Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid

Advertisement

Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh | Sholat subuh atau disebut juga dengan sholat fajar ialah salah satu dari shalat fardhu dari sholat lima waktu yg dikerjakan pada waktu fajar sampai dgn menjelang terbitnya matahari. Sholat subuh sendiri biasanya dikerjakan dengan mengerjakan sholat sunnah subuh terlebih dulu sebanyak dua rakaat atau yg disebut pula dengan sholat sunnah qabliyah subuh. Untuk jumlah rakaat sholat subuh sendiri ialah dua rakat, dan dikarena jumlah rakaatnya yg sedikit. Maka dianjurkan kepada kita utk membaca suratan yg panjang saat mengerjakan sholat fardhu ini.

Dan menurut pendapat dari imam syafii, pada saat rakaat yg kedua disertai dgn membaca doa qunut selepas kita bangkit dari rukuk. Meskipun adapula beberapa pendapat yg menyatakan tidak perlu membaca doa tersebut setelah kita bangkit dari rukuk. Hal tersebut dpt kita kerjakan sesuai dengan keyakinan kita, karena Rasulullah SAW juga pernah mengerjakan hal tersebut ketika Beliau sedang berperang. Namun selepas itu, Rasulullah SAW tidak lagi mengerjakan sholat subuh dengan membaca doa qunut pada rakaat yg kedua. Jadi anda dpt menentukan sendiri bagaimana tata cara sholat subuh yg akan anda lakukan.

Didalam adzan subuh juga terdapat sedikit perbedaan bila dibandingkan dengan adzan – adzan yg diserukan pada saat sholat lima waktu lainnya. Dimana didalam adzan subuh itu terdapat penambahan kalimat “Ash-shalaatu khairum minan-nauum” yang artinya adalah “Sholat itu lebih baik dari pada tidur” sebanyak dua kali. Hal tersebut menandakan jika kita diwajibkan untuk mengerjakan sholat subuh, terlepas dari sholat subuh memang merupakan sholat wajib lima waktu yang harus kita kerjakan setiap hari. Hal itu menunjukan jika keutamaan sholat subuh itu memanglah besar bagi mereka yg mengerjakannya. Terlebih lagi bagi mereka yg mengerjakan sholat subuh berjamaah di masjid, kita akan banyak mendapatkan manfaat sholat subuh itu sendiri.
keutamaan sholat subuh berjamaah
Adapun untuk anda yg ingin mengetahui apa saja keutamaan dan manfaat sholat subuh itu sendiri, maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg tepat sekali. Karena sekarang ini saya ingin mencoba utk membahas keutamaan sholat subuh berjamaah kepada anda-anda sekalian. Barang kali saja setelah anda mengetahui apa saja manfaat sholat subuh di masjid, maka anda akan mengerjakan sholat subuh secara berjamaah di masjid. Untuk lebih lengkapnya, mari kita melihat bersama-sama penjelasan mengenai pembahasan yg akan saya berikan untuk hari ini dibawah ini.

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

1. Mendapat berkah dari Allah SWT, dalam sebuah hadist dijelaskan :”Ya Allah, berkahilah umatku pd waktu pagrinya”. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi) Hadist tersebut merupakan sebuah doa yg dipanjatkan oleh Rasulullah SAW untuk umatnya pada waktu pagi hari. Sehingga bagi anda yg mengerjakan sholat subuh dan mengerjakannya secara berjamaah di masjid, tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk mendapat sebuah berkah dari Allah SWT karena doa yg dipanjatkan oleh Rasulullah SAW tersebut.

2. Mendapat cahaya yg sempurna di hari kiamat, disebutkan dalam sebuah hadist yg berbunyi :”Dari Buraidah Al Aslami R.A dari Nabi Muhammad SAW bersabda :”Sampaikanlah kabar gembira kpd orang – orang yg berjalan pd saat gelap menuju masjid, dgn cahaya yg sempurna pd hari kiamat”. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Advertisement

3. Mendapat ganjaran sholat malam sepenuh waktu, Rasulullah SAW bersabda :”Barang siapa yg mengerjakan sholat Isya berjamaah, maka ia sama seperti manusia yg melakukan sholat setengah malam. Dan barang siapa yg mengerjakan sholat subuh berjamaah, maka ia sama seperti manusia yg mengerjakan sholat malam sepanjang waktu malam itu”. (HR. Muslim dari Utsman bin Affan R.A.)

4. Berada di dalam jaminan Allah SWT, “Barang siapa yg mengerjakan sholat subuh, maka ia berada dlm jaminan Allah SWT. Maka jangan sampai Allah SWT menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya, karena barang siapa yg ia tuntut pd jaminan-Nya, pasti ia akan mendapatkannya. Kemudian ia akan ditelungkupkan pd wajahnya di dalam neraka.” (HR. Muslim dari Jundubibn Al Bajali R.A.)

5. Bebas dari sifat orang munafik, “Tidak ada sholat yg lebih berat (dikerjakan) bagi orang munafik dari pada sholat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu kutamaan didalamnya, niscaya mreka akan melakukannya kendati dgn merangkak. Sesungguhnya ak telah hendak memerintahkan kpd petugas adzan untuk iqamat (sholat) kemudian ak mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yg belum tidak keluar mengerjakan sholat (di masjid).” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah)

6. Disaksikan oleh para Malaikat pada saat sholat, didalam sebuah hadist yg diriwayatkan Abu Hurairah R.A., Rasulullah SAW bersabda :”Malaikat bergantian melihat kalian pd siang dan malam, para malaikat itu bertemu di sholat subuh dan sholat ashar. Kemudian yg bermalam dgn kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan ia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, bagaimana kondisi hamba-hambanya ketika tinggalkan?’ Para malaikat menjawab :”Kami meninggalkan mereka dlm keadaan sholat, dan kami mendatangi mereka dlm keadaan sholat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7. Berkesempatan mendapat pahala orang haji ataupun umrah jika berzikir sampai terbitnya matahari, Rasulullah SAW pernah bersabda yg bunyinya ialah :”Baran siapa yg sholat subuh berjamaah lalu dia duduk berzikir kpd Allah sampai terbit matahari, lantas mengerjakan sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji atau umrah yg sempurna, sempurna, sempurna.”(HR. Tirmidzi)

8. Terhindar dari siksa api neraka, diterangkan dalam sebuah hadist berikut :”Dari Umarah R.A. berkata :”Ak mendengar Rasulullah SAW bersabda :”Tidak akan masuk neraka seorang yg sholat sebelum terbitnya matahari (subuh) dan terbanamnya matahari (ashar).”(HR. Muslim)

Demikian itu sekiranya untuk penjelasan mengenai Manfaat dan Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid dari saya untuk hari ini, mudah-mudahan saja sedikit penjelasan mengenai keutamaan sholat subuh yg baru saja saya bahas diatas tadi itu bisa menambah pengetahuan anda. Dan bagi anda yg sudah mengetahui apa saja manfaat dari sholat subuh itu sendiri juga alangkah baiknya mulai mengerjakan sholat subuh secara rutin dan dikerjakan di masjid secara berjamaah, agar anda bisa mendapatkan segala keutamaan dari sholat subuh itu sendiri.

Dan bagi anda yg sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan lainnya yang mungkin belum anda ketahui, maka silahkan saja bagi anda utk mencoba melihat lagi beberapa pembahasan lain dari saya yg sudah diberikan pd kesempatan sebelumnya. Karena pada kesempatan sebelumnya itu saya sudah banyak sekali memberikan sebuah pembahasan mengenai bacaan doa, tata cara sholat, ataupun penjelasan lainnya yang berhubungan dengan agama islam. Dan barang kali saja dari sekian banyak penjelasan yg sudah pernah saya berikan itu, salah satunya ada yg sesuai dgn yg dicari anda.

Advertisement