Manfaat dan Keutamaan Surat Ar Rahman Secara Lengkap

Advertisement

Keutamaan Surat Ar Rahman | Kembali lagi hari ini saya ingin memberikan sebuah manfaat dan keutamaan surat Al Qur’an, dimana untuk salah satu surat Al Qur’an yang akan coba saya bahas manfaat atau keutamaannya adalah surat Ar Rahman. Surah Ar Rahman ialah surat yang ke 55 didalam Al Qur’an, surat ini termasuk kedalam jenis surat Makkiyah. Hal tersebut dikarenakan surat Ar Rahman ini diturunkan di kota Mekkah.

Surah Ar Rahman ini sendiri terdiri dari 78 ayat dan nama Ar Rahman itu sendiri memiliki makna Yang Maha Pemurah yg berasal dari kata Ar Rahman yg terdapat dalam ayat pertama didalam surat ini. Kata Ar Rahman juga termasuk kedalam salah satu Nama Nama Allah atau Asmaul Husna. Keutamaan surat Ar Rahman ini sendiri menjelaskan tentang kemurahan Allah SWT kpd hamba-hamba-Nya, yaitu dgn memberikan berbagai macam nikmat yg tak terhingga baiknya di dunia ataupun di akhirat.

Ciri khas surat Ar Rahman ini sendiri terdapat kalimat “Fa-biayyi alaa’i Rabbi kuma tukadzdzi ban ” yang artinya Maka nikmat Tuhanmu yg manakah yg kamu dustakan? yang diulang sampai 31 kali, dimana kalimat tersebut terletak pada setiap akhir ayat didalam surat tersebut yg menjelaskan tentang karunia Allah SWT yg diberikan utk umat manusia. Sehingga sungguh sangat besar nikmat yang sebenarnya telah diberikan Allah SWT kepada umatnya.

Selain itu, masih terdapat pula beberapa keutamaan surat Ar Rahman lainnya, dan bagi anda yang mungkin sekarang ini masih belum mengetahui apa saja keutamaan atau manfaat surat Ar Rahman itu sendiri. Maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg sangat tepat, karena pada kesempatan hari ini saya ingin coba menjelaskan tentang keutamaan dan manfaat surat Ar Rahman kepada anda – anda sekalian.

Dengan anda mengetahui beberapa manfaat surat Ar Rahman itu sendiri, maka tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk lebih sering lagi membacakan salah satu surat Al Qur’an tersebut ketika anda sedang memiliki waktu luang atau selepas sholat. Dan bagi anda yang sekiranya sudah ingin mengetahui secara lengkap beberapa khasiat surat Ar Rahman itu sendiri, maka kita bisa langsung saja melihat selengkapnya dibawah ini.

Advertisement

Manfaat dan Keutamaan Surat Ar Rahman

keutamaan surat Ar Rahman
1. Mengingatkan kita jika Allah SWT memiliki sifat Ar Rahman

Isi kandungan surat Ar Rahman itu sendiri ialah menjelaskan tentang segala pemberian nikmat Allah SWT yang begitu banyak, dan hal tersebut pula menjadikan diri kita selalu ingat kepada Allah SWT karena Allah SWT tidak pernah tidak memberikan nikmatnya kepada hamba – hamba-Nya baik itu kenikmatan di dunia ataupun di akhirat nanti.

Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW :”Barangsiapa yg membaca surat Ar Rahman, Allah SWT akan menyayangi kelemahannya serta meridhoi nikmat yg dikaruniakan kepadanya.” (Tafsir Nur Ats Tasqalayn)

2. Ketika membaca surat Ar Rahman lalu menginggal, maka matinya akan syahid

Sebagaimana diterangkan dalam sebuah riwayat dari Imam Ja’far Ash Shadiq yg mengatakan :”Barangsiapa yg membaca surat Ar Rahman, dan pada saat membaca “FABIAYYI ALAA ‘IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN” kemudian dia mengucapkan :”Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu” tidak ada satu pun nikmat-Mu, wahai Tuhanku yg aku dustakan, jika pada saat membacanya pada malam hari lalu dia meninggal, maka matinya sama seperti matinya orang syahid, dan jika membacanya di siang hari, maka matinya sama seperti matinya orang syahid.” (Taswabul A’mal, halaman 117)

3. Mengingatkan kita supaya tidak mengkufuri nikmat

Seperti yg telah dijelaskan dalam isi kandunga surat Ar Rahman tentang banyak nikmat Allah SWT yg telah diberikan, dan hal tersebut diantaranya telah dijelaskan didalam ayat ketiga yg artinya :”Telah menciptakan manusia” dan apabila kita membacanya dgn sepenuh hati, maka kita tidak akan mengkufuri nikmat karena hidup yg telah diberikan Allah SWT. Manusia merupakan ciptaan Allah yg segala dlm hidup hanya diberikan oleh-Nya.

4. Mengingatkan jika ada makhluk selain manusia yg beribadah kpd Allah SWT

Jabir mengatakan :”Nabi Muhammad SAW keluar untuk menemui para sahabatnya, kemudian Beliau membacakan kpd mereka surat Ar Rahman dari awal sampai akhir surat, dan para sahabat pun terdiam. Lalu Beliau berkata :”Aku telah membacakannya kpd Jin pd malam berkumpulnya mereka, dan mereka meresponnya dgn jawaban yg lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada kalimat Fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban (maka nikmat Tuhamnu yg manakah yg kamu dustakan?) mereka berkata kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi Mu segala Puji.” (HR. Tirmidzi)

5. Mendapatkan syafaat pada hari kiamat

Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasululla SAW yg artinya :”Jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah mlm bersamanya, surat ini tidak mententramkan hati orang – orang munafik. Kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya (Ar Rahman) pd hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yg paling indah dan baunya paling harum. Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yg berdiri dihadapan Allah SWt yg paling dekat dengan-Nya selainnya. Allah SWT berfirman :”Siapakah orang di dunia yg sering bangun mlm dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjadi putih. Dan dia berkata kepada mereka :Berilah syafaat bagi orang – orang yg mencintai kalian. Kemudian dia memberikan syafaat sampai yg terakhir dan tidak ada seorang pun yg tertinggal dari orang – orang yg berhak menerima syafaat mereka. Lalu dia berkata kepada mereka :Masuklah kalian ke surga, dan tinggallah didalamnya sebagaimana yg kalian inginkan.”

Demikian itu sendikit penjelasan mengenai Keutamaan Surat Ar Rahman Secara Lengkap yg sekiranya saya dapat berikan kepada anda – anda sekalian, semoga saja dari sedikit penjelasan tentang keutamaan surat Ar Rahman diatas tadi itu dapat memberikan banyak – banyak pengetahuan bagi anda – anda sekalian semuanya. Dan apabila diantara anda – anda sekalian ini sekiranya merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa penjelasan lainnya yang sudah pernah saya sajikan sebelumnya.

Maka saya coba memberikan saran kepada anda untuk kembali baca juga khasiat surat Al waqiah yg baru saja saya berikan beberapa waktu lalu, barang kali saja ada diantara anda – anda sekalian ini yg masih belum mengetahui penjelasan tentang manfaat surat Al Waqiah tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu.

Atau untuk anda – anda sekalian yg sekiranya mungkin merasa sudah mengetahui akan penjelasan hal tersebut, maka alngkah baiknya apabila anda – anda sekalian ini mencoba untuk kembali melihat – lihat beberapa penjelasan lainnya lagi yg sudah pernah saya berikan sebelumnya. Siapa tahu saja salah satu dari beberapa penjelasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu akan ada yg sesuai dengan penjelasan yg sedang anda cari – cari.

Save

Advertisement