Manfaat dan Keutamaan shalat Dhuha Bagi Diri Sendiri

Advertisement

Keutamaan shalat Dhuha Bagi Diri Sendiri | Shalat dhuha adalah salah satu dari sekian banyak shalat sunnah yg dpt dikerjakan oleh para umat muslim, shalat sunnah ini sendiri dikerjakan di waktu dhuha. Atau tepatnya ialah pada saat matahari sudah mulai naik sekitar pukul tujuh pagi, hingga saatnya waktu shalat dzuhur. Untuk jumlah shalat dhuha sendiri dpt dikerjakan dgn jumlah minimalnya adalah dua rakaat, atau dpt pula dikerjakan dengan jumlah maksimal mencapai 12 rakaat yg dilakukan dengan cara sekali salam pada setiap dua rakaat.

Adapun untuk tata cara shalat dhuha sendiri sama dengan saat kita mengerjakan shalat pada umumnya, dimana kita harus membaca niat shalat dhuha terlebih dulu. Kemudian membaca surat Al Fatihah yg dilanjutkan dengan membaca suratan pendek sampai dengan salam pada rakaat yg kedua. Untuk suratan yg sebaiknya dibacakan pada saat shalat dhuha diantaranya adalah surat Al Waqi’ah, surat Asy Syams, surat Ad Duha, surat Al Kafirun, surat Quraisy, dan yg terakhir adalah surat Al Ikhlas. Namun untuk suratan yg sangat disarankan ialah surat Asy Syams dan juga surat Ad Duha, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Ikhlas atau surat Al Kafirun pada rakaat yg kedua.

Dan manfaat shalat dhuha itu sendiri secara umum ada banyak sekali, dan bagi anda yg kiranya mungkin belum mengetahui manfaat atau keutamaan shalat dhuha itu sendiri. Maka sekarang ini anda sedang berada pd tempat yg tepat sekali, karena untuk hari ini saya ingin mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai keutamaan shalat dhuha itu sendiri kepada anda-anda sekalian. Sehingga bagi anda yg mungkin belum mengetahui keutamaan shalat dhuha itu sendiri, maka anda akan mengetahui keutamaan shalat dhuha tersebut.
manfaat dan keutamaan shalat dhuha
Dengan anda mengetahui keutamaan shalat dhuha itu sendiri, Insya Allah hal tersebut akan membuat anda menjadi lebih bersemangat lagi untuk mengerjakan shalat sunnah tersebut. Dan bagi anda yg kiranya belum pernah mengerjakan shalat sunnah tersebut, mungkin anda juga akan mengerjakan shalat sunnah dhuha tersebut secara rutin setiap paginya. Dan bagi anda yg kiranya mungkin sudah ingin mengetahui secara lengkap apa saja manfaat dan keutamaan shalat dhuha secara lengkap, maka mari kita melihat bersama-sama pembahasan mengenai keutamaan shalat dhuha tersebut secara lengkap dibawah ini.

Manfaat dan Keutamaan shalat Dhuha

  • Manfaat shalat dhuha yang pertama ini telah diterangkan dalam sebuah hadits berikut ini “Barangsiapa shalat dhuha 12 rakaat, Allah SWT akan membuatkan untuknya istana disurga”. (HR. At Tirmidzi dan Abu Majah)
  • “Siapa pun yg melaksanakan shalat dhuha dgn langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah SWT, sekalipun dosa itu sebanyak buih dilautan”. (HR. At Tirmidzi)
  • Manfaat shalat dhuha selanjutnya diterangkan dalam sebuah hadits dari Ummu Hani yg mengatakan :”Rasulullah SAW Shalat dhuha 8 rakaat dan bersalam setiap 2 rakaat.” (HR. Abu Daud)
  • Hadits dari Zaid bin Arqam yg mengatakan:”Rasulullah SAW keluar ke penduduk Quba dan mereka sedang shalat dhuha.” Beliau bersabda :”Shalat awwabin (dhuha) berakhir hingga panas menyengat (tengah hari).” (HR. Ahmad Muslim dan Tirmidzi)
  • Manfaat shalat dhuha berikutnya diterangkan dalam sebuah hadits Qudsi Rasulullah SAW bersabda, Allah SWT berfirman :”Wahai anak Adam, jgn sekali – kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dgn shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pd sore harinya.” (HR. Hakim dan Thabrani)
  • Sebuah hadits dari Abi Zar, Rasulullah SAW bersabda :”Setiap pagi ada kewajiban utk bersedekah utk tiap – tiap persendian atau ruas, tiap – tiap tasbih adalah sedekah, tiap – tiap tahlil adalah sedekah, tiap – tiap takbir adalah sedekah, dan menganjurkan kebaikan serta mencegah
  • kemungkaran itu sedekah. Cukuplah menggantikan semua itu dgn dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim)

Dan saya rasa hanya itu saja untuk pembahasan tentang Manfaat dan Keutamaan shalat Dhuha Bagi Diri Sendiri, semoga saja sedikit penjelasan mengenai keutamaan shalat dhuha yg baru saja saya sajikan tadi diatas tersebut dpt memberikan banyak sekali manfaat kepada anda-anda sekalian. Dan bagi anda yg mungkin merasa ingin kembali mengetahui beberapa pembahasan lainnya yang mungkin sekarang ini masih anda belum ketahui.

Mungkin anda akan tertarik untuk baca juga hukum selingkuh dalam islam, siapa tahu saja diantara anda-anda sekalian ini masih ada yg belum mengetahui apa itu hukum selingkuh dalam islam. Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mencoba untuk kembali melihat pembahasan yg sudah pernah saya berikan pada kesempatan sebelumnya itu. Siapa tahu saja pembahasan yg sebelumnya sudah pernah saya berikan sebelumnya itu dpt membantu anda-anda sekalian.

Advertisement

Namun untuk anda yg kiranya merasa sudah mengetahui pembahasan tersebut, maka anda bisa kembali mencoba utk melihat-lihat beberapa pembahasan lainnya lagi dari saya. Karena saya sudah banyak sekali memberikan pembahasan mengenai agama islam yg dapat anda lihat, dan barang kali saja salah satu diantaranya tersebut akan ada yg sesuai dengan pembahasan yg memang sedang dicari-cari oleh anda selama ini.

Advertisement