Pengertian Macam Macam Sholat Sunnah dan Niatnya

Advertisement

Macam Macam Sholat Sunnah | Sholat sunnah adalah ibadah sholat yang dianjurkan utk dikerjakan akan tetapi tidak diwajibkan, sehingga tidak akan berdosa apabila ditinggalkan dgn kata lain apabila dikerjakan dgn baik dan benar, serta penuh dgn ke ikhlasan, maka akan mendapatkan hikmah serta rahmat dari Allah SWT yg begitu banyak. Dimana hukum sholat sunnah itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sholat sunnah muakad dan sholat sunnah ghairu muakad.

Sholat sunnah muakad sendiri adalah sholat sunnah yg dianjurkan dgn penekanan yg kuat atau hampir mendekati wajib, seperti misalnya ialah sholat hari raya, sholat sunnah witir, dan juga sholat sunnah thawaf. Sedangkan untuk sholat sunnah ghairu muakad adalah sholat sunnah yg dianjurkan tanpa adanya penekanan yg kuat, seperti misalnya adalah sholat sunnah rawatib serta sholat yg bersifat insidentil berdasarkan waktu dan keadaan.

Waktu sholat sunnah itu sendiri ada yg dikerjakan pada waktu tertentu dan ada pula yang dpt dikerjakan pada waktu kapan saja, seperti misalnya waktu sholat sunnah yang dapat dikerjakan kapan saja ialah sholat sunnah mutlaq. Dan untuk waktu sholat sunnah yang dpt dikerjakan kapan saja itu harus memperhatikan beberapa waktu terlarang untuk sholat sunnah, dimana waktu – waktu yang dilarang untuk sholat itu sendiri diantaranya adalah.

Pada saat matahari terbit sampai dia naik setinggi lembing, pada saat matahari tepat dipuncaknya sampai dia mulai condong, setelah waktu sholat ashar hingga matahari terbenam, setelah selesai sholat subuh, dan waktu terlarang untuk mengerjakan sholat sunnah yang terakhir ialah pada saat matahari terbenam sampai sempurna terbenamnya. Sehingga untuk anda – anda yg kiranya ingin mengerjakan sholat sunnah yang tidak memiliki waktu tertentu, anda harus memperhatikan waktu mengerjakan sholat sunnahnya.

Dan untuk sekarang ini, saya ingin coba memberikan sedikit penjelasan mengenai macam macam sholat sunnah kepada anda – anda sekalian, barang kali saja masih ada diantara anda – anda sekalian ini yg masih belum mengetahui apa saja macam macam shalat sunnah yang ada. Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat terlebih dulu penjelasan mengenai macam macam sholat sunnah yang akan saya sajikan kepada anda hari ini.

Advertisement

macam macam sholat sunnah
Macam Macam Sholat Sunnah dan Niatnya

1. Sholat Rawatib

Pengertian sholat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum ataupun sesudah sholat fardhu atau sholat lima waktu. Untuk sholat sunnah sebelum sholat lima waktu lebih dikenal dengan sebutan sholat sunnah qabliyah, sedangkan untuk sholat sunnah sesudah sholat limat waktu lebih dikenal dengan sebutan sholat sunnah ba’diyah. Sholat sunnah rawatib itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu sholat sunnah muakad dan sholat sunnah ghairu muakad.

Dimana seperti yang sudah dijelaskan saya diatas, jika pengertian sholat sunnah rawatib muakad adalah sholat sunnah yg lebih ditekanan atau memiliki banyak manfaat atau kemuliaan jika dikerjakan. Sedangkan untuk sholat sunnah rawatib ghairu muakad adalah sholat sunnah yang kemuliaannya itu jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan sholat sunnah muakad. Adapun untuk bacaan niat sholat rawatib itu sendiri dapat anda baca di tata cara dan niat sholat rawatib.

2. Sholat Tahiyatul Wudhu

Pengertian sholat tahiyatul wudhu adalah sholat sunnah yang dikerjakan setelah mengerjakan wudhu, dimana untuk jumlah rakaat sholat tahiyatul wudhu itu sendiri dikerjakan dengan jumlah dua rakaat. Dengan bacaan niat sholat tahiyatul wudhu itu sendiri kurang lebih sama dengan beberapa bacaan niat sholat sunnah lainnya yg dapat diucapkan cukup hanya dalam hati saja.

3. Sholat Istikharah

Pengertian sholat istikharah adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan guna memohon petunjuk dari Allah SWT karena mereka – mereka ini sedang berada pada pilihan yang membuat dirinya merasa ragu. Misalkan kita sedang merasa ragu dalam hal memiliki jodoh, pekerjaan, atau tempat untuk bersekolah, dan pada saat kita sedang merasakan hal tersebut, maka kita bisa mengerjakan sholat sunnah istikhoroh.

Adapun untuk waktu sholat istikharah yang dianjurkan adalah pada waktu sepertiga malam sama seperti waktu mengerjakan sholat sunnah tahajud, akan tetapi shalat sunnah istikharah ini dapat kita kerjakan pada waktu kapan saja. Adapun untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui secara lengkap penjelasan mengenai bacaan niat sholat istikharah beserta tata caranya dan juga doa shalat istikharah, maka anda dapat membacanya secara lengkap di tata cara dan doa shalat istikharah.

4. Sholat Mutlaq

Pengertian sholat sunnah mutlaq adalah sholat sunnah yang dpt kita kerjakan sekwatu – waktu tanpa harus ada sebab untuk mengerjakannya terkecuali pada saat waktu – waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat sunnah. Jumlah rakaat sholat mutlak itu sendiri tidak terbatas dan dapat dikerjakan dgn dua kali salam. Bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap penjelasan mengenai sholat sunnah mutlak, maka anda bisa melihatnya di tata cara dan niat sholat mutlak.

5. Sholat Dhuha

Pengertian sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakan setiap umat muslim pada saat waktu dhuha, waktu dhuha itu sendiri adalah pada saat matahari baru mulai naik kurang lebih sekitar pukul tujuh pagi sampai waktu sholat dzuhur. Adapun untuk jumlah sholat dhuha berapa rakaat, jumlah rakaat sholat dhuha itu dpt dikerjakan dengan jumlah minimal yaitu 2 rakaat dengan jumlah maksimalnya adalah 12 rakaat dgn cara pengerjaannya dua rakaat sekali salam.

Adapun untuk manfaat sholat dhuha itu sendiri ada banyak sekali, diantaranya adalah Allah SWT akan membuatkan istana disurga bagi yang mengerjakannya, mengampuni dosa – dosa orang yang mengerjakan sholat dhuha secara lenggeng, dan masih ada banyak lagi beberapa manfaat sholat dhuha itu sendiri. Dan bagi anda yang ingin mengetahui secara lengkap penjelasan mengenai sholat dhuha, maka silahkan anda melihat penjelasan selengkapnya di tata cara dan doa sholat dhuha.

6. Sholat Tahiyatul Masjid

Pengertian sholat tahiyatul masjid adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat pada saat setiap muslim baru saja memasuki masjid, dimana dijelaskan dalam sebuah sabda Rasulullah SAW yg artinya :”Apabila seseorang diantara km masuk masjid, maka janganlah hendak duduk sebelum sholat dua rakaat terlebih dulu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Adapun untuk bacaan niat sholat tahiyatul masjid dapat anda lihat di niat sholat tahiyatul masjid.

7. Sholat Tahajud

Pengertian sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari atau lebih tepatnya ialah dikerjakan pada waktu sepertiga malam, sehingga sholat sunnah ini juga dikenal dengan sebutan sholat sunnah malam. Adapun untuk mengerjakan sholat sunnah tahajud ini kita diwajibkan untuk terjaga atau terbangun dari tidur terlebih dulu, walaupun kita hanya tidur dalam waktu yang sebentar.

Sedangkan untuk jumlah rakaat sholat tahajud itu sendiri dpt dikerjakan dengan jumlah minimal adalah dua rakaat, sedangkan untuk jumlah maksimalnya itu tidak terbatas. Dan sholat sunnah tahajjud ini sendiri merupakan salah satu sholat sunnah malam yang sangat dianjurkan, karena ada banyak keistimewaan sholat tahajud yang bisa didapatkan bagi mereka – mereka yang mengerjakan sholat sunnah tersebut. Baca juga doa sholat tahajud

8. Sholat Hajat

Pengertian sholat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang dpt dikerjakan setiap umat muslim ketika mereka sedang memiliki sebuah hajat atau keinginan yang hendak dikabulkan oleh Allah SWT. Jumlah rakaat sholat hajat itu sendiri adalah 2 sampai 12 rakaat yg dikerjakan dgn salam setiap dua rakaat. Sedangkan utk waktu sholat hajat itu sendiri dpt dikerjakan pada waktu kapan saja, terkecuali pada waktu waktu yang diharamkan untuk sholat.

Adapun untuk bacaan surat yang dianjurkan pada saat mengerjakan sholat sunnah hajat adalah membaca ayat kursi dan surat Al Ikhlas, dengan niat bacaan sholat hajat itu adalah sebagai berikut :”Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala” yang artinya :”Aku berniat salat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala.” Baca juga Doa sholat Hajat Khusus Rejeki

9. Sholat Tasbih

Pengertian sholat tasbih adalah sholat sunnah yang dikerjakan dgn membaca kalimat tasbih didalam pengerjaan sholatnya, dimana kalimat tasbih itu sendiri adalah “Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar”. Dimana kalimat tasbih tersebut dibacakan kurang lebih sebanyak 300 kali yang dikerjakan pada empat rakaat, sehingga setiap rakaatnya kita membaca kurang lebih 75 kali kalimat tasbih. Baca juga tata cara dan doa sholat tasbih.

10. Sholat Taubat

Pengertian sholat taubat adalah sholat sunnah yang dikerjakan ketika seorang muslim ingin bertobat dari kesalahan yang telah diperbuatnya. Waktu sholat sunnah taubat itu sendiri dpt dikerjakan pada waktu kapan saja, terkecuali pd waktu – waktu yang dilarang untuk sholat. Baca juga tata cara dan doa sholat taubat.

Sebuah hadits dari Ali bin Abi Thalib R.A. yg berkata :”Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:”Tidaklah seseorang melakukan dosa kemudian dia bersuci (berwudhu) dan sholat lalu minta ampun kepada Allah SWT, melainkan Allah akan mengampuni dosanya itu, dia lalu membacakan firman Allah QS. Ali Imran ayat 135.” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud serta dihasankan oleh Al Albani)

Dari kesepuluh macam macam sholat sunnah yang baru saja saya jelaskan diatas tadi itu merupakan macam macam sholat sunnah yang dapat kita kerjakan secara munfarid atau sendiri, sedangkan beberapa macam sholat sunnah yang dapat dikerjakan secara berjamaah diantaranya adalah sholat tarawih, sholat ied, sholat gerhana, dan yang terakhir adalah sholat istisqa’. Dengan ini selesai sudah untuk penjelasan mengenai Pengertian Macam Macam Sholat Sunnah dan Niatnya.

Semoga saja dari sedikit penjelasan mengenai macam – macam sholat sunnah yang baru saja saya sajikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat untuk anda – anda sekalian semuanya, dan bagi anda yang kiranya mungkin merasa masih ingin kembali mengetahui beberapa macam penjelasan lainnya yang sekiranya sekarang ini masih belum anda ketahui, maka anda masih bisa melihat – lihat lagi beberapa penjelasan lainnya tersebut.

Siapa tahu saja dari beberapa penjelasan yg sudah pernah saya sajikan sebelumnya itu akan ada yang sesuai dengan penjelasan yg memang sedang dicari – cari oleh anda selama ini, atau mungkin jg anda dapat mencoba untuk menunggu udpate penjelasan terbaru lainnya yang akan coba terus saya sajikan untuk setiap harinya. Sehingga tidak ada salahnya apabila lain waktu itu anda mencoba untuk kembali mengunjungi situs doaharian.info ini.

Save

Advertisement