muharram secara umum, dimana didalamnya terdapat penjelasan mengenai keutamaan puasa asyura.

2. Dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu

Abu Qotadah Al Anshony mengatakan :”Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau pun menjawab :”Keutamaan puasa arafah akan menghapus dosa satu tahun yg lalu dan satu tahun yg akan datang.” Beliau jg ditanya mengenai manfaat puasa asyura? Beliau pun menjawab :”Manfaat puasa asyura akan menghapus dosa satu tahun yg lalu.” (HR. Muslim)

Adapun yang dimaksud dengan pengampunan dosa disini merupakan dosa kecil sebagaimana yg telah Rasulullah terangkan mengenai pengampuann dosa didalam wudhu. Namun tidak menutup kemungkinan juga dosa besar akan turut diampuni, apabila amalan ibadah tersebut dapat meninggikan derajat seseorang.

3. Keinginan Nabi Muhammad SAW untuk berpuasa dihari kesembilan (tasu’ah)

Ibnu Abbas r.a. mengatakan ketika Rasulullah SAW melakukan puasa hari asyura serta memerintahkan kaum muslim utk melakukannya, pada saat itu ada yg berkata :”Wahai Rasulullah, hari ini adl hari yg diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani.” Kemudian Beliau mengatakan :”Apabila tiba tahun depan, Insya Allah kita akan berpuasa pula pd hari kesembilan.” Ibnu Abbas mengatakan :” Belum sampai tahun depan, Nabi Muhammad SAW sudah meninggal dunia.” (HR. Muslim)

Dan saya rasa sudah cukup sekian dulu mengenai penjelasan tentang Manfaat dan Keutamaan Puasa Asyura Dalam Islam, semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai khasiat puasa asyura yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat utk anda – anda semuanya. Adapun untuk anda yang mungkin merasa ingin kembali melihat beberapa penjelasan lainnya lagi yg sekiranya belum anda ketahui.

Maka saya coba menyarankan kepada anda – anda sekalian utk kembali melihat juga keutamaan puasa daud, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg masih belum mengetahui apa saja manfaat atau keutmaan puasa daud itu sendiri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda – anda sekalian ini mencoba untuk kembali melihat penjelasan yg beberapa waktu lalu itu baru saja saya sajikan utk anda.

Adapun untuk anda yg mungkin merasa sudah mengetahui akan penjelasan tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk kembali mencoba melihat – lihat beberapa penjelasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan sebelumnya. Mungkin saja salah satu dari beberapa penjelasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan penjelasan yang memang sedang di cari – cari oleh anda sekalian semuanya.

Save

Advertisement