Macam Macam Penyakit Hati Dalam Islam dan Obatnya Lengkap

Advertisement

Macam Macam Penyakit Hati Dalam Islam | Penyakit hati adalah sebuah penyakit yg dimiliki seseorang yg berhubungan dengan hati atau sifat seseorang. Dan penyakit hati ini disini bukan merupakan penyakit secara medis yg berupa penyakit pada bagian hati manusia. Namun penyakit hati disini adalah penyakit dari sifat seseorang yg berhubungan dengan hati, seperti contohnya adalah iri, sombong, dan yg lainnya.

Penyakit hati dalam islam sendiri termasuk salah satu hal yg sangat disarankan untuk dihilangkan atau tidak dimiliki manusia. Karena penyakit tersebut bisa membuat seseorang menjadi orang yg mungkin tidak taat kepada Allah SWT. Maka dari itu, terkadang seseorang bertanya-tanya apa saja macam macam penyakit hati dalam islam itu sendiri. Kemudian apakah obat penyakit hati dalam islam itu sendiri, karena setiap orang pasti akan memiliki yg namanya penyakit hati.

Namun tinggal seberapa besar penyakit hati tersebut yg muncul didalam diri manusia tersebut, karena tidak memungkiri jika manusia itu pasti akan tetap dapat melakukan kesalahan. Untuk obat penyakit hati dalam islam yg dimiliki oleh orang yg mungkin tingkat peyakit hatinya masih rendah bisa melakukan sholat dengan lebih rajin dan lebih banyak-banyak berdzikir kepada Allah SWT kemudian menyadari akan kesalahannya tersebut.

Namun bagi seseorang yg mungkin penyakit hatinya sudah cukup parah, maka orang tersebut harus lebih banyak melakukan hal obat penyakit hati dalam islam tersebut. Karena untuk obat penyakit hati dalam islam itu sendiri sangat lah banyak sekali. Dan apabila anda dapat melakukan obat penyakit hati dalam islam tersebut dengan sungguh-sungguh, maka tidak menutup kemungkinana bagi anda untuk sembuh dari penyakit hati tersebut.

macam macam penyakit hati dalam islam

Advertisement

Bagi anda yg sekiranya hari ini belum mengetahui apa saja macam macam penyakit hati dalam islam, maka alangkah baiknya apabila anda mencoba melihat pembahasan mengenai macam macam penyakit hati dalam islam yg pd kesempatan hari ini akan saya sajikan. Dengan anda melihat terlebih dulu pembahasan mengenai macam macam penyakit hati dalam islam yg akan kami sajikan untuk hari ini, maka anda akan mengetahui secara lengkap apa saja macam macam penyakit hati dalam islam itu sendiri.

Untuk pembahasan macam macam penyakit hati dalam islam yg akan kami sajikan ini, bukan hanya akan menyajikan macam macam penyakit hati dalam islam nya saja. Namun saya juga akan menyajikan lengkap dengan adanya obat penyakit hati dalam islam itu sendiri. Dan bagi anda yg kiranya mungkin sudah penasaran dengan macam macam penyakit hati dan obatnya yang akan saya sajikan, silahkan anda langsung saja melihat selengkapnya dibawah ini.

Macam Macam Penyakit Hati Dalam Islam dan Obatnya

Sombong

Penyakit hati dalam islam yg pertama adalah sombong, sombong adalah salah satu penyakit hati yg sangat dibenci Allah SWT. Hal tersebut sudah diterangkan didalam Al Qur’an yg terdapat dalam surat berikut ini.

“Masuklah km ke pintu – pintu neraka jahanam, sedang km kekal didalamnya. Maka itulah seburu – buruknya tempat bagi orang – orang yg sombong”. (Al Mu’minun  ayat 76)

“Janganlah km berjalan dimuka bumi ini dgn sombong, karena sesungguhnya km sekali – kali tidak dpt menembus bumi dan sekali – kali km tidak akan sampai setinggi gunung”. (Al israa ayat 37)

Iri dan Dengki (Hasud)

Penyakit hati berikutnya adalah iri dan dengki, seseorang yg memiliki penyakit hati ini biasanya tidak akan senang apabila melihat orang lain itu senang. Dan orang tersebut biasanya akan kesenangan apabila melihat seseorang yg sedang dalam kesusahan. Orang-orang yg memiliki penyakit hati seperti ini biasanya akan mencelakakan orang lain dgn perbuatan, lisan, atau tulisannya.

“Waspadalah terhadap iri dan dengki (Hasud), sesungguhnya iri dan dengki mengkikis pahala sebagaimana api memakan kayu”. (HR. Abu Dawud)

“Dan janganlah km iri hati terhadap apa yg dikaruniakan Allah SWT kpd sebagian km lebih banyak dari sebagian yg lainnya. Karena bagi orang laki-laki ada bahagia dari pd ap yg mereka usahakan, dan bagi wanita pun ada bahagia dari apa yg mereka usahakan. Dan mohonlah kpd Allah SWT sebagai karunia-Nya. Sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui segalanya.” (An Nisaa ayat 32)

Riya

Penyakit hati dalam islam selanjutnya adalah Riya, perbuatan riya sendiri tidak jauh berbeda dengan penyakit hati yg pertama telah saya bahas. Dimana orang yg memiliki perasaan riya ini senang memamerkan kegiatan beribadahnya, agar orang lain itu melihat diri orang tersebut sebagai orang yg baik serta rain beribadah. Ciri-ciri orang riya sendiri adalah akan lebih giat atau rajin beribadah pada saat dihadapan orang, dan apabila akan melakukan ibadah seperti zakat atau atau kepada orang-orang yg tidak mampu biasanya selalu membicarakannya kepada orang lain.

“Sesungguhnya riya adl syirik yg kecil.” (HR. Ahmad dan Al Hakim)

“Riya membuat amal menjadi sia – sia sebagaimana syirik.” (HR. Ar Rabii)

“Maka kecelakaanlah bagi org – org yg shalat, yaitu orang – orang yg lalai dari shalatnya, yg berbuat karena riya.” (Al Maa’uun ayat 4-6)

Kikir atau Bakhil

Kikir atau bakhil sendiri sama halnya dengan pelit, dimana orang – orang yg memiliki penyakit hati dalam islam yg satu ini biasanya akan merasa sungkan atau enggan untuk mengeluarkan hartanya untuk berbuat amal seperti sedekah ataupun zakat. Dan telah diterangkan pula dalam sebuah Al Qur’an yg bunyinya adalah :”Sebenarnya kebakhilan itu adl buruk bagi mereka. Harta yg mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak dilehernya pada saat hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan yg ada dilangit dan bumi. Dan Allah SWT mengetahui apa yg km kerjakan.” (Ali Imran ayat 180)

Kagum dengan diri sendiri (Ujub)

Penyakit hati dalam islam yg satu ini juga tidak berbeda jauh dengan penyakit hati sombong, dimana orang yg memiliki penyakit hati ini biasanya akan lebih merasa kagum atau bangga kepada dirinya sendiri. Padalah semua kenikmatan, kepandaian, keberhasilan, dan lainnya itu merupakan berasal dari Allah SWT. Dan apabila anda mendapatkan sebuah kenikmatan, kepandaian, keberhasilan, ataupun yg lainnya itu, maka janganlah sekali-kali kamu itu membangga-banggakan diri anda sendiri atau ujub. Dan alangkah baiknya apabila anda mengucapkan “Alhamdulillah” karena segala puji tersebut hanya utk Allah SWT.

Penyakit hati didalam diri seseorang itu masih tetap dapat diobati, dan bagi anda yg kiranya belum mengetahui obat penyakit hati dalam islam itu sendiri. Maka anda dapat melihat beberapa macam obat penyakit hati dalam islam itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Merasakan keagungan dari Allah SWT
  • Memperbanyak membaca serta menyimak Al Qur’an
  • Mempelajari serta mencari ilmu agama islam yg benar
  • Memperbanyak berdzikir
  • Memperbanyak amalan soleh
  • Lebih rajin dalam beribadah
  • Banyak-banyak mengingat jika kita kelak akan mati atau meninggal
  • Selalu mengingat akan adanya hari akhir
  • Selalu berdoa atau memohon kepada Allah SWT supaya kita selalu dijaga keimanannya

Kiranya cukup sekian saja dulu untuk pembahasan mengenai Macam Macam Penyakit Hati Dalam Islam dan Obatnya Lengkap dari yg utk hari ini, mudah-mudahan saja sedikit pembahasan mengenai penyakit hati dalam islam yg baru saja saya berikan tadi diatas itu dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan kepada anda seputar agama islam. Dan bagi anda yg kiranya merasa masih ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan mengenai agama islam lainnya yg mungkin sekarang ini belum anda ketahui.

Maka silahkan bagi anda untuk mencoba baca juga hukum musik dalam islam. Siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apakah hukum musik dalam islam itu sendiri, maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk melihat kembali pembahasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu. Mungkin saja pembahasan dari saya tersebut dapat membantu anda-anda sekalian.

Dan bagi anda yg kiranya merasa sudah mengetahui pembahasan hal tersebut, maka silahkan saja bagi anda untuk kembali mencoba melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya yang sudah pernah saya berikan sebelumnya. Karena saya sudah banyak sekali memberikan pembahasan lainnya yang dapat anda lihat kembali. Dan barang kali saja salah satu diantara pembahasan dari saya sebelumnya tersebut ada yg pas dengan apa yg dicari oleh anda.

Advertisement