Pengertian dan Keutamaan Sabar Dalam Islam Secara Lengkap

Advertisement

Pengertian dan Keutamaan Sabar Dalam Islam | Pengertian sabar adalah sebuah sikap dalam menahan emosi serta keinginan, serta dapat bertahan didalam situasi yg sulit tanpa merasa mengeluh. Pengertian sabar lainnya ialah kemampuan utk mengendalikan diri yg juga dipandang menjadi sikap yg mempunyai nilai tinggi serta mencerminkan kekokohan jiwa yg dimiliki orang. Semakin tinggi tingkat kesabarannya, maka orang tersebut tidak akan mudah putus asa dalam menghadapi berbagai macam permasalahan.

Karena didalam kehidupan ini sudah pasti kita akan menghadapi sebuah permasalahan, baik itu kecil atau besar. Selain itu, dengan sikap sabar juga kita akan dpt menyelesaikan semua permasalahan dengan baik dan benar, karena ketika kita memecahkan permasalahan dengan sikap emosi atau marah-marah. Hal tersebut justru akan menjadikan kita membuat sebuah keputusan yg mungkin dapat anda sesali nantinya, karena mengambil keputusan pada saat kondisi sedang marah itu pikiran yg kita miliki sedang tidak tenang.

Disitulah kita harus mencoba untuk belajar bersabar dalam menghadapi sebuah masalah yg sedang kita alami, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kondisi anda nantinya. Didalam islam sendiri, sudah diterangkan didalam sebuah Al Qur’an yg bunyinya :”Bersabarlah kalian, karena sesungguhnya Allah SWT itu bersama orang-orang yg sabar.” Dari penjelasan tersebut menunjukan jika kita itu disarankan untuk bersabar, karena orang – orang yg bersabar itu disukai dan selalu dekat dengan Allah SWT.
keutamaan sabar dalam islam
Dan pada kesempatan hari ini, saya ingin mencoba untuk memberikan pembahasan mengenai keutamaan sabar dalam islam. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui mengenai keutamaan sabar tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba melihat terlebih dulu penjelasan mengenai keutamaan sabar yg pada kesempatan hari ini akan saya sajikan kepada anda – anda sekalian.

Barang kali saja setelah anda melihat pembahasan mengenai keutamaan sabar yg akan saya sajikan hari ini, maka nantinya anda dapat menjadi seseorang yg lebih bersabar lagi. Bagi anda yg mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap mengenai pembahasan keutamaan sabar yg akan saya bahas hari ini, maka mari kita melihat keutamaan sabar tersebut secara lengkap bersama-sama dengan saya dibawah ini.

Keutamaan Sabar Dalam Islam Secara Lengkap

Akan mendapatkan pahala yg berlipat-lipat dari Allah SWT, hal tersebut telah diterangkan didalam Al Qur’an dalam surat Az Zumar Ayat 10 yg bunyinya :”Sesungguhnya hanya orang – orang yg bersabarlah yg dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar : 10)

Advertisement

Orang yg bersabar itu lebih dicintai Allah SWT, hal tersebut juga sudah diterangkan didalam Al Qur’an surat Ali Imran ayat 146 yg bunyinya adalah sebagai berikut :”Dan Allah SWT menyukai orang-orang yg bersabar.” (QS. Ali Imran : 146)

Selain itu, keutamaan sabar lainnya ialah orang yg bersabar itu senantiasa dekat dengan Allah SWT, dimana hal tersebut telah diterangkan didalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 153 yg bunyinya adalah :”Hai orang-orang yg beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Karena sesungguhnya Allah SWT beserta orang-orang yg sabar.” (QS. Al Baqarah : 153)

Dan orang-orang yg bersabar itu akan terbebas dari siksa api neraka kelak.

Demikian itu untuk pembahsan mengenai Pengertian dan Keutamaan Sabar Dalam Islam yg kiranya saya dapat berikan kpd anda-anda sekalian, semoga saja setelah anda melihat keutamaan sabar yg baru saja saya jelaskan diatas tadi itu anda bisa menjadi orang-orang yg lebih bersabar lagi. Selain itu, orang-orang yg bersabar juga tidak akan mendapatkan rugi. Dan bagi anda yg mungkin serkarang ini masih ingin mengetahui kembali beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan agama islam.

Maka anda dapat mencoba kembali melihat pokok pembahasan mengenai ramalan jodoh menurut islam yg beberapa waktu lalu baru saja saya sajikan pula untuk anda-anda sekalian. Barang kali saja diantara anda-anda sekalian ini ada yg ingin mengetahui mengenai pokok pembahasan tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda utk mencoba kembali melihat pokok pembahasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu.

Advertisement