Manfaat dan Khasiat Surat Al Waqiah Secara Lengkap

Advertisement

Khasiat Surat Al Waqiah | Hari ini saya akan mencoba memberikan sebuah penjelasan mengenai keutamaan surat Al Qur’an, dimana untuk surat dalam Al Qur’an yang ingin coba saya bahas keutamaan atau khasiatnya adalah surat Al Waqiah. Surah Al Waqiah ialah surat ke 56 yang terdapat didalam kitab suci Al Qur’an, dimana surah ini terdiri dari 96 ayat, dan surat ini termasuk kedalam jenis surah Makkiyah.

Pemberian nama surat ini diambil dari kata Al Waaqi’ah yang terdapat pd ayat pertama surat tersebut, dan secara bahasa kata Al Waaqi’ah memiliki makna atau arti Hari Kiamat. Hal tersebut memang dikarenakan didalam bacaan surat Al Waqiah ini banyak mengandung makna tentang hari kiamat. Oleh karena itu, surat ke 56 didalam Al Qur’an ini diberi nama dengan sebutan surat Al Waqiah (Hari Kiamat).

Bagi anda – anda sekalian yang mungkin sekarang ini sedang mencari tahu apa saja keutamaan atau khasiat surat Al Waqiah, maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yg tepat. Karena sekarang ini saya ingin memberikan penjelasan mengenai beberapa keutamaan atau manfaat surah Al Waqiah kepada anda – anda sekalian. Dimana setiap apa yg diturunkan Allah SWT didalam Al Qur’an itu pastinya memiliki sebuah keutamaan atau khasiat.

Seperti beberapa surat – surat Al Qur’an lainnya, surat Al Waqiah ini juga memiliki beberapa khasiat atau manfaat. Adapun untuk anda – anda yg mungkin sudah ingin mengetahui beberapa manfaat surat Al Waqiah itu sendiri, maka kita bisa langsung saja melihat bersama – sama penjelasan mengenai manfaat surah Al Waqiah tersebut secara lengkap berikut ini.

Manfaat dan Khasiat Surat Al Waqiah

Khasiat Surat Al Waqiah
1. Terhindar dari sikap lalai, untuk khasiat surat Al Waqiah yang pertama adalah menghindarkan dari sikap lalai kepada setiap umat muslim yg rutin membaca surat ini, hal tersebut telah diterangkan dalam sebuah riwayat dari Ubay bin Ka’ab yg mengatakan jika Rasulullah SAW bersabda yg artinya :”Barangsiapa yg membaca surat Al Waqiah, maka dia akan dicatat tidak tergolong pd orang – orang yg lalai”.

Advertisement

2. Dijauhkan dari kekafiran, sedangkan utk keutamaan surat Al Waqiah berikutnya ialah menjauhkan dari kekafiran, sebagaimana diterangkan dalam sebuah sabda Rasulullah SAW :”Barangsiapa yg membaca surat Al Waqiah, dia tidak akan tertimpa kekafiran selamanya.”

3. Dicintai Allah SWT, khasiat surat Al Waqiah selanjutnya ialah akan mendapatkan kasih sayang dan cinta Allah SWT, sebagai diterangkan dalam sebuah riwayat dari Imam Ja’far Ash Shodiq yg mengatakan :”Barangsiapa yg membaca surat Al Waqiah pd malam jumat, dia akan dicintai oleh Allah SWT dan manusia. Dia tidak akan melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan serta penyakit dunia. Surat ini adl bagian dari sahabat Amirul Mukminin yg bagi Beliau memiliki keistimewaan yg tidak tertandingi oleh yg lain.”

4. Dapat melihat sifat penghuni surga, sebagaimana yg dijelaskan oleh Imam Ja’far Ash Shidiq yg mengatakan :”Barangsiapa yg merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al Waqiah. Dan barangsiapa yg ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As Sajadah.”

5. Wajah terlihat bersinar, untuk keutamaan surat Al Waqiah berikutnya ialah dapat menjadikan wajah seseorang yang dengan rutin membacanya akan bersinar wajahnya seperti sinar cahaya bulan purnama. Hal tersebut diterangkan oleh Imam Muhammad Al Baqir berikut ini :”Barangsiapa yg membaca surat Al Waqiah sebelum tidur, maka dia akan berjumpa dgn Allah SWT dalam keadaan wajah seperti bulan purnama.”

6. Dimudahkan rezeki dan hajatnya, sedangkan untuk manfaat surah Al Waqiah selanjutnya ialah akan dipermudah rezeki dan terkabul segala hajatnya, hal tersebut diterangkan dalam riwayat dari Imam Jafar berikut :”Barangsiapa yg membaca surah Al Waqiah diwaktu pagi ketika keluar rumah utk bekerja atau utnuk mencari kebutuhan, maka Allah SWT akan mempermudah rezekinya serta mendatangkan hajatnya. Dan barangsiapa yg membaca surah Al Waqiah diwaktu pagi dan sore hari, maka dia tidak akan kelaparan dan kehausan. Dan tidak akan takut terhadap orang yg akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang tersebut.”

Mungkin cukup sekian saja dulu untuk penjelasan mengenai Manfaat dan Khasiat Surat Al Waqiah Secara Lengkap yang sekiranya saya dapat sajikan, semoga saja dari sedikit penjelasan tentang khasiat surah Al Waqiah yg saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi anda. Adapun untuk anda – anda yg sekiranya mungkin masih ingin mengetahui kembali beberapa penjelasan tentang khasiat surat Al Qur’an lainnya.

Maka saya menyarankan kepada anda – anda sekalian utk mencoba kembali baca juga khasiat surat Al Falaq, dimana beberapa waktu yg lalu saya baru saja membahas tentang keutamaan surat Al Falaq. Dan barang kali saja ada diantara anda – anda ini yg merasa ingin mengetahui beberapa manfaat surat Al Falaq itu sendiri, maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda – anda sekalian ini mencoba utk kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan sebelumnya itu.

Sedangkan bagi anda yg mungkin merasa sudah mengetahui akan pembahasan atau penjelasan tersebut, maka anda – anda sekalian ini masih bisa melihat – lihat kembali beberapa pembahasan lainnya yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya. Siapa tahu saja dari beberapa pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan pembahasan yg memang selama ini sedang anda – anda sekalian cari.

Save

Advertisement